Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

Foto adalah cara termudah dan paling banyak dipilih untuk mengabadikan moment setiap orang. Melalui foto kita bisa bercerita pada siapa saja tentang apa yang telah terjadi pada hidup kita di masa lalu. Foto juga bisa menjadi karya seni tersendiri bagi peminatnya.

Setiap orang kini setiap menjadi fotografer minimal bagi dirinya sendiri. Dukungan kamera hp yang setiap saat selalu ada di genggaman menjadi alasan dibalik semua itu. foto kerap disimpan dalam media digital atau terkadang juga dicetak untuk dipasang di dinding.

Dengan berbagai alasan, kadang kita ingin mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Misalnya saja untuk keperluan melamar pekerjaan, upload file foto dan lain sebagainya. Terkadang kita juga memperkecil ukuran foto demi menghemat ruang penyimpanan. Hanya saja, bagaimana sih cara paling mudah mengecilkan ukuran foto?

Kali ini saya sedang berbaik hati. Saya ingin bercerita sekaligus berbagai pengalaman soal bagaimana cara mengecilkan ukuran foto dengan paint. Mengecilkan foto bisa kamu lakukan dengan mengecilkan resolusinya, bisa pula dengan cara memotong foto. Saya akan menjelaskan keduanya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Pakai Paint

Bagian pertama, saya akan jelaskan soal bagaimana mengecilkan ukuran foto dengan paint. Bagian ini bercerita soal memperkecil ukuran resolusi foto dengan paint. Jadi ukuran foto tetap sama, tetapi resolusinya yang berbeda. Bagaimana caranya?

1. Siapkan foto

Siapkan foto yang ingin kamu kecilkan ukuran filenya menggunakan paint. Terserah mau gunakan foto apapun. Bisa menggunakan foto dirimu dengan orang terbaik kamu, bisa foto sendirian dan bisa pula foto si mantan. Tetapi hati-hati kalau ketahuan si doi.

2. Cermati Ukuran Asli

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

Karena saya pecinta tanah air, jadi saya akan gunakan foto burung merak. Salah satu burung asli Indonesia. Fotonya saya dapat dari pixabay secara gratis. awalnya foto di bawah ini berukuran 1,26 MB dengan dimensi 1920 x 1080. Ukuran yang cukup besar ya. Bagus kalau mau dicetak diukuran foto 10R lebih.

3. Buka Program atau Buka Foto Pilih Paint

Sudah siap fotonya? Selanjutnya silakan kamu buka program paint. Paint pasti ada di setiap komputer atau laptop berbasis windows. Karena program ini merupakan program bawaan. Untuk membukanya tekan tombol windows, lalu ketik paint atau cari paint.

Kalau tak ingin susah, kamu bisa juga buka foto yang tersimpan di penyimpanan kamu. lalu klik kanan pada foto dan pilih open with. Selanjutnya pilih paint.

4. Masukkan Foto Ke Paint

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint2

Kalau kamu memilih membuka paint terlebih dahulu, lanjutkan dengan masukkan foto ke program paint. Caranya tekan menu file yang ada di pojok kanan atas -> pilih Open. Selanjutnya tinggal kamu cari foto yang ingin kamu kecilkan resolusinya (ukuranya). Cara lebih mudah, cukup tekan kombinasi tombol ctrl+o. Lalu setelah itu pilih foto dan klik open.

5. Kecilkan Ukuran Foto

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint3

Untuk mengecilkan ukuran foto, silakan kamu klik menu Resize atau bisa juga kamu tekan kombinasi tombol CTRL + W.

6. Atur Sesuai Keinginan

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint5

Setelah itu akan muncul Box Resize. Pada bagian ini pilih pixel terlebih dahulu. anda Skew silahkan anda pilih Pixel. Baru setelah itu kamu atur resolusinya sesuai dengan yang kamu inginkan. Pada foto kali ini saya akan perkecil resolusinya menjadi horizontal 720 dan secara otomatis verticalnya menjadi 405. Baru setelah itu tekan Oke.

7. Save atau CTRL + S

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint6

Terakhir silakan kamu tekan menu save atau kombinasi tombol Ctrl+S. Setelah itu silakan lihat hasilnya. Foto yang saya ubah resolusinya kini tinggal 241 Kb. Kecil bukan?

Cara Memotong Ukuran Foto

Nah kalau yang kamu inginkan adalah memperkecil ukuran foto dengan cara memotongnya, kamu juga bisa menggunakan paint. Caranya juga sangat mudah. berikut cara memotong ukuran foto dengan paint.

  1. Sama seperti cara mengecilkan ukuran foto dengan paint, cara memotong foto dengan paint juga dimulai dari menyiapkan foto yang ingin dipotong. Lalu setelah itu, buka program paint.
  2. Setelah itu masukkan foto yang ingin kamu potong melalui menu File lalu Open. Bisa juga melalui kombinasi tombol Ctrl+O. Lalu pilih foto yang ingin kamu potong dan klik Open.
  3. Selanjutkan klik menu Select, kamu bisa pilih Select Rectagular atau Free… lanjutkan dengan memilih area yang ingin kamu potong dan setelah itu klik Crop.
  4. Kini foto sudah terpotong. Tinggal kamu simpan saja. secara otomatis, ukuran foto juga akan ikut mengecil saat kamu potong fotonya. Cobalah.

Tips Menggunakan Paint Secara Efektif

Setelah membaca beberapa reverensi terkait dengan cara mengecilkan ukuran foto dengan paint, ada beberap tips berguna yang bisa kamu gunakan. diantaranya:

  • Tombol kombinasi CTRL + W yang digunakan untuk memperkecil ukuran foto sebaiknya jangan ditekan sebelum jendela paint terbuka sempurna. Sebab hal tersebut akan menyebabkan pekerjaan jadi tersendat. Ini khusus untuk windows 10 ya.
  • Sebaiknya kamu jangan mengubah ukuran piksel foto memkai kursor mouse. Sebab itu akan menjadikan piksel foto rusak dan foto juga ikut rusak. .
  • Ingat, kalau kamu mengubah ukuran gambar sama artinya dengan mengubah ukuran file.
  • Kalau kamu ingin mengubah ekstensi file atau gambar melalui paint cukup kamu lakukan dengan pilih menu File lalu Save as. Misalnya kamu ingin mengubah foto dari JPG ke PNG atau sebaliknya.

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai cara mengecilkan ukuran foto dengan paint. Gampang bukan?

Ada pertanyaan atau komentar?