Cara Mudah Menampilkan Icon Status Lagu di BBM Android. BBM (Blackberry Messenger) adalah aplikasi chatting yang banyak dipakai oleh orang di negara Indonesia, terutama anak muda.

Aplikasi BBM sudah compatible pada semua jenis perangkat Android seperti hp Samsung Galaxy, hp Oppo, hp Lenovo, hp Asus Zenfone, hp Xiomi, hp HTC, hp LG, hp Smartfren Andromax, hp Sony Experia, Meizu, hp Vivo, Advan, Acer, dan masih banyak lagi yang lain.

Kita semua tahu jika BBM dilengkapi Status Lagu atau Musik dimana setiap pengguna mendengarkan lagu dan internet kamu Aktif maka otomatis BBM akan menampilkan apa yang kita dengar di BBM ke Publik bahwa pengguna sedang memutar lagu sesuai dengan judul lagu yang kamu dengarkan.

Status Lagu Tidak Muncul di BBMTetapi saat ini ada banyak pengguna yang mengalami masalah pada BBM mereka karena tidak muncul status lagu di BBM mereka.

Sebenarnya setelah kita mengupdates versi BBM lama ke versi BBM terbaru yang mendukung fitur melihat updates musik yang didengarkan oleh kontak kita.

Pengaturan awal aplikasi kita sudah tersetting untuk menampilkan otomatis musik yang sedang kita dengarkan sebagai status BBM kita. Selain itu, updates musik yang sedang didengarkan oleh teman-teman kita pun secara otomatis keluar pada tab rencent updates.

Fitur Show What I’m Listening To ini menampilkan setiap musik yang sedang kita putar pada perangkat smartphone kita. Sedangkan Fitur Show What Other Listening To menampilkan musik apa yang sedang didengarkan oleh teman-teman kita. Namun, pengguna terkadang mengalami masalah yang menyebabkan musik yang sedang diputar tidak muncul sebagai status di BBM.

Padahal sebelumnya fitur ini berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Lalu, apa yang menyebabkan musik tidak muncul sebagai status BBM  dan bagaimana mengatasi hal tersebut?

Cara Mengatasi Status Musik Tidak Muncul di BBM

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada dua hal yang berkenaan dengan fitur musik yang diputar muncul menjadi status BBM kita. Pertama adalah fitur Tampilkan yang didengar orang lain (Show what other listening to), dan yang kedua adalah Tampilkan yang sedang saya dengarkan (Show what I’m listening to).

Keduanya merupakan fitur yang berbeda, dan kali ini kita akan membahas mengenai mengatasi musik yang kita dengarkan tidak muncul sebagai status BBM kita. Langkah-langkah yang bisa kita tempuh antara lain:

1. Perbaharui Aplikasi BBM yang Kita Gunakan

Jika masalah BBM Yang Tidak Muncul Status Lagu/ Musik Yang Kita Dengarkan muncul, langkah pertama yang bisa kita coba untuk mengatasinya adalah dengan mengupdate atau memperbaharui aplikasi BBM yang sedang kita gunakan.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kerja aplikasi BBM kita. Sekaligus untuk menyelesaikan bugs yang bisa saja menyebabkan fitur musik yang sedang kita dengarkan tidak memunculkannya sebagai status BBM kita.

Anda bisa mencoba membuka playstore dan mengecek apakah aplikasi BBM yang sedang anda gunakan merupakan aplikasi versi terbaru atau tidak. Jika belum, anda bisa segera mengupdatenya.

Caranya: Buka Aplikasi Play Store -> klik ikon yang berada di pojok kiri atas -> tab Aplikasi & Game Saya -> lalu cari dan temukan Aplikasi BBM -> Klik. Lihatlah, apakah ada pembaharuan atau tidak.

Jika ada pembaharuan, silakan update. Tapi bila tidak, berarti solusi kamu bukan ini.

2. Pastikan Fitur Tampilkan Status Musik Sudah Aktif

Anda bisa masuk ke menu pengaturan aplikasi anda dan memastikan bahwa fitur tampilkan musik yang sedang saya dengarkan atau show what i’m listening to sudah aktif atau belum.

setelen menampilkan status musik bbm

Caranya buka aplikasi BBM, lalu cari menu setelah, pilih akun, kemudian centang pada bagian tampilkan yang sedang saya dengarkan atau show what I’m listening to.

Setelah itu, anda bisa mencoba memutar lagu pada perangkat anda untuk memastikan apakan status musik anda sudah muncul atau belum. Seharusnya cara ini 100 persen bisa mengatasi status musik tidak muncul di BBM android.

3. Bersihkan Data Cache dan Riwayat Ponsel

Jika kedua langkah di atas masih belum menyelesaikan permasalahan musik tidak muncul sebagai status BBM. Kita bisa mencoba langkah berikutnya, yaitu menghapus data riwayat (history) atau data cache yang ada dalam perangkat smartphone kita.

Sebelumnya, matikan dahulu koneksi internet pada ponsel kita, lalu gunakan aplikasi clean master untuk membersihkan file sampah dalam perangkat kita. Kita juga bisa menggunakan aplikasi selain clean master.

