Cara Menggunakan Google Drive, Daftar, Menyimpan dan Mengirim File

Cara Menggunakan Google Drive – Penyimpanan di hardisk komputer atau PC terbilang cukup rentan bermasalah. File-file penting bisa saja tiba tiba terhapus karena virus atau hardisk komputer tiba-tiba rusak. Agar tidak kehilangan file-file penting, kita bisa menyimpan file kita di berbagai layanan penyimpanan berbasis internet atau Cloud Storage.

Google Drive adalah salah satu Cloud Storage yang bisa kita pilih. Cukup dengan membuat akun Google Drive kita bisa mendapatkan penimpanan gratis sebesar 15GB. Kalau ingin ruang lebih banyak, kita juga bisa menambahnya dengan cara membeli.

Interface Google Drive sangat nyaman dan mudah dimengerti menyebabkan Cloud Storage ini sangat mudah untuk digunakan. Untuk cara pembuatan dan penggunaanya langsung simak penjelasan dibawah ya!

Cara Menggunakan Google Drive

Saya akan jelaskan dengan detail bagaimana cara membuat akun google drive, bagaimana cara menyimpan file di google drive dan lain sebagainya.

A. Cara Membuat Akun Google Drive

Untuk menyimpan file di Google Drive tentu sebelumnya kita harus punya akun Google Drivenya terlebih dahulu. Cara pembuatannya sangat mudah. Kita hanya harus membuat akun gmail yaitu akun surat elektronik milik google. Karena dengan membuat akun gmail kita sudah bisa memiliki dan mengakses berbagai sarana akun milik google dan tentu saja salah satunya adalah Google Drive.

  1. Masuk ke accounts.google.com atau langsung saja ketik gmail.com di browser kamu. Dengan begitu kita akan masuk ke halaman sign in gmail. Karena kita hendak membuat akun, maka klik More options, akan muncul dua pilihan dan klik Create account.Cara Menggunakan Google Drive
  2. Jika sudah, akan muncul halaman Create your Google account seperti gambar di bawah ini. Bagaimana langkah selanjutnya? kamu bisa baca langkah lengkap membuat akun gmail di sini: Cara Membuat Akun Gmail.

Nah setelah kamu selesai membuat email, untuk menuju akun Google Drive, klik icon berbentuk susunan kotak tiga kali tiga di pojok kanan atas. Icon tersebut berfungsi sebagai navigasi ke berbagai akun goole yang sekarang kamu miliki.

Setelah itu akan muncul berbagai akun google, pilih dan klik icon Google Drive. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.cara mendaftar google drive

B. Cara Menyimpan File di Google Drive

Kini kamu sudah memiliki akun Google Drive, Sekarang kita lanjutkan dengan cara menyimpan file di Google Drive. Cara menyimpan file di google drive bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi https://drive.google.com/ melalui browser kamu.
  2. Untuk kamu yang ingin masuk melalui email gmail lama, caranya login terlebih dahulu ke email gmail kamu.
  3. Lalu klik ikon seperti kotak-kotak dibagian atas, lihat gambar di bawah iniCara Menyimpan File di Google Drive
  4. Pilih ikon google drivePilih ikon google drive
  5. Kamu akan di alihkan ke halaman baru. Itulah halaman milik Google Drive.
  6. Selanjutnya, ada beberapa cara yang bisa kita pilih untuk mengunggah file yang ingin kita simpan.
  7. Cara pertama adalah dengan drag drop atau menggeser file yang kita inginkan ke halaman Google Drive. Cara ini adalah yang termudah dan praktis.
  8. Untuk menggunakan cara ini kita harus mencari terlebih dahulu file yang ingin kita unggah di file exploler. Pilih filenya, klik, tapi jangan lepaskan tombol klik kiri, kemudian geser ke halaman Google Drive kamu sampai terdapat tanda “copy.halaman Google Drive
  9. Setelah itu kita tinggal menunggu proses pengunggahannya. Proses pengunggahan hingga komplit dapat kita lihat di pojok kiri bawah. Jika file sudah berhasil di unggah, kita bisa melihat file di halaman utama google drive seperti gambar dibawah ini. menyimpan file dari komputer ke google drive
  10. Cara lain yang bisa menjadi pilihan adalah dengan mengunggah langsung dari goggle drive. Keunggulan cara ini adalah kita tidak perlu membuka file exploler terlebih dahulu, tapi cukup dengan browser yang kita gunakan.
  11. Caranya pilih dan klik My Drive yang terletak persis dibawah Search Drive atau icon New yang terletak di pojok kiri atas.upload file ke google drive
  12. Selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan. Pilih dan klik file upload.klik file upload
  13. Setelah itu akan muncul jendela open, pilih file yang ingin kamu unggah ke Google Drive.pilih file
  14. Selanjutnya kita tinggal menunggu proses pengunggahan. Sama seperti cara sebelumnya, proses pengunggahan hingga komplit akan muncul di pojok kanan wah browser.upload berhasil

C. Cara Mengirim File dari Google Drive

Dengan Google Drive kita tidak hanya bisa menyimpan file dari PC kita. Akan tetapi, kita juga bisa langsung mengirimkan file tersebut ke email kawan atau rekan kerja kita.

Cara mengirim file dari Google Drive sangat mudah.

  1. Pertama, tentu saja pilih dan klik file yang ingin kita kirim. Kemudian, klik kanan sehingga akan muncul tampilan menu.
  2. Pilih dan klik share. Jika sudah, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.mengirim file dari Google Drive
  3. Dengan Google Drive kita bisa mengirim file untuk bisa diakses publik maupun khusus untuk orang tertentu yang kita tuju. Jika ingin file tersebut bisa diakses semua orang, kita bisa membagikan link yang ditandai dengan lingkaran berwarna biru. Link tersebut bisa kita bagikan melalui akun media sosial, blog, atau platform lain yang kita miliki.
  4. Namun, jika kita ingin file tersebut hanya bisa diakses orang tertentu melalui emailnya kita bisa mengirim file tersebut ke email tertentu secara langsung. Caranya adalah dengan menuliskan email yang kita tuju di kolom yang ditandai dengan warna merah. Kita juga bisa menambahkan catatan terkait dengan file yang kita kirimkan.

Nah itulah cara menggunakan Google Drive mulai dari membuat akun, menyimpan file di Google Drive dan juga mengirim file dari Google Drive. Perlu kamu tahu, dengan menyimpan file di Google Drive tingkat keamanannya jauh lebih baik.

Juga melalui Google Drive kita bisa membagikan file dengan jumlah yang besar. bahkan hinga bergiga-giga, sesuai dengan ukuran ruang drive yang kita miliki. Hal ini tentu berbeda bila menggunakan lampiran biasa di gmail.

Dimana batasan mengirim email hanya 25MB saja. Sedang melalui Google Drive bisa sampai 15GB, dan bisa juga kamu tambah dengan membeli ruang tambahan dari google.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel jika bermanfaat ya. Salam.

Ada pertanyaan atau komentar?