7 Cara Mengatasi Notifikasi BBM Tidak Berbunyi dan Tidak Muncul

7 Cara Ampuh Mengatasi Notifikasi BBM Android Yang Tidak Berbunyi Dan Tidak Muncul, Pernah mengalami BBM notifikasinya hilang dan tidak berbunyi ketika menerima pesan masuk? Tenang saja, itu hal yang biasa dialami oleh banyak pengguna BBM di android. Maklum, karena setiap aplikasi pasti masih memiliki bug tersendiri. So, bila itu terjadi pada kamu, JurnalPonsel punya ulasan bagaimana cara mengatasi notifikasi BBM tidak berbunyi dan tidak muncul.

notifikasi BBM tidak berbunyi dan tidak muncul

Mengatasi Masalah Notifikasi BBM Tidak Berbunyi Dan Tidak Muncul

1. Cek Setelan BBM Android

Bagaimanapun setiap aplikasi memiliki pengaturannya sendiri agar bisa disesuaikan oleh pengguna. Aplikasi BBM pun demikian. Ia memiliki pengaturan dengan jumlah yang beragam dan berbeda-beda.

Maka hal pertama yang karus kamu lakukan ketika menemukan BBM kamu ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan kamu, termasuk jika notifikasi aplikasi BBM tidak berbunyi dan tidak muncul.

Cobalah cek pengaturan aplikasi BBM kamu. Jangan-jangan kamu lupa melakukan ceklist pada bagian notifikasi BBM.

Kamu bisa cek apakah kamu telah melakukan ceklist atau belum dengan cara masuk ke setelan (setting) aplikasi BBM. Caranya cukup kamu klik sekali simbol strip bertumpuk tiga di bagian pojok kiri atas. lalu pilihlah kata setelan (setting) di atas kata kaporan masalah yang memiliki simbol gigi rantai.

Setelah itu, kamu akan melihat kata Notifikassi, klik sekali. Setelah masuk, kamu akan melihat tiga pilihan yang bisa kamu sesuaikan. Yaitu: Ikon BBM terhubung -> silakan ceklist, lalu Notifikasi -> silakan pilih hidup, dan Ping dan Notifikasi Prioritas -> silakan pilih hidup juga.

Pada bagian Notifikasi, jangan lupa untuk ceklist semua, termasuk Ikon BBM Terhubung, Getar, Bunyi BBM, Semua Nofikasi, dan warna LED.

Setelah itu silakan coba gunakan aplikasi BBM, apakah notifikasi sudah muncul dan berbunyi atau belum. Jika masih belum berbunyi tapi sudah muncul. Kemungkinan kamu melewatkan satu hal berikut yang ada di poin nomor 2.

2. Cek Notifikasi Android

Jika cara di atas telah anda lakukan, tapi notifikasi aplikasi BBM masih juga tidak berbunyi namun sudah muncul. Berarti ada kemungkinan settingan ponsel kamu yang belum sesuai.

Ya, bisa saja saat ini kamu sedang membuat ponsel kamu dalam mode senyap, sehingga seluruh notifikasi tidak berbunyi. Atau bisa juga saat ini, pengaturan ponsel kamu sedang menyembunyikan semua pemberitahuan yang masuk.

Jadi kamu harus melakukan beberapa hal:

  • Buat ponsel kamu untuk tidak berada dalam mode senyap atau sillent. Kamu bisa melihat dan mengaturnya melalui menu pengaturan (setelan), lalu pilih suara pada bagian perangkat. Silakan di cek.
  • Kamu bisa pula lihat setingan volume, suara dan getar. Pastikan semuanya dalam keadaan aktif. Jangan sampai volume untuk notifikasi yang masuk hanya 0 suara.
  • Pastikan bahwa bagian “Tampilan Pemberitahuan” terceklist semuanya. Kamu bisa melihatnya pada bagian menu System Setting -» Aplikasi -» BBM, silakan kamu sesuaikan.

Setelah itu, seharusnya notifikasi aplikasi BBM sudah berbunyi dan mucul. Jika belum cobalah untuk restart smartphone android, lalu gunakan kembali aplikasi BBM dan cek notifikasinya, sudah bisa atau belum. Jika masih belum, kita gunakan cara mengatasi BBM notifikasinya tidak berbunyi dan tidak mucul yang ketiga.

3. Hapus Data dan Cache Aplikasi BBM

Aplikasi BBM masih tidak berbunyi dan tidak muncul notifikasinya? Baiklah kita gunakan cara berikutnya: Hapus Data dan Cache. Beberapa ponsel ada yang membedakan antara data dan cache, sementara yang lainya ada pula yang menyatukanya dengan nama data cache.

Cache itu merupakan riwayat pada apa yang pernah kamu lakukan dengan aplikasi BBM kamu, sementara data aplikasi BBM adalah semua data yang ada dalam BBM. Termasuk pengaturan, percakapan, dan lainya.

Jika kita menghapus Cache, sekilas kita tidak akan menemukan perbedaan antara sebelum dan sesudah cache di hapus. Sementara kalau kita hapus data, maka kita akan kehilangan seluruh riwayat percakapan dalam aplikasi BBM. Bahkan kita harus login kembali untuk bisa masuk ke aplikasi BBM.