Cukup gunakan yang compatible dengan perangkat smartphone kita, atau jika ponsel kita mendukung untuk penghapusan riwayat dan cache secara langsung tanpa aplikasi pendukung, kita juga bisa menggunakan menu tersebut.

Cara menghapus data cache dan riwayat aplikasi: cukup buka menu pengaturan -> cari aplikasi terinstal (manager aplikasi) -> cari dan temukan aplikasi BBM -> tab BBM dan lihatlah kata clear cache -> klik dan oke.

4. Menggunakan Aplikasi Musik yang Mendukung Fitur Status Musik pada Aplikasi BBM

Setelah ketiga langkah di atas dilakukan tetapi permasalahan tidak kunjung selesai, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah memastikan aplikasi musik yang kita gunakan sudah mendukung aplikasi BBM kita atau belum.

Beberapa aplikasi pemutar musik versi laa belum mendukung fitur show what i’m listening yang ada pada bbm versi terbaru. Karena itu, cek kembali aplikasi pemutar musik yang sedang kita gunakan.

Jika selama ini kita menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan yang ada di ponsel. Maka kita bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi pemutar musik lain yang mendukung fitur musik sebagai status BBM seperti aplikasi Google Play Music.

5. Memperbaharui atau Mengupdate Aplikasi Musik yang Sedang Digunakan

Jika kita masih ingin menggunakan aplikasi pemutar musik kita dan masih enggan untuk menggantinya dengan aplikasi lain. Kita bisa mencoba untuk memeprbaharui atau mengupdates aplikasi pemutar musik yang sedang kita gunakan.

Sebab mungkin saja permasalahan musik yang kita dengarkan tidak bisa ditampilkan sebagai status bbm adalah karna kita masih menggunakan aplikasi pemutar musik dengan versi lama, sementara aplikasi bbm kita sudah kita updates ke versi yang baru.

Caranya: Buka Play Store -> tab ikon di pojok kiri atas -> pilih aplikasi & game saya -> cari dan temukan aplikasi pemutar musik -> update.

Catatan: update hanya bisa dilakukan kalau ada pembaharuan.

6. Paksa Berhenti Aplikasi Pemutar Musik atau Bersihkan Data Aplikasi (Clear Data) Pemutar Musik

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksa aplikasi pemutar musik yang kita gunakan untuk berhenti beroperasi serta menghapus data yang tersimpan dalam aplikasi pemutar musik tersebut.

Data yang tersimpan dalam aplikasi pemutar musik kita contohnya adalah pengaturan equalizer, daftar lagu favorit, atau daftar putar yang telah kita atur sebelumnya. Dengan memaksa berhenti (force close) atau membersihkan data (Clear data) kita telah mereset kembali aplikasi pemutar musik yang kita gunakan untuk kembali ke pengaturan awalnya.

Untuk melakukan force close dan clear data, kita bisa masuk ke menu pengaturan perangkat smartphone kita, lalu pilih menu aplikasi. Temukan aplikasi pemutar musik yang kita gunakan, kemudian tap tombol force close (paksa berhenti) serta tombol clear data (bersihkan data).

Setelah itu coba putar musik melalui aplikasi yang sudah kita bersihkan, dan cek apakah status musik kita sudah muncul.

7. Matikan Perangkat Smartphone dan lakukan Reboot

Langkah terakhir yang bisa kita tempuh untuk mengatasi musik yang tidak muncul di status bbm adalah dengan mematikan perangkat smartphone android kita dan melakukan reboot.

Sebelumnya, matikan perangkat smartphone android kita kemudian lepaskan baterai, kartu sim, serta kartu memory (microSD) kita dari tempatnya. Biarkan komponen-komponen tersebut terlepas selama beberapa detik, kemudian pasangkan kembali ke perangkat smartphone kita.

Setelah itu, hidupkan kembai perangkat android kita dan tunggu hingga semua sistem siap digunakan. Tujuan dari reboot yang kita lakukan adalah untuk memuat ulang sistem perangkat android kita pada saat reboot. Sehingga aplikasi yang ada dalam perangkat smartphone android kita kembali berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya, termasuk aplikasi pemutar musik dan bbm kita.

Setelah proses reboot selesai, kita bisa mencoba untuk menggunakan kembali aplikasi pemutar musik kita, lalu periksa apakah musik yang kita putar sudah muncul sebagai status bbm updates kita.

Bagaimana Cara Lain Mengatasi Status Musik Tidak Muncul di BBM

Setelah ketujuh langkah mengatasi musik yang diputar tidak bisa ditampilkan sebagai status BBM yang kita bahas sebelumnya. Ada baiknya kita menginstall aplikasi cleaner pada perangkat smartphone android kita seperi Ccleaner, CM Booster, Clean Master, 1 Tap Cleaner, atau aplikasi cleaner lain untuk mencegah kerusakan atau sistem error pada aplikasi yang kita gunakan.

Semoga apa yang kita bahas mengenai cara ampuh mengatasi status musik tidak muncul di bbm android bisa berguna dan bermanfaat untuk anda, ya. Silakan bagikan artikel jika bermanfaat.