Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai kebutuhanmu. Seperti yang telah diketahui, ukuran kertas ini bermacam-macaam, namun kamu bisa memasukkan berapapun nilainya asalkan muat di printer.

Pengaturan yang demikian sering disebut dengan “User Defined” atau “Custom Size”. Bagaimana cara melakukanya? saya akan jelaskan melalui tulisan ini bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada printer dan Ms Word. Tentu ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Menentukan Ukuran Kertas

Cara Mengatur Ukuran Kertas

Pertama-tama sebelum kamu mengatur ukuran kertas di printer dan MS word, kamu harus terlebih dahulu tahu ukuran kertas yang kamu kehendaki. Ukuran kertas merupakan panjang dn lebar sebuah kertas dalam satuan millimeter (mm) dan dapat dikonversikan ke dalam centimeter (cm) maupun inci (inchi). Beberapa ukuran kertas standar yakni dari seri A misalnya:

  • A0 = 841 x 1189 mm
  • A1 = 594 x 841 mm
  • A2 = 420 x 594 mm
  • A3 = 297 x 420 mm
  • A4 = 210 x 297 mm
  • A5 = 148 x 210 mm
  • A6 = 105 x 148 mm
  • A7 = 74 x 105 mm
  • A8 = 52 x 74 mm
  • A9 = 37 x 52 mm
  • A10 = 26 x37 mm

Ukuran kertas seri A banyak digunakan di seluruh dunia seperti Amerika Serikat. Kertas A ini menjdi standar ukuran surat tulis untuk bisnis negera-negara yang menggunakan bahasa inggris seperti Australia,  Selandia Baru dan Inggris. Selain itu juga masih ada kertas berseri F dengan ukuran 215 x 330 mm yang dapat kamu gunakan.

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer

Berikutnya, mari kita atur ukuran kertas di printer terlebih dahulu. Printer dapat menentukan ukuran kertas yang hendak dicetak. Nah untuk dapat memeriksa rentang kertas yang bisa dicetak printer, kamu bisa lihat panduan manual printer dalam kotak dialog “Pengaturan Printer”.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengatur ukuran kertas pada printer.

  1. Pertama klik “start” atau “icon windows” yang berada dipojok kiri paling bawah.Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer
  2. Kemudian ketik “device and printer”. Maka kamu akan menemukan perangkat printer dan device lainya yang tersedia. bisa juga kamu lakukan melalui control panel -> hardware and sounds ->views device and printers
  3. Selanjutnya cari printer yang digunakan dan klik sekali setting printer
  4. lalu pilih menu print servers properties yang berada di bagian atas.pilih server properti
  5. Nah selanjutnya bakal muncul Print Server Properties seperti gambar di bawah ini. dan berilah centang pada create new form.Membuat Ukuran Kertas pada Printer
  6. Setelah itu ganti nama form dan masukkan ukuran kertas yang kamu kehendaki. Kamu bebas menentukan berapapun ukuranya. Yang penting sesuai dengan printer kamu.Membuat Ukuran Kertas pada Printer2
  7. Jika kamu telah memasukkan ukuran kertas sesuai kebutuhan kamu, maka langkah terakhir adalah klik menu “save form” dan “oke”. Taraaa selesai.

Cara di atas saya tulis berdasarkan pengalaman menggunakan windows 8 atau 8.1. Untuk windows lain biasanya hanya berbeda pada bagian awal saja.

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Ms Word

Selanjutnya adalah cara mengatur ukuran kertas pada Ms. Word. Sebagai contoh untuk kali ini kita kan coba mengatur ukuran kertas F4 atau yang lebih dikenal dengan folio atau HVS. Mungkin kamu menganggap bahwa ukuran F4 sama dengan ukuran A4 atau legal sehingga saat proses print terdapat beberapa tulisan yang terpotong.

Nah secara default setting pada halaman kertas Ms Word adalah menggunakan kertas A4. Jadi jika kamu ingin menggunakan kertas F4 musti menggantinya terlebih dahulu agar dokumen yang dibuat nanti bisa full halaman kertas dan pembuatan dokumen sesuai yang diharapkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ukuran kertas Folio/ HVS/ F4 adalah.

  • Dalam ukuran centimeter (cm) adalah width = 21,5 cm dan height = 33 cm
  • Dalam ukuran inci (inchi) adalah width = 8,47” dan height = 12,99”

Untuk mengatur ukuran kertas tersebut caranya adalah melalui menu “Page Layout” kemudian “Custom Paper” menjadi ukuran kertas F4/  HVS tadi. Agar kamu lebih jelas berikut cara mengubah cara mengatur ukuran kertas pada Ms Word.

  1. Pertama pada halaman Ms Word kamu musti memilih menu “Page Layout” kemudian pilih “Size” lalu “More Paper Sizes …”Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Ms Word
  2. Nah pada paper size silahkan ganti menjadi “Custom Size” kemudian ubah ukuran width = 21,59 cm dan height = 33 cm atau jika dalam inchi yakni width = 8,5” dan height = 13” .pilih custom size
  3. Terakhir adalah pilih menu “OK”.
  4. Selesai…. Kini ukuran keras Ms Word sudah menjadi F4/ HVS.

Cara tersebut dapat kamu gunakan pada Ms Word versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. Mungkin dari segi tampilan terlihat berbeda, namun intinya sama yakni melalui menu “Page Layout – Size – More Paper Sizes – ubah Paper Size menjadi Custom Size kemudian sesuaikan dengan ukuran kertas F4/ HVS.

Jika kamu menginginkan ukuran kertas yang lain, dapat langsung disesuaikan saja antara width dan height seperti yang telah kita bahas pada bab sebelumnya.

Bagimana sangat mudah bukan? bahkan untuk pemula pun sangat mudah dilakukan. Untuk mendapatkan hasih sebuah dokumen yang sempurna tak ada salahnya jika melakukan penyesuaian kertas antara print dan Ms Word.

Namun jika kamu masih kesulitan, coba deh baca sekali lagi part mana yang kamu kurang paham dan mempraktekkannya secara langsung. Itulah cara mengatur ukuran kertas pada printer dan Ms Word.

Ada pertanyaan atau komentar?