So, hapus cache bisa kamu lakukan kapan saja, sementara hapus data BBM, sebaiknya kamu lakukan dalam keadaan terpaksa. Cara untuk melakukanya, keduanya hampir sama. Menu antara hapus cache dengan hapus data biasanya bersebelahan atau atas bawah.

Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan ponsel -> pilih aplikasi terinstal -> cari dan klik aplikasi BBM -> lalu lihatlah tulisan clear cache atau clear data. Silakan pilih mana yang ingin kamu lakukan. Ada baiknya clear data terlebih dahulu.

Setelah itu, lihat respon aplikasi BBM kamu. Apakah notifikasi sudah muncul dan berbunyi atau belum. Jika belum, baru kamu lakukan clear data.

4. Paksa Berhenti BBM (Force Stop)

Sudah kamu lakukan semua upaya di atas untuk mengatasi BBM notifikasinya tidak muncul dan tidak berbunyi, sepertinya kamu harus memaksa BBM kamu berhenti untuk sementara waktu.

Mengapa harus paksa berhenti? Tidak cukupkah hanya di close saja? nyatanya ketika kamu menutup aplikasi dengan menekan tombol back atau kembali, aplikasi BBM tidak benar-benar tertutup. Ia masih ada di recent apps.

Terlebih juga, aplikasi BBM masih berjalan di latar belakang ponsel kamu. Buktinya notifikasi ikon BBM di bagian atas layar kamu masih hidup. Untuk benar-benar membuat aplikasi BBM berhenti, maka harus dilakukan force stop atau paksa berneti.

Caranya, kamu bisa mulai dengan buka Pengaturan » pilih setelan tambahan (ada juga yang aplikasi dan sistem) -» Manajemen Aplikasi (ada juga yang langsung aplikasi terinstal) -» Cari dan klik ikon aplikasi “BBM” -» Kemudian lihat kata “Paksa Berhenti”, klik dibagian itu.

5. Reboot android

Jika masih tidak mucul dan berbunyi notifikasinya, kemungkinan beban aplikasi yang berjalan pada ponsel kamu terlalu berat. Ada baiknya kamu hentika semua aplikasi yang berjalan. Kamu bisa lihat dengan menekan tombol recent apps. Lalu hilangkan semua aplikasi dari recent apps.

Atau untuk cara lebih mudahnya, silakan lakukan reboot. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di android. Entah itu cara mengatasi BBM android error, pending dan lemot. Termasuk juga mengatasi notifikasi BBM yang tidak berbunyi dan tidak muncul.

Untuk melakukanya, kamu bisa mulai dengan menekan tombol on/off lalu pilih reboot. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

6. Unduh BBM Versi Terbaru

Jika sampai di tahap ini BBM kamu masi belum menunjukkan notifikasinya, sepertinya file aplikasi BBM kamu ada yang rusak atau terkena virus.

Maka solusi yang bisa kamu lakukan adalah melakukan update BBM. Update BBM juga sangat ampuh untuk menghilangkan segala bug yang terjadi. Untuk melakukanya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Play Store. setelah itu, klik simbol yang terletak pada bagian pojok kiri atas. klik sekali dan lanjutkan dengan klik Aplikasi & Game Saya. lalu cari aplikasi BBM san lakukan update.

Jika ternyata tidak ada update yang bisa kamu terima. Berarti aplikasi BBM kamu benar-benar rusak. Maka jalan satu-satunya adalah instal ulang aplikasi BBM kamu. Silakan hapus aplikasi BBM kamu yang lama, lalu download kembali aplikasi BBM di Google Play Store.

Untuk menjadikan android kamu aman dari virus yang bisa merusak aplikasi BBM, kamu bisa gunakan salah satu aplikasi anti virus.

7. Factory reset

Jika seluruh cara di atas masih juga tidak bisa mengatasi BBM notifikasinya tidak berbunyi dan tidak muncul, maka jalan terakhir adalah melakukan factory reset atau hard reset. Cara ini dikenal pula dengan nama setel ulang ponsel ke setelan pabrik.

Memang dengan mengambil jalan factory reset, berarti kita akan mengembalikan setelah ponsel ke setelan awal seperti saat pertama kali kita beli. Dengan begitu, kita juga akan kehilangan seluruh data dan aplikasi yang kita download dari pihak ketiga.

Termasuk juga aplikasi BBM, yang akan ikut terhapus. Jadi cara ini adalah upaya terakhir. Jangan lakukan bila ada upaya lain. Sangat disayangkan bila kamu harus kehilangan data yang ada di ponsel kamu.

Cara untuk melakukan factory reset adalah dengan masuk ke pengaturan -> cari setelan tambahan -> setel ulang (factory reset).

Adakah Cara Lain?

Sejauh ini, hanya itu yang bisa jurnalponsel bagikan, jika kamu punya cara lain untuk mengatasi BBM notifikasinya tidak berbunyi dan tidak muncul. Silakan berbagi kepada kami.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read