Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik, Instagram kini merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi banyak kalangan, dari muda sampai tua, dari artis sampai pejabat, dari anak sekolah sampai yang sudah menikah.

Tak heran jika pihak pengembang instagram terus melakukan inovasi untuk semakin membuat betah para penggunanya dan menarik perhatian pada mereka yang belum memiliki akun instagram. Salah satunya terkait dengan fitur uploas video.

Jika pada tahun 2013 upload video hanya bisa berdurasi 15 detik, maka sejak 2016 instagram telah menambah panjang video menjadi 60 detik. Selain itu, tampilannya juga berganti dengan logo berwarna merah.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video

Sayangnya, fitur upload video 60 detik ini terkadang mengalami masalah, dimana belum bisa semua pengguna menikmatinya. Sering kali ada masalah terkait dengan ponsel yang digunakan oleh pengguna untuk upload video instagram 60 detik.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna yang belum bisa mengunggah video 60 detik ini, tak perlu kawatir. Sambil ngopi dan sarapan pagi, saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi instagram tak bisa upload video 60 detik. Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya.

1. Hapus cache

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

Setiap aktivitas yang kita lakukan pada aplikasi di android akan menimbulkan tumpukan file sampah (cache). Semakin banyak cache yang menumpuk, RAM hapemu akan semakin berkurang kapasitasnya sehingga bisa membuat lemot kinerja android.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu sering luangkan waktu untuk menghapus cache dan memeriksa kapasitas RAM. Cara menghapus cache yaitu buka menu pengaturan lalu pilih “aplikasi”, kemudian pilih “instagram” dan klik “hapus cache”.

Jika belum berhasil, lakukanlah penghapusan cache pada semua aplikasi menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, ccleaner atau lainnya. Untuk memeriksa kapasitas RAM kamu bisa melakukannya dengan membuka menu “pengaturan” lalu pilih “pemeliharaan perangkat”.

2. Hapus data instagram

Jika kamu sudah mencoba langkah pertama di atas, tetapi belum berhasil maka lakukanlah penghapusan data instagram.

Cara ini sangat efektif untuk membersihkan data secara manual dan membuat aplikasi instagram kembali pada kondisi default yang seperti baru akan dipakai untuk pertama kalinya.

Mengapa demikian? Sebab kamu akan melakukan log in untuk membukanya, seperti pada penggunaan awal. Cara ini benar-benar membersihkan seluruh data yang disimpan secara otomatis saat kamu memainkan instagram dahulunya.

Cara menghapus data pada instagram adalah dengan membuka menu “pengaturan”, pilih “aplikasi”, klik “instagram”, pilih “penyimpanan” lalu pilih “hapus data” dan “hapus memori”.

Cara ini bisa kamu gunakan pada samsung android. Jika hapemu tidak bermerk samsung pun tak apa, kamu bisa menyesuaikan langkahnya sesuai pilihan submenu yang ada di hapemu.

3. Instal ulang

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

Versi aplikasi yang lama mungkin membuat instagrammu belum bisa menggunakan fitur secara maksimal, salah satunya mengupload video 60 detik ini.

Jadi ada baiknya kamu memperbarui aplikasi instagram dengan versi terbaru atau bisa juga dengan cara mencopot pemasangan instagram lawas lalu instal ulang dengan versi yang baru. Caranya yaitu dengan membuka menu “playstore” lalu ketikkan “instagram” pada kolom pencarian.

Pilihlah versi instagram terbaru yang asli dengan cara melihat ulasan atau komentar para pengunduh yang ada di bagian bawahnya. Jika sudah menemukan yang tepat, klik update jika kamu belum mencopot versi lama atau klik instal apabila kamu sudah mencopotnya terlebih dahulu.

Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi instagram terbaru kemudian log in dan cobalah mengunggah videonya. Jika tidak kamu lakukan instal ulang, kamu bisa juga hanya memperbaruinya saja.

Cara memperbarui instagram juga hampir serupa dengan instal ulang. Cukup kamu buka google play store -> lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas -> lanjutkan dengan klik aplikasi dan game saya, baru cari aplikasi instagram dan lakukan update.

4. Reboot smartphone

Kalau kamu masih belum bisa mengunggah video 60 detik, padahal sudah melakukan ketiga langkah di atas, mungkin androidmu perlu direboot untuk menetralkan kembali kinerjanya.

Cara melakukan reboot yaitu bersihkan cache dengan aplikasi pembersih yang ada di androidmu lalu matikan hapemu. Setelah itu, cabut baterai, kartu memori, dan kartu SIM selama satu menit.

Pasang kembali satu per satu kemudian hidupkan hape dan coba lagi log in ke akun instagram kamu untuk mengunggah videonya. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi segala masalah yang terjadi pada ponsel. Meski hanya untuk sementara waktu.

5. Buat multi akun

Jangan heran kalau saat ini, di instragam kamu bisa membuat lima akun sekaligus dalam satu hape. Hal ini memang salah satu keunggulan yang dimiliki oleh instagram.

Kamu bisa membuat akun instagram lain untuk mencari tahu penyebab gagalnya mengunggah video berdurasi semenit ini. Jika pada akun terbaru kamu bisa mengunggahnya, maka bisa disimpulkan sementara bahwa pembaharuan instagram dengan fitur video 60 detik ini belum dilakukan secara merata pada seluruh akun.

Kemungkinan alasannya adalah untuk menghindari bandwith server mengalami overload alias kewalahan. Jadi, mungkin kamu harus bersabar jika pada akun lamamu masih belum bisa menikmati fitur video 60 detik. Tetaplah berprasangka baik dan terus mencoba pada hari-hari berikutnya.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah instagram tak bisa upload video 60 detik. Kalau masih tidak bisa mengatasi, kamu bisa terapkan factory reset.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read