Tips Jitu Cara Mengatasi BBM Android Muncul Error, Tidak Bisa Di buka, dan Force Close Tanpa di duga, Sedang asyik-asyiknya chatting dengan pacar, tiba-tiba muncul kata Sayangnya, BBM Telah Berhenti. Kamu pasti bisa bayangkan bagaimana rasanya bukan? Rasanya ingin sekali banting ponsel. Tapi tahukah kamu kalau kamu tak sendirian, diluar sana ada banyak orang yang mengalami masalah sama dengan mu.

Mengatasi sayangnya bbm telah berhenti

Seringkali BBM di android Mengalami Macet, Error, Tidak Bisa Dibuka, atau Muncul Pesan Error misalnya “Unfortunately, BBM Has Been Stopped”, atau “Sayangnya BBM Telah Berhenti”.

Perlu kamu ketahui ada beberapa hal yang yang Membuat aplikasi BBM Error Atau Tidak Bisa Dibuka. Dan yang sering terjadi  BBM mengalami error dikarenakan penumpukan cache yang berlebihan, memori penuh, ada file BBM yang hilang atau mungkin rusak, dan penyebab lainnya.

Tetapi tenang saja karena ada banyak cara mudah mengatasi sayangnya BBM telah berhenti. Kamu cukup ikuti saja cara yang dibagikan oleh jurnalponsel ini. Semuanya dikupas tuntas hingga tidak akan ada lagi masalah BBM telah berhenti. Dan chatting kamu bareng pacar makin asyik.

Cara Mudah Mengatasi BBM Error Crash dan Tiba Tiba Keluar

Oke, sebelum kita bahas cara-caranya, kita samakan setingan ponsel kita terlebih dahulu. Kita gunakan setingan bahasa Indonesia saja ya. Makluk, ini bahasa hasil sumpah pemuda kita biar makin cinta sama tanah air. Untuk mengganti settingan bahasa, kamu bisa masuk ke menu Setting -> Additional Setting -> Language & Input -> Language -> Pilih bahasa Indonesia.

1. Lakukan Clear Cache atau File sampah

Kita mulai dengan membersihkan file cache. Cache biasanya didefinisikan sebagai file sampah. Walaupun sebenarnya ia bukanlah sampah. Cache adalah daftar riwayat perintah yang kamu lakukan ke sebuah aplikasi. Jadi tidak hanya terjadi pada aplikasi BBM.

Semua aplikasi sudah pasti memiliki data cahce. Semakin sering aplikasi kita gunakan, maka akan semakin cepat pula filenya menumpuk. Dalam jumlah sedikit, data cache penting keberadaanya. Tapi jika berlebihan, akan membebani kinerja ponsel.

Makanya kita dianjurkan untuk membersihkan cache secara berkala. Cache bisa kita bersihkan secara manual, bisa pula kita bersihkan menggunakan aplikasi. Jika kita ingin menggunakan aplikasi, kita bisa gunakan aplikasi cleaner.

Aplikasi cleaner akan membersihkan cache yang tidak kita gunakan atau bisa disebut file sampah. Menumpuknya file cache juga akan menyebabkan ruang di memori internal kita semakin sendikit. Pun juga bisa menyebabkan sebuah aplikasi semakin berat dijalankan.

Di aplikasi BBM, ia bisa menjadi salah satu penyebab munculnya tulisan ‘Sayangnya BBM Telah berhenti’. jadi ada baiknya bila kita bersihkan.

  • Nah untuk melakukan pembersihan file cache secara manual, kita bisa lakukan dengan cara membuka menu pengaturan -> lalu setelah itu buka managemen Aplikasi (beberapa ponsel ada yang terletak di dalam Setelan Tambahan) -> dari situ, silakan cari dan temukan aplikasi BBM -> Klik BBM sekali maka kamu akan melihat hapus cache.

Catatan: Itu adalah cara mengatasi sayangnya BBM telah berhenti pada Android versi Lollipop v5.1.1. Beberapa ponsel biasanya memiliki tampilan yang berbeda. Jadi silakan sesuaikan saja.

2. Hapus Data Aplikasi BBM

Cara berikutnya adalah menghapus data aplikasi BBM, hanya datanya saja bukan aplikasinya. Menghapus data BBM akan mengembalikan BBM sama seperti saat pertama kali di buka dan instal. Jadi serasa segar kembali.

Hanya saja cara ini akan menghapus seluruh data percakapan dan file yang ada di dalam aplikasi BBM kamu. termasuk juga update dan settingan BBM yang pernah kamu lakukan.

Makanya setelah kamu melakukan ini, kamu harus memasukkan akun untuk login kembali. Jadi ada baiknya cara ini kamu gunakan bila kamu ingat akun kamu. kalau tidak, akan bikin repot.

Sama seperti cara pertama, cara ini juga saya lakukan pada android versi Lollipop. Caranya:

  • Buka menu Pengaturan -» pilih Setelan Tambahan -» lalu klik Manajemen Aplikasi -» Cari dan temukan aplikasi BBM -» Kemudian tap Hapus Data.

Pada beberapa ponsel, biasanya menunya berbeda. Saya masih menggunakan android versi Lollipop untuk melakukan cara di atas. Tinggal kamu sesuaikan saja. oh ya, hapus Data tidak akan menghilangkan kontak BBM kamu.

