Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain

2 min read

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain, Adanya gangguan dalam sebuah aplikasi adalah hal yang biasa dialami oleh para pengguna ponsel pintar. Tak terkecuali ketika kamu sedang memainkan instagram lalu menemukan kenyataan bahwa kamu tidak bisa melakukan follow pada akun seseorang yang sangat penting bagimu.

Kamu pasti bingung jika mendapati layar androidmu menampilkan pesan seperti “no users found”, “action not allowed”, atau “the maximum number of requests per hour has been exceeded”. Haduh, tambah puyeng kan kalau kamu tidak tahu apa artinya kalimat tersebut.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow

Itu adalah berbagai masalah yang menyebabkan kamu tidak bisa follow orang lain. Padahal follow orang lain penting untuk kamu lakukan. Follow orang lain bertujuan agar kamu lebih mudah mengikuti aktivitas orang yang kamu follow.

Selain itu, beberapa akun yang diprivat hanya bisa kamu lihat bisa kamu menjadi followernya. Follow orang lain juga bertujuan agar orang yang kamu follow membalas dengan memfollow kamu juga. Ya, itung-itung nambah follower.

Tapi bagaimana jika tiba-tiba akun kamu tidak bisa memfollow, padahal kan follow itu penting untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Tak Bisa Follow Orang Lain

Ada beberapa penyebab mengapa akun instagrammu tidak bisa memfollow akun lagi, yakni:

  1. Melewati Batas Maksimum Follow

Seperti facebook yang membatasi jumlah pertemanan pada sebuah akun, instagram juga demikian. Kamu hanya bisa mengikuti maksimal 7500 akun. Wajar dan sah saja jika setiap akun dibatasi jumlah pertemanan, sebab banyak sekali pengguna instagram di dunia ini.

Jika tidak berbatas, bisa-bisa server bandwithnya kewalahan karena aktivitas di instagram yang tidak dapat dikendalikan.

  1. Terlalu Sering Memfollow

Kalau kamu adalah pengguna baru di instagram, bisa jadi keinginanmu untuk segera eksis bisa terlampiaskan dengan mengikuti akun banyak orang agar difollow kembali. Tetapi jangan sampai hal ini membuatmu kalap sehingga dalam beberapa menit kamu sudah memfollow 50 akun, misalnya.

Aktivitas ini akan dinilai tidak wajar oleh tim instagram karena batas maksimal untuk memfollow dalam satu jam hanya 20 akun saja. Kalau lebih dari itu, kamu bisa mendapat teguran seperti tidak bisa memfollow akun lagi sampai batas waktu yang ditentukan.

  1. Terlalu Sering Me-Like

Pada intinya, segala sesuatu yang berlebihan itu memang bukan hal yang baik. Termasuk kegiatan menekan tombol jempol (like) di media sosial, khusunya instagram. Kamu hanya bisa melakukan maksimal 300 like per jam.

Jika melebihi ketentuan ini, kamu akan mendapat teguran seperti tidak bisa melakukan like, follow, hastag dan komentar dalam beberapa hari.

  1. Berkomentar Tidak Sopan

Meskipun media sosial identik dengan aktivitas mencari hiburan, namun semuanya tetap ada aturannya. Bermedia sosial sebagai cara untuk berinteraksi dengan banyak orang juga memiliki etika dan norma seperti dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Kalau kamu berkomentar yang tidak baik, memaki, mencela, menebar berita hoax yang merugikan banyak orang, maka kamu akan dilaporkan pada tim instagram sehingga akunmu akan diberikan sanksi.

  1. Banyak Cache

Banyaknya aktivitas pada android terutama yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi, sedikit banyak pasti akan menghasilkan file sampah yang menumpuk sehingga harus kamu bersihkan secara rutin dan berkala.

Banyaknya cache bisa memperlambat kinerja smartphone dan berimbas pada jalannya aplikasi, tak terkecuali instagram. Hal ini makin parah bila spesifikasi ponsel kamu rendah. Bisa dipastikan, banyak aplikasi akan langsung membunuh ponsel kamu.

Cara Mengatasi Tak Bisa Follow

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang memungkinkan instagram kamu tidak bisa memfollow akun lainnya, maka kamu bisa mengusahakan cara untuk mengatasinya sebagaimana berikut ini.

1. Unfollow Teman

Kamu bisa melakukan unfollow teman jika kemungkinan penyebabnya ada pada poin satