Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti” di Android

Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti” Di Android, Instagram, kini sedang naik daun. Hampir semua pengguna android menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi wajib yang harus terinstal di ponsel. Maklum, dengan instagram, kita bisa berbagi foto dan melihat foto-foto keren. Sayangnya Instagram juga tak lepas dari berbagai persoalan.

Sedang asyik-asyiknya main instagram, eh tiba-tiba log out dengan sendirinya? Siapa sih yang nggak bakal kesel? Kalau kamu pernah mengalami hal ini lengkap dengan pemberitahuan “sayangnya instagram telah berhenti” atau “unfortunately, instagram has stopped”, buru-buru deh kamu cek hape kamu. Tapi sebelum melakukan check up, kamu harus tahu dulu dong penyebabnya?

Tidak hanya pada instagram, masalah ini juga bisa terjadi pada aplikasi-aplikasi lainnya yang ada di hapemu, seperti facebook, BBM, picarts, Beauty plus, B612, dan sebagainya. Peristiwa seperti aplikasi yang berhenti dan keluar secara tiba-tiba adalah hal lumrah yang biasa dialami para pengguna hape android.

Penyebab “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

Meskipun kasus ini banyak terjadi, tapi ternyata masih banyak yang belum mengerti penyebab dan cara untuk mengatasinya. Ada beberapa sebab kenapa hape kamu bisa hang dan menyebabkan aplikasi keluar secara tiba-tiba, lalu memunculkan kata “sayangnya instagram telah berhenti” di antaranya yakni:

  1. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Maksudnya bagaimana sih kok ada aplikasi berjalan di latar belakang? Begini, misalnya kamu membuka instagram lalu kamu ingin membuka aplikasi lainnya dengan cara menekan tombol “kembali” pada hape androidmu di bagian bawah.

Maka sebenarnya aplikasi instagrammu masih terbuka alias masih berjalan sistemnya di layar belakang yang tidak terlihat. Semakin banyak aplikasi yang tidak kamu tutup, maka kinerja aplikasi yang sedang kamu buka akan semakin melambat dan akhirnya berhenti. Makin besar kemungkinan terjadi kalau ponsel kamu berspesifikasi rendah.

  1. Chace menumpuk

File sampah yang menumpuk akan membuat lemot kinerja androidmu. Mengapa? Sebab semua file sampah akan tetap bekerja dan berjalan selama ponsel kamu hidup.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk menghapus cache secara berkala, entah menggunakan aplikasi pembersih maupun dibersihkan secara manual.

  1. RAM penuh

Semakin kecil RAM yang kamu miliki maka semakin besar peluang untuk membuat aplikasi kamu berjalan lambat. Apalagi kalau RAM yang kecil, tapi masih kamu bebani dengan jumlah aplikasi yang sangat banyak, dan kamu paksa berjalan bersama dalam waktu bersamaan. Siap-siap dah hp kamu mati.

  1. Versi android telah usang

Sistem operasi andorid yang telah usang juga dapat mempengaruhi respon kinerja hape yang akan berimbas pada aplikasi. Bayangkan saja, kalau sekarang semua aplikasi di desain untuk android tipe Oreo, tapi ponsel kamu masil pakai OS Android Jellybean. Ya kayak orang dewasa kamu suruh pake baju anak-anak, pasti sobek lah bajunya.

Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

Nah, dengan mengetahui kemungkinan penyebab berhentinya aplikasi seperti empat hal di atas, maka kamu dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi “sayangnya instagram telah berhenti” di hape androidmu.

1. Tutup aplikasi yang berjalan di layar belakang

Langkah pertama untuk mengurangi kelemotan hape yang bisa menyebabkan munculnya “sayangnya instagram telah berhenti”  adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di layar belakang.

Caranya yaitu tekan tombol recent apps atau aplikasi baru-baru ini yang terdapat pada bagian bawah hapemu. Lalu tap “tutup semua”.

2. Hapus chace

Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti” di Android (2)

Caranya yaitu buka menu pengaturan lalu pilih “aplikasi”, kemudian pilih “instagram” dan klik “hapus chace”. Jika cara ini belum berhasil, lakukanlah penghapusan chace pada semua aplikasi menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, ccleaner atau lainnya. Banyaknya sampah yang menumpuk juga berpengaruh pada RAM hapemu.

Jadi, sebaiknya sering-seringlah menghapus cahce dan memeriksa kondisi RAM dengan membukanya di pengaturan hapemu. Jangan lupa, kamu juga harus membersihkan file sampah yang ada di Instagram.

Caranya, silakan kamu buka pengaturan (setelan) -> manager aplikasi (aplikasi terinstal) -> pilih aplikasi instagram -> lalu clear cache (bersihkan cache).

3. Update instagram

Bisa jadi aplikasi ini sering berhenti dengan sendirinya karena versi instagram perlu diperbarui. Memperbarui sebuah aplikasi sangat baik untuk menghilangkan segala bug (masalah) yang terjadi pada aplikasi.

Termasuk juga memperbarui tampilan dan fitur. Cara update instagram yaitu buka menu playstore, ketikkan “instagram” pada kolom pencarian lalu klik update. Jika cara ini belum bisa, kamu bisa mencoba cara lain seperti copot lalu pasang lagi aplikasi instagram.

4. Update sistem operasi android

Caranya yaitu buka menu pengaturan, pilih “tentang perangkat” lalu klik “pembaruan” lalu ikuti langkah selanjutnya seperti yang diintruksikan pada layar hape. Hanya saja, tidak semua perangkat android menerima pembaharuan OS android.

Terkadang memang harus ganti ponsel untuk bisa mengikuti perkembangan OS android.

5. Lakukan Reboot (Restart)

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi pada ponsel android adalah melakukan reboot atau restart. Hal ini juga berlaku pada instagram yang mengalami “sayangnya instagram telah berhenti”. Jadi silakan reboot terlebih dahulu. Meskipun memang, cara ini tidak mengatasi akar masalah.

Jika cara di atas masih juga tidak mengatasi persoalan “sayangnya instagram telah berhenti” mungkin kamu perlu melakukan Setel Ulang Ponsel Ke Bawaan. Cara ini akan mengembalikan ponsel kamu sebagaimana ketika baru pertama kamu beli. Kemungkinan untuk menyelesaikan persoalan kamu bisa mencapai 90 persen.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read