3. Paksa Berhenti Aplikasi BBM

Sebenarnya memaksa berhenti BBM harus kamu lakukan begitu kamu telah menghapus data BBM dan cache. Soalnya ketika kamu membuka aplikasi BBM, lalu kamu tutp dengan cara klik back (kembali), maka sebenarnya kamu tidak benar-benar menutup aplikasi BBM.

Melainkan BBM masih berjalan di latar belakang. Untuk benar-benar menutup BBM, kamu harus memaksanya berhenti atau bisa juga disebut force stop. Caranya:

  • Buka menu Pengaturan -» pilih Setelan Tambahan -» lalu klik Manajemen Aplikasi -» Cari dan temukan aplikasi BBM -» Kemudian tap Paksa Berhenti.

4. Lakukan Pembaharuan BBM atau Update

Cara berikutnya untuk mengatasi BBM yang mucul kata “Sayangnya BBM telah berhenti” adalah dengan melakuakn update BBM atau pembaharuan. Update BBM bisa bermanfaat untuk menghilangkan segala bug atau kerusakan pada BBM.

Selain itu update aplikasi BBM juga bisa membuat BBM kamu berada pada versi terbaru dan biasanya juga mendapatkan fitur serta tampilan baru. Untuk melakukan update, caranya cukup mudah, kamu hanya:

  • Buka Aplikasi Google Play Store -> lalu tab pada ikon yang terletak di pojok kiri atas -> silakan tab lagi pada Aplikasi & Game Saya -> silakan cari dan temukan Aplikasi BBM -> klik sekali dan lakukan update.

Masalahnya adalah bagaimana jika tidak update baru? Bagaimana cara memperbarui file BBM yang rusak tapi tidak ada update-an?

Its so easy kawan. Tapi memang tidak bisa diperbarui, yang bisa adalah diinstal ulang. Jadi satu-satunya cara adalah kamu hapus dulu BBM yang telah kamu instal, lalu download ulang aplikasi BBM di Play store.

Penyebab file aplikasi BBM rusak biasanya disebabkan karena kita salah menghapus cache secara manual di file manager. jadi lebih baik kalau kita gunakan aplikasi cleaner atau pembersih saja. atau gunakan juga aplikasi anti virus

5. Downgrade BBM Ke Versi Lama

Jika update dan download ulang BBM tidak bisa mengatasi persoalan, maka kita coba untuk menurunkan versi aplikasi BBM ke versi yang lama. Kemungkinan versi teranyar BBM tidak kompatible dengan perangkat android kamu.

Untuk download BBM versi lama, tidak bisa dilakukan melalui Play store. sebab yang ada di play store adalah versi terbaru. Maka kita akan download melalui pihak ke tiga. Caranya, kamu buka browser lalu search aplikasi BBM versi dibawah yang kamu gunakan.

Misalnya saat ini kamu menggunakan versi 2.1.1, maka kamu bisa download versi 2.1.0. intinya yang lebih lama dari versi sekarang. Jangan lupa, sebelum melakukan instal versi lama, unistal dahulu versi baru yang ada di ponsel kamu.

  • Buka Browser -> Search BBM Versi Lama -> Instal

Kalau masih tidak bisa, mungkin kamu bisa menggunakan cara berikutnya.

6. Upgrade Versi Android Anda

Kalau kebetulan ponsel android kamu masih menerima pembaharuan versi android, silakan kamu perbarui terlebih dahulu. Hal ini juga bisa mengatasi ‘sayangnya BBM telah berhenti’. terutama karena adanya bug.

Sebab biasanya, aplikasi BBM terbaru disesuaikan dengan android versi baru juga. Jadi silakan update terlebih dahulu. Siapa tahu penyebabnya adalah versi android kamu. caranya:

  • Buka menu pengaturan -> tentang ponsel -> pembaharuan sistem.

7. Matikan, Cabut Baterai, SIM Card, Dan SD Card

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi BBM muncul kata Sayangnya BBM Telah Berhenti adalah mematikan smartphone. Lalu kamu lengkapi dengan mencabut baterai, sim card dan juga sd card. Meski terkesan aneh, tapi ini terkadang juga bisa mengatasi.

Toh tidak ada salahnya kan mencoba. Jika kamu malas melakukanya, cobalah untuk reboot saja. siapa tahu hanya dengan reboot, aplikasi BBM bisa kembali normal. Untuk mematikan atau reboot, kamu cukup tekan tombol on – off, lalu pilih reboot atau matikan.

Bagaimana Cara Lain Mengatasi ‘Sayangnya BBM Telah Berhenti’?

Sejauh ini, beberapa cara di atas adalah yang paling efektif. Tapi jika masih belum berhasil, mungkin kamu bisa membaca beberapa tulisan lain untuk mengatasi BBM error, pending dan lemot. Sebagai pelengkap, ada baiknya bila kamu gunakan aplikasi cleaner dan aplikasi anti virus.

Aplikasi cleaner dan aplikasi antivirus cukup efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan file. Jadi pilihlah salah satu yang menurut kamu terbaik dan gunakan.

Baca juga: 15+ Aplikasi Anti Virus Untuk Hp Android, Unduh Dan Download AntiVirus Security-Free

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatasi “Sayangnya, BBM Android Telah Berhenti” di HP Android Mudah Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika kamu punya cara lain, silakan berbagi pada kami dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu ya jika bermanfaat.