Cara Ampuh Mengatasi Lupa Kata Sandi/Password BBM di Android

Cara Ampuh Mengatasi Lupa Kata Sandi/Password BBM di Android, BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi pesan instan (instant mesengging) yang awalnya secara eksklusif tersedia hanya untuk perangkat BlackBerry. Sebelum khirnya kini, juga tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan chat dengan mengirim berbagai jenis pesan dan konten.

Dengan segala kelebihan dan fiturnya, aplikasi chatting ini langsung di gemari oleh pengguna smartphone sejak pertama kali diluncurkan. Yang menarik tentu saja keberadaan PIN BBM sebagai ID bila ingin melakukan chatting. Bahkan dulu, sebelum smartphone semarak seperti sekarang ini, PIN menjadi sesuatu yang punya nilai prestise tersendiri.

Tapi untuk untuk bisa mendapatkan PIN, kita harus memiliki BlackBerry ID (BBID) dan password khusus yang kita gunakan untuk mendaftarkan diri pertama kali di aplikasi BBM. Karena hanya digunakan saat pertama kali mendaftar, maka tak jarang, beberapa pengguna lupa password BBM-nya.

Cara Mengatasi Lupa Password BBM

Meski demikian, kamu tak perlu kawatir. Lupa password BBM bukan lah akhir segalanya. Kamu juga tak perlu harus membuat akun baru lagi hanya karena lupa password. Sayangkan kalau buat akun baru, sebab kamu akan kehilangan kontak yang sudah tersimpan sebelumnya.

Nah, kalau kamu lupa kata sandi atau password BBM. Kamu cukup ikuti cara di bawah ini, kamu bisa pilih sesuai akun yang kamu gunakan. Apakah kamu menggunakan nomor ponsel, atau menggunakan email sebagai akun BBM kamu.

1. Lewat Email

Saat pertama kali kamu mendaftar ke BBM, kamu bakal diberi pilihan, apakah akan mendaftar menggunakan email atau memilih menggunakan nomor Hp kamu. Nah, sama dengan hal itu, kamu juga bisa mengembalikan akun BBM yang lupa passord dengan email atau nomor hp.

Yang pertama, kita coba dengan menggunakan email terlebih dahulu. Cara ini akan membawamu untuk meminta bantuan ke pihak BlackBerry secara langsung. Bagaimana caranya?

  • Buka terlebih dahulu aplikasi BBM yang kamu miliki. Kamu akan melihat pilihan untuk login. Tapi karena kamu lupa password kamu, maka secara otomatis kamu tidak bisa login atau gagal terus ketika login. Tapi jangan ditutup dulu, pada bagian kata sign in, kamu bisa lihat kata Forgot Password. Silakan klik kata itu.
  • Masih kamu akan diarahkan ke tampilan yang barus dengan bertuliskan Reset password. Silakan kamu masukkan alamat email yang sama dengan yang kamu ketikkan sebagai akun BBM kamu. lalu jangan lupa, ketikkan pula sejumlah huruf sebagai verifikasi kode yang berada di bawah email kamu. setelah itu klik kata submit. Kalau kamu tidak mengerti dengan huruf verifikasi kode nya, silakan klik refresh the image dulu.
  • Kamu sebenarnya telah meminta pihak BlackBerry mengirimkan alamat link (address link) untuk kamu melakukan reset password. Jadi silakan buka email yang telah kamu tuliskan tadi melalui browser. Cari email dari BlackBerry. Di situ kamu akan melihat tulisan Change your BlackBerry ID password. Silakan klik tulisan itu.
  • Kamu akan di arahkan ke jendela baru. Silakan masukkan password baru pada bagian New Password, dan ketikkan ulang password yang sama di bagian Confirm Password. Setelah itu klik Submit pada bagian bawah.

Beres, kini kamu sudah punya password yang baru dengan akun lama kamu. kamu tidak perlu repot-repot bikin akun BBM baru lagi. Kamu juga tidak perlu kehilangan kontak lama kamu.

Tinggal buka BBM, masuk dengan alamat email tadi dan password baru yang telah kamu buat.

Ingat, cara ini hanya bisa kamu lakukan bila kamu ingat email dari akun BBID yang kamu gunakan. Kalau tidak, tidak akan bisa digunakan.

2. Lewat Nomor Handphone

Pada versi BBM yang lama, kita tidak akan bisa mendaftar ke BBM dengan menggunakan Nomor Hp. Tapi di versi yang baru, pengguna BBM bisa memilih, apakah akan mendaftar menggunakan alamat email atau No. Hp.

Mendaftar BBM dengan menggunakan nomor Hp bisa menjadi pilihan paling tepat untuk kamu yang mudah lupa email. Sebab kalau menggunakan nomor hp, sekalipun kamu lupa passwordnya, kamu masih bisa mengembalikanya dengan mudah.

Caranya:

  • Pertama tentu kamu harus membuka aplikasi BBM. Lalu lanjutkan dengan coba memasukkan nomor hp yang kamu gunakan untuk mendaftar beserta passwordnya. Kalau kamu lupa passwordnya. Tenang saja., sangat mudah mengembalikanya. Lebih mudah ketimbang menggunakan email.
  • Klik saja bagian Forgot Password, lalu lanjutkan dengan mengisikan nomor hp kamu ke kotak yang telah disediakan. Jangan lupa isikan set kode sesuai dengan negara kita ya, Indonesia.
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi pada kolom bagian bawah. Isi sesuai dengan yang diminta ya. Kalau kamu tidak bisa membacanya, kamu bisa klik refresh the image. Setelah itu, klik saja Submit.
  • Tunggu beberapa detik, kamu akan menerima kode verifikasi yang masuk lewat SMS. Silakan kamu ketikkan kode verifikasi tersebut ke kotak baru yang disediakan. Lalu klik Verify.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan membuat password baru. Jangan lupa ketik ulang password baru pada bagian confirm password.
  • selesai

Kini kamu sudah bisa mengembalikan akun BBM lama kamu. kamu sudha tahu cara mengatasi lupa kata sandi di BBM dan saatnya membagikan cara tersebut ke teman kamu. dengan begini, kamu tidak perlu kehilangan kontak teman-teman kamu hanya karena lupa password BBM. Oh ya, saya sarankan, sebelum kamu logout atau ganti hp, cek BBID kamu terlebih dahulu.