Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android, Siapa yang tidak kenal instagram? Salah satu media sosial yang kini amat terkenal karena banyak menyajikan fitur-fitur menarik. Bahkan facebook saja sampai mengakuisisinya.

Aplikasi media sosial yang satu ini sangat populer karena fitur-fiturnya seperti upload foto dan video, membuat stories, boomerang, siaran langsung, mengadakan polling, serta bisa mengikuti akun para artis, pendakwah, motivator yang memungkinkan kita mendapatkan banyak informasi secara langsung.

Tidak hanya itu, instagram juga diminati banyak kalangan karena selain mudah dan cepat untuk urusan mengunggah foto atau video aktivitas sehari-hari, aplikasi ini juga menjadi pasar online yang menyediakan banyak pilihan produk dari akun penjual dan diburu oleh akun pembeli.

Sudah tidak dapat disangkal lagi bahwa keberadaan instagram banyak digandrungi para pengguna android. Apalagi berbagai merk ponsel pintar telah didukung dengan aplikasi instagram seperti oppo, samsung, vivo, azus, lenovo, xiomi, smartfren, advan, huawei, LG, sony, dan masih banyak lainnya.

Dengan demikian, eksistensi instagram telah diakui oleh banyak pihak sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh masa kini.

Instagram process.com.instagram.android has stopped working

Namun sebagus apapun sebuah aplikasi, pasti ada kekurangannya, termasuk instagram. Sebagaimana biasanya pepatah umum, tak ada gading yang tak retak. Seperti masalah yang dialami oleh beberapa pengguna instagram yakni munculnya pesan berbunyi, “process.com.instagram.android has stopped working”.

Siapapun yang membaca pesan eror seperti ini pasti akan bingung jika tidak tahu penyebab dan solusinya. Jika anda mengalami hal seperti ini, beberapa penyebab yang mungkin memicu adalah menumpuknya cache atau adanya data yang rusak. Cara mengatasinya di antaranya sebagai berikut.

1. Matikan Aplikasi Lain

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Sebelum kamu menghapus cache ada baiknya kamu mematikan seluruh aplikasi lain yang berjalan di ponsel kamu. banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang pasti akan menyebabkan ponsel android kamu bekerja dengan sangat berta.

Maka jangan heran bila muncul kata process.com.instagram.android has stopped working, yang langsung membuat instagram kamu berhenti secara tiba-tiba. Aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi yang tidak kita tutup secara sempurna.

Nah tahukah kamu, kalau kamu menutup aplikasi hanya dengan menekan tombol back (kembali) sebenarnya aplikasi tidak benar-benar tertutup. Melainkan masih berjalan di latar belakang.

Cara untuk menutup aplikasi secara sempurna adalah dengan menekan tombol recent apps, lalu klik close (tutup). Atau kamu juga bisa menutup aplikasi dengan paksa melalui pengaturan (setelah) -> lalu klik manager aplikasi -> pilih aplikasi yang terbuka dan force close (tutup paksa).

2. Menghapus Data

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Menghapus data aplikasi instagram adalah cara pertama yang perlu anda lakukan untuk menghentikan pesan eror tersebut. Dengan menghapus data, akun instagram anda akan kembali pada aturan semula. Artinya, semua basis data, history, data log in, cache dan lain sebagainya akan terhapus permanen.

Akibatnya, anda harus mengetikkan email dan password kembali untuk masuk ke akun instagram, seperti ketika baru pertama kali memakainya. Langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi instagram yakni:

  • Bukalah menu pengaturan di android anda.
  • Pilih aplikasi kemudian cari instagram lalu tap.
  • Setelah itu pilih “paksa berhenti” dan “hapus data”.

Lengkapilah cara manual penghapusan data aplikasi di atas dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih file sampah (cache) seperti clean master, CM Booster, tap cleaner, Ccleaner, atau aplikasi lainnya. File sampah yang menumpuk dapat menyebabkan android anda lemot, macet, rusak, dan eror.

Mengapa demikian? Karena file ini dapat memenuhi RAM dan ROM pada android anda, jadi luangkanlah sedikit waktu untuk menghapus cache secara berkala sebagai bagian dari perawatan ponsel pintar kesayangan anda.

3. Menginstal Ulang Aplikasi

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Jika cara pertama belum berhasil melancarkan jalannya aplikasi instagram anda, maka lakukanlah pencopotan aplikasi tersebut lalu instal lagi dengan versi yang terbaru. Ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  • Bukalah menu playstore di hape android anda. Lalu usap layar ke kanan kemudian pilih “aplikasi dan game saya”.
  • Cari “instagram” lalu tap.
  • Tap uninstal.
  • Jika sistem sudah selesai mencopot, restart dulu android anda.
  • Kemudian buka kembali menu playstore seperti langkah pertama dan cari instagram lalu pilih instal.
  • Setelah berhasil memasang, restart kembali hape android anda.
  • Setelah hape menyala kembali, tunggu sekitar tiga sampai lima menit, lalu anda bisa mencoba masuk ke akun instagram untuk memastikan apakah sudah bisa berjalan normal kembali.

4. Reboot Android

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Reboot adalah cara yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di android. mulai dari lelet, lemot, jalan lambat, dan masalah-masalah lainya. Termasuk juga berbagai masalah di aplikasi Instagram.

Jadi jika kamu menemukan instagram mengalami process.com.instagram.android has stopped working, cobalah untuk melakukan reboot (restart) terlebih dahulu. Caranya, silakan klik tombol on/off lalu pilih reboot.

Semoga cara ini berhasil. Walau memang biasanya hanya menyelesaikan masalah salam waktu sesaat.

5. Downgrade Instagram

Cara Mengatasi “process.com.instagram.android has stopped working..” di Android

Baiklah, jika semua cara di atas tidak bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan masalahmu. Cobalah untuk update OS android kamu, jika ternyata ponsel tidak menerima update OS Android. Maka jalan terbaiknya adalah melakukan Downgrade Instagram.

Downgrade Instagram bertujuan untuk menyesuaikan versi Instagram dengan versi OS Android yang kamu gunakan. Kemungkinan cara ini juga bisa menyelesaikan masalah process.com.instagram.android has stopped working.

Untuk downgrade instagram, kamu harus terlebih dahulu hapus instagram yang kamu gunakan. Baru setelah itu download instagram versi lama melalui browser.

Akhir Kata

Semoga cara-cara di atas bisa mengatasi process.com.instagram.android has stopped working. Jangan lupa, bagikan artikel jika bermanfaat.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read

Cara Daftar dan Syarat Membuat NPWP Offline & Online

Jika kamu pernah belajar mengenai teori negara, kamu mungkin pernah mendengar Teori Perjanjian sebagai salah satu teori pembentukan negara. Tokohnya adalah Thomas Hobbes, John...
litalia
6 min read

6 Cara Cek Nomor Indosat Im3 dan Mentari Sendiri

Pernahkah kamu mengalami kejadian lupa dengan nomor Indosat Im3 atau Mentari sendiri ketika ditanya teman atau ingin mengisi pulsa? Jika demikian, mungkin masalah kamu...
litalia
2 min read