Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

2 min read

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram, Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang digemari oleh banyak pengguna di Indonesia. Instagram memungkinkan kita untuk berbagi foto dan video ke seluruh teman-teman yang mengikuti akun kita. Sayangnya, menggunakan Instagram seringkali menghasilkan cache dan history data yang cukup banyak.

Jika cache sudah terlalu banyak dan menumpuk, hal ini bisa mempengaruhi kinerja smartphone atau tablet android kita. Masalah yang paling umum terjadi karena penumpukan cache dan history data adalah instagram tidak bisa digunakan untuk mengunggah foto atau video.

Seperti yang telah kita ketahui, pemakaian smartphone atau tablet dalam satu hari bisa menghasilkan cache yang cukup banyak dan bisa mempengaruhi kecepatan kerja suatu perangkat android.

Apalagi instagram merupakan sosial media yang membutuhkan banyak data untuk meload gambar untuk ditampilkan, sehingga kerja smartphone atau tablet android menjadi semakin berat. Selain masalah cache, sinyal yang kurang stabil juga bisa mengakibatkan instagram tidak bisa mengunggah foto atau video. Sinyal yang lemah membuat semua aktivitas yang berhubungan dengan internet menjadi lambat dan cenderung lemot.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload

Jika anda menemui masalah dimana instagram anda tidak bisa mengunggah foto ataupun video, jangan panik dulu. BKami telah merangkum 5 cara mengatasi instagram tidak bisa upload foto dan video yang bisa anda coba untuk menyelesaikan masalah tersebut.

1. Hapus Cache Data Instagram

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, penumpukan cache data pada aplikasi dan ponsel android kita bisa menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah aplikasi Instagram kita tidak bisa mengunggah foto atau video.

Karena itu, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan menghapus cache data yang tersimpan di ponsel atau tablet android kita. Caranya cukup mudah, kita bisa masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih menu Aplikasi. Kemudian cari aplikasi Instagram, tap hingga informasi detailnya keluar.

Tap pada menu Hapus Cache untuk menghapus file atau data cache. Kemudian buka aplikasi Instagram, lalu bersihkan history atau riwayat pencarian melalu menu My Profile, pilih Opsi, scroll hingga bawah dan tap pada menu Bersihkan Riwayat Pencarian.

2. Restart Perangkat Android

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mematikan smartphone atau tablet android kita untuk beberapa waktu kemudian menghidupkannya kembali atau restart. Caranya bisa menggunakan tombol power dan tap menu restart.

Namun, jika ingin mengoptimalkan kembali kinerja smartphone atau tablet android kita, kita bisa mematikan terlebih dahulu perangkat android kita, matikan perangkat smartphone android kita kemudian lepas kartu sim, baterai, dan kartu memory (microSD).

Biarkan terlepas selama beberapa detik, lalu pasangkan kembali ke perangkat android kita. Setelah itu hidupkan smartphone atau tablet android kita dan tunggu hingga semua sistem siap  untuk digunakan.

Tujuan merestart perangkat android kita adalah untuk memuat ulang sistem dan kinerja perangkat kita, sehingga aplikasi yang berada di dalam smartphone atau tablet android kita kembali berjalan sesuai dengan fungsinya, termasuk aplikasi Instagram kita yang tidak bisa mengunggah foto atau video.

3. Hapus Aplikasi yang Lain

Jika anda telah menginstall aplikasi lain sebelum Instagram anda bermasalah, maka ada kemungkinan aplikasi Instagram kita Crashing dengan aplikasi lain yang telah diinstall. Kasus Crashing seringkali terjadi pada smartphone atau tablet Android, serta pada perangkat komputer lain.

Crashing merupakan kerusakan yang terjadi akibat tabrakan kinerja dua aplikasi atau lebih. Karena itu, ingat lagi apakah sebelumnya anda telah menginstall aplikasi tertentu sebelum menemui masalah pada aplikasi Instagram anda.

Jika iya, lebih baik hapus aplikasi tersebut agar tidak terjadi kasus crashing pada smartphone atau tablet android anda. Caranya cukup masuk ke Menu Pengaturan, tap menu Aplikasi, pilih aplikasi yang ingin kita uninstall, tap hingga detail menu aplikasi tersebut ditampilkan, kemudian tap Copot Pemasangan.

4. Install Ulang Aplikasi Instagram

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

Cara keempat yang bisa kita coba untuk mengatasi instagram yang tidak bisa mengunggah foto atau video adalah dengan mencopot aplikasi instagram, kemudian menginstallnya kembali.

Caranya lakukan uninstall aplikasi Instagram melalui menu Pengaturan yang ada di ponsel android kita, lalu pilih menu Aplikasi, kemudian pilih tampilkan Semua Aplikasi. Tap pada menu aplikasi Instagram, kemudian pilih Copot Pemasangan atau Hapus Instalasi.

Jika sudah, masuk ke menu Play Store untuk mengunduh dan memasang kembali aplikasi Instagram kita.

5. Cari Lokasi dengan Sinyal yang Lebih Stabil

Sebelumnya telah kita bahas bahwa sinyal yang buruk dan tidak stabil akan berdampak langsung terhadap kinerja smartphone atau tablet android kita terutama yang berkenaan dengan internet.

Sinyal lemah membuat ponsel android kita menjadi lambat dan lama dalam melakukan loading. Hal ini bisa membuat kinerja aplikasi Instagram kita menjadi kurang optimal, sehingga tidak bisa melakukan upload foto dan video.

Ada baiknya untuk menunda aktivitas menggunakan instagram hingga menemukan atau berada di lokasi dengan sinyal internet yang lebih stabil dan kuat.

Akhir Kata

Semoga kelima cara mengatasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video di atas bisa membantu anda mengatasi masalah yang sedang terjadi pada aplikasi Instagram anda. Jangan lupa untuk membersihkan cache data secara rutin untuk membantu meningkatkan kinerja smartphone atau tablet android kita agar lebih cepat dan ringan.

Jika perlu, gunakan softwre cleaner tertentu untuk membersihkan perangkat android kita dari file sampah yang menumpuk dan menghabiskan ruang penyimpangan di smartphone atau tablet android kita.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read