Cara Menggunakan TeamViewer untuk Remote PC / HP Android

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengendalikan laptop atau hp dari jarak jauh. Salah satunya adalah menggunakan TeamViewer. TeamViewer adalah aplikasi yang digunakan untuk me-remote (mengendalikan) hp atau laptop dari jarak jauh. Alat yang digunakan untuk mengendalikan juga berupa hp atau laptop. Syaratnya baik pengendali atau yang dikendalikan harus terhubung ke jaringan internet.

Cara kerja aplikasi TeamViewer sangat sederhana. Ketika dua piranti baik itu laptop dengan laptop atau laptop dengan hp atau hp dengan hp sama-sama terinstal TeamViewer, maka kamu cukup memasukkan ID dan password yang disediakan oleh TeamViewer ke laptop atau hp pengendali.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan lebih terinci langkah-langkah menggunakan aplikasi TeamViewer untuk mengendalikan PC dengan PC, PC dengan hp atau hp dengan PC. Kita mulai dari remote PC ke PC.

Remote PC ke PC

Untuk mengendalikan PC dengan PC lainya melalui jarak jauh, kita bisa menggunakan TeamViewer. Cara lengkapnya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, kedua PC yang akan dihubungkan baik yang berperan sebagai pengendali atau yang dikendalikan harus sama-sama memiliki aplikasi TeamViewer. Untuk itu, kita harus instal aplikasi TeamViewer pada kedua PC. Aplikasi bisa kamu temukan dengan klik disini
  2. Begitu selesai kamu download, langsung saja instal TeamViewer pada dua PC yang akan digunakan. Hanya beberapa detik proses instalasi beres. Hanga lupa, pilih Personal / Non-commercial use sebelum klik Accept – finish.
  3. Anggap saja, kali ini saya menggunakan Laptop 1 dan Laptop 2. Saya akan me-remote laptop 1 menggunakan laptop 2.
  4. Begitu proses instal selesai, kamu akan melihat panduan berbentuk gambar seperti dibawah ini, silakan klik Close saja.
  5. Baru setelah itu, kamu akan melihat aplikasi TeamViewer terbuka. Kamu akan langsung melihat tampilan ID dan Password seperti gambar di bawah ini. ID dan Password inilah yang sangat penting untuk me-remote salah satu PC.
  6. Untuk me-remote laptop 1, silakan kamu buka TeamViewer pada laptop 2. Kemudian pada kolom partner ID, masukkan ID laptop 1. Setelah itu langsung saja klik Connect.
  7. Selanjutnya masukkan password laptop 1. Jika sudah, klik Log On.
  8. Maka kamu langsung bisa me-remote laptop 1 menggunakan laptop 2.

Ingat, kecepatan remote Laptop 2 ke Laptop 1 sangat tergantung dengan kecepatan internet kamu. Selain TeamViewer bisa kamu gunakan untuk remote PC, kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk transfer file. Jadi kamu bisa kirim file dari Laptop 1 ke Laptop 2 atau sebaliknya.

Nah jika kamu ingin me-remote laptop 2 menggunakan laptop 1 caranya sama. kamu tinggal memasukkan ID dan password laptop 2 pada aplikasi TeamViewer laptop 1.

Remote PC melalui HP android

Selain me-remote PC menggunakan PC, kamu juga bisa mengendalikan PC kamu menggunakan Hp android kamu. Caranya juga gampang, cukup:

  1. Pasang aplikasi TeamViewer for Remote Control yang tersedia di Play Store, bisa kamu temukan dengan klik disini
  2. Setelah itu langsung saja download dan instal aplikasi TeamViewer for Remote Control di android kamu.
  3. Begitu telah selesai kamu instal, lanjutkan dengan buka aplikasi TeamViewer for Remote Control.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan ID Laptop 1 ke kolom Partner ID di Hp android yang kamu gunakan. kemudian klik Remote Control. Ingat, pastikan bahwa TeamViewer di PC tetap dalam keadaan terbuka.
  5. Tunggu proses verifikasi, jika ID yang kamu masukkan tepat, maka kamu akan diminta untuk memasukkan Password TeamViewer Laptop 1. Setelah itu klik OK.
  6. Jika password yang kamu masukkan tepat, maka kamu akan langsung melihat sedikit panduan menggunakan aplikasi TeamViewer di Hp android kamu. Panduan ini berisi bagaimana cara me-remote PC menggunakan Hp pakai aplikasi TeamViewer. Jika kamu sudah paham, klik Continue.
  7. Maka kamu akan melihat tampilan PC kamu di Hp android kamu. kini kamu bisa mengendalikan PC memakai Hp android. Lihat gambar tampilan bagaimana saya mengendalikan PC saya menggunakan TeamViewer dari Hp xiaomi di bawah ini.

Remote HP android dari PC

Selain me-remote Pcmenggunakan Hp android, kamu juga bisa me-remote Hp android menggunakan PC. Hanya saja, untuk melakukan itu, kamu membutuhkan tambahan aplikasi TeamViewer QuickSupport. Berikut cara lengkapnya:

  1. Silakan kamu buka play store di Hp Android kamu. setelah itu langsung saja cari aplikasi bernama TeamViewer QuickSupport, kamu juga bisa temukan aplikasi dengan klik Disini
  2. Langsung saja download dan instal aplikasi TeamViewer QuickSupport di Hp android.
  3. Buka aplikasi TeamViewer QuickSupport, maka kamu akan mendapatkan your ID di aplikasi ini.
  4. Silakan kamu buka aplikasi TeamViewer di laptop 1. Lalu masukkan ID TeamViewer QuickSupport Hp android. Setelah itu langsung klik Conect.
  5. dengan begitu, kamu langsung bisa me-remote Hp android kamu melalui PC kamu.

Selain bisa kamu gunakan untuk me-remote Hp android, TeamViewer juga bisa kamu gunakan untuk bertukar file. Bahkan kamu bisa mengirimkan chat dari PC ke Hp android.

Nah, lancar atau tidaknya remote yang kamu lakukan sangat tergantung dengan koneksi internet kamu. jika koneksinya lancar, maka remote yang kamu lakukan juga akan sangat lancar. Jadi pastikan koneksi kamu stabil.

Sampai disini yang bisa saya jelaskan tentang bagaimana menggunakan TeamViewer untuk meremot PC dengan PC, PC dengan Hp atau sebaliknya. Kamu bisa memanfaatkanya untuk banyak hal.

Tinggalkan komentar