Cara Menggunakan Link2SD Untuk Memindahkan Aplikasi Ke SDCard Terbaru

2 min read

Cara Menggunakan Link2sd Untuk Memindahkan Aplikasi Ke SDCard – Bagi mereka yang memiliki perangkat Android dengan kapasitas memori minim, jelas membutuhkan memori ekternal. Hal ini tidak bisa terelakkan. Selain bisa lebih melegakan memori internal, memori eksternal nyatanya memiliki kemampuan meningkatkan kinerja Android.

Pengalaman buruk mendapati smartphone yang lelet tentu membuatmu merasa tak nyaman menggunakan smartphone. Kapasitas memori yang minim menuntut pengguna agar lebih sabar. Karena tak jarang smartphone tiba-tiba nge-hang. Selain itu, saat ini banyak aplikasi versi terbaru menuntut memori smartphone harus berkapasitas besar.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SDcard Menggunakan Link2sd

Cara Menggunakan Link2sd Terbaru
Ketika kamu ingin meng-instalnya di Android kesayanganmu, maka kamu harus menyiapkan memori yang lebih lega. Semakin lega memori yang tersedia, maka akan semakin optimal pula kinerjanya. Sehingga, ketika kamu menjalankan aplikasi tersebut, kamu tidak akan menemui banyak kendala.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy S6 dan Spesifikasi Lengkap

Beberapa pengguna smartphone yang pasti merasakan hal tersebut, yaitu pengguna smartphone lawas. Misalnya, Xperia X8, Galaxy Young, Galaxy Mini, dan lain-lain. Kesemua smartphone tersebut memang sudah uzur, namun bukan berarti hilang di pasaran.

Kegunaan Link2sd

Cara Menggunakan Link2sd Terbaru

Meski memiliki kapastias memori yang minim, masih ditemui banyak sekali penggunanya. Apabila ternyata kamu merupakan pengguna dari salah satu jenis smartphone yang disebutkan tadi, maka kamu jelas membutuhkan untuk memindahkan aplikasi ke SDcard.

Salah satu yang bida di pakai untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori adalah aplikasi Link2SD, Alasannya, Link2SD merupakan aplikasi yang berfungsi memindahkan sebagian data aplikasi tersebut ke External Memory. Berbeda dengan proses pemindahan aplikasi “langsung” ke dalam memori, Link2SD membutuhkan partisi spesial di SD card. Partisi tersebut merupakan lokasi penyimpanan data aplikasi dari memori internal.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Asus Pegasus X002

Agar kamu bisa segera melegakan memori Android yang semakin menipis, Lalu bagaimana cara menggunakan link2sd ini, berikut ini Hp terbaru mencoba memberi panduan lengkapnya untuk pembaca semua :

Tahap Persiapan: Cara Menggunakan Link2sd

Cara Menggunakan Link2sd Terbaru

  • Pastikan Android sudah di-root.
  • Lakukan partisi pada SD Card.
  • Downlod aplikasi Link2SD.
  • Install aplikasi Link2SD di Andorid seperti biasa.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi.

Pastikan kamu menginstal aplikasi Link2SD di lokasi yang terpercaya. Selain di Google Play Store, saat ini sudah banyak lokasi download aplikasi Android yang terpercaya. So, pilih lokasi terpercaya ketika kamu mendownload aplikasi.

Tahap Eksekusi: Cara Menggunakan Link2sd

Cara Menggunakan Link2sd Terbaru
Jalankan aplikasi Link2SD.

Permintaan persetujuan akses root atau SuperUser akan muncul, pilih Allow. Bagi kamu yang baru pertama menggunakan aplikasi ini, maka muncul pilihan file system pada partisi kedua. Seperti, ext2, ext3, ext4, FAT16/32.

Untuk mempermudah proses pemindahan, pastikan kamu menggunakan SD Card yang sudah dipartisi. Jangan lupa,pilih file system sesuai dengan ekstensi file system, sesuaikan dengan pilihanmu ketika melakukan proses partisi.

Restart perangkat.

Setelah berhasil memilih, silahkan lakukan restart dan jalankan kembali Link2SD. Apabila kamu menemui error mount script, maka ulangi proses partisi SD Card menggunakan file system yang berbeda.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Asus Fonepad 7 FE375CG 

Misalnya, sebelumnya kamu menggunakan file system ext2, maka ualngai proses partisi file sistem ext3 atau yang lain. Apabila tetap mengalami kegagalan, silahkan ulangi menggunakan file sistem yang berbeda.

Pilih aplikasi

Apabila proses sebelumnya berjalan lancar tanpa halangan, maka saatnya kamu memindahkan aplikasi ke SD card. Untuk melakukannya, kamu harus:

  • Menyentuh icon di sebelah kanan atas.
  • Muncul pilihan menu, pilih Multi-select.
  • Klik icon “select all” di bagian atas. Pilih ini jikalau kamu ingin memindahkan sebagian data dari semua aplikasi yang ada di Andoridmu. Apabila ingin sebagian saja yang akan dipindah, silahkan pilih mana yang ingin kamu pindah saja.

Selesai menyeleksi aplikasi

Apabila proses seleksi aplikasi sudah selesai, kamu memiliki kesempatan untuk memindahkan semua aplikasi di Androidmu, lanjutkan dengan:

  • Sentuh icon di sebelah kanan atas.
  • Pilih Link to SD card.
  • Muncul menu konfirmasi. Pastikan kamu melakukan cek pada ketiga pilihan yang ada.
  • Lalu, pilih OK.

Finishing

Proses ini merupakan proses akhir dari cara menggunakan link2sd. Agar semuanya berjalan lancar dan semua data yang dipindahkan tidak ada yang mengalami corrupt, silahkan tunggu hingga proses selesai.

Apabila berhasil, maka kamu akan mendapati memori internal yang lebih lega dari sebelumnya. Untuk memastikan, kamu bisa menyentuh icon di sebelah kanan, pilih storage info.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read

Cara Daftar dan Syarat Membuat NPWP Offline & Online

Jika kamu pernah belajar mengenai teori negara, kamu mungkin pernah mendengar Teori Perjanjian sebagai salah satu teori pembentukan negara. Tokohnya adalah Thomas Hobbes, John...
litalia
6 min read