Cara Mengetahui Nomor PIN BBM Android Milik Sendiri

Cara Mengetahui Nomor PIN BBM Android Milik Sendiri, BBM dahulu merupakan aplikasi ekslusif yang hanya ada pada ponsel BlackBerry, sebelum akhirnya juga ada di platform Android dan iOS. Meski sudah ada diberbagai platform, bukan berarti BBM tak lagi eklusif, terutama bila sudha berkaitan dengan PIN BBM.

Sampai dengan saat ini, BBM lah satu-satunya aplikasi yang memberikan PIN tertentu pada penggunanya. PIN akan didapatkan secara otomatis oleh pengguna sesaat setelah mereka mendaftar.

PIN (Personal Identification Number) atau Nomor Identitas Pribadi ini terdiri dari sejumlah angka dan huruf yang dikombinasikan secara acak. Dengan mengetahui PIN seseorang, kita bisa mengajaknya untuk berteman. Jadi PIN adalah syarat sebelum kita bisa mengajak seseorang chatting, melakukan voice call maupun video call melalui BBM.

Cara Mengetahui Pin BBM Sendiri

Sayangnya, PIN yang memiliki peran penting dalam akun BBM kita, ternyata tidak mampu dihafal oleh sebagian besar pemiliknya. Hal ini tak lepas dari susunan PIN yang memang rumit untuk dihafal. Maka kita butuh cara lain untuk mengetahuinya selain menghafalnya.

Kita bisa mengetahui PIN melalui dua cara di aplikasi BBM. Dengan tahu PIN BBM kita sendiri, kita jadi lebih mudah bila ingin berbagi kontak BBM kita dengan yang lainya. Langsung saja, berikut cara untuk mengetahui PIN BBM kita sendiri.

#1 Cara Melihat PIN BBM Milik Sendiri

Cara pertama yang bisa kita gunakan untuk mengetahui PIN BBM kita sendiri adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi BBM milik kamu sendiri di smartphone Android mu.
  • Kamu akan langsung masuk ke bagian Obrolan, lihatlah baris yang terletak dibagian bawah, cari kata “Saya”. tab lah kata itu. letaknya ada di bagian paling pojok kanan.
  • Kamu sudah bisa melihat PIN pada bagian bawah nama kamu. kamu juga bisa mengetahui PIN kamu dengan menekan nama akun kamu.

Kini Pin yang terdiri dari empat huruf dan empat angka telah kamu ketahui. Jadi jika ada seseorang yang meminta nomor PIN kamu, tinggal kamu copy saja pin tersebut dan kamu pastekan ke kontak yang meminta.

#2 Cara Melihat PIN BBM dalam Bentuk QR Code

Selain melalui cara di atas, kita juga bisa mengetahui PIN BBM kita sendiri melalui bentuk QR Code. QR Code semacam kode yang di dalamnya terdapat PIN kita tapi dalam bentuk gambar tertentu, hanya bisa dilihat dengan scan QR saja. cara ini bisa kita gunakan bila kita malas mengetikkan PIN, cukup lakukan scan QR Code saja. maka pin langsung secara otomatis diketahui.

Cara untuk melakukanya juga sangat mudah, kita hanya perlu:

  • Buka akun BBM kamu melalui smartphone android milik kamu
  • Kamu akan masuk ke bagian Obrolan, selanjutnya tekan ikon bergambar orang yang berada di pojok paling kanan bertuliskan “Saya”.
  • Tab lah ikon yang berada di bagian pojok kanan atas.
  • Maka, QR code akun BBM kamu akan muncul dengan sendirinya. Dari sini, kamu bisa langsung melakukan invite teman tanpa perlu mengetikkan PIN BBM terlebih dahulu. Tinggal kamu lakukan scan QR code yang tampil, dan tak perlu lagi menggunakan PIN BBM.
  • QR Code juga bisa kamu lihat dengan menekan nama akun kamu, lalu lihat ikon di pojok kanan atas. kalau kamu tekan ikon itu, kamu juga akan di arahkan ke QR Code.

Kini kamu sudah tahu cara mengetahui PIN BBM milik sendiri di Android. PIN dan kode QR BBM sangatlah berguna jika kita ingin melakukan pertemanan. Kita bisa memanfaatkan keduanya jika ingin menambah kontak BBM.

Nah kabar baiknya, sekarang kita bisa melakukan kuston PIN BBM. Kita bisa mengganti PIN BBM yang secara otomastis kita dapatkan setelah kita mendaftar dengan PIN cantik yang kita kehendaki.

Cara Membuat PIN Cantik BBM Gratis

Sebenarnya cara membuat PIN BBM cantik sudah ada sejak lama, terutama sejak BBM melakukan pembaharuan aplikasi, tepatnya pada bulan Juli 2017 lalu. Pada pembaharuan awal yang dirilis dalam versi beta, terdapat fitur baru ditambahkan, yaitu mengubah PIN yang kita dapatkan setelah mendaftar dengan PIN baru yang kita kehandaki.

Nah sebelumnya kita bahas soal bagaimana membuat PIN BBM cantik, kamu bisa baca ulasa soal:

  • Cara memperbarui BBM Ke Versi Terbaru
  • Cara Mendaftar BBM android

Oke, langsung saja kita bahas bagaimana cara mengganti PIN BBM kita dengan PIN baru yang lebih cantik:

  • Lakukan aplikasi (pembaharuan) BBM Android ke versi paling baru. Kalau sudah, langsung buka saja aplikasi BBM terbaru kamu.
  • Kamu akan masuk ke bagian Obrolan, silakan tekan ikon bergambar manusia bertuliskan kata “Saya” (Me) yang terletak di pojok kanan paling bawah.
  • Selanjutnya buka tautan “Buat PIN kustom sekarang juga” atau Create free custom PIN today.
  • Kemudian kita akan diminta menambahkan nomor ponsel ke akun BBM kita. bila kita mendaftar dengan email. Masukkan kode yang dikirim melalui SMS sebagai bagaian dari proses verifikasi.
  • Proses selanjutnya, tinggal kita buat saja PIN BBM sesuai dengan selera kita saja. PIN BBM harus terdiri dari minimal 6 karakter dan maksimal 8 karakter. Usahakan yang paling unik karena sampai saat ini, kitahanya diberikan satu kali kesempatan untuk edit PIN BBM.
  • Kalau sudah ketuk kata “Selesai” lalu “Benar”
  • Untuk melihat PIN BBM baru, kamu bisa gunakan cara seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Nah, kalau ternyata nomor PIN yang kamu masukkan tidak bisa kamu gunakan, berarti ada orang lain yang terlebih dahulu menggunakan PIN BBM yang kamu masukkan. Oh ya, PIN lama masih tetap bisa digunakan meski ada PIN baru.

Apakah artikel ini membantu?

Terima kasih telah memberi tahu kami!
PERHATIAN
Jika ingin mengcopy-paste referensi dari Jurnalponsel.com, pastikan untuk menambahkan sumber rujukan di daftar pustaka dengan format berikut:
Litalia. (). Cara Mengetahui Nomor PIN BBM Android Milik Sendiri. Diakses pada , dari https://www.jurnalponsel.com/cara-mengetahui-nomor-pin-bbm-android-milik-sendiri/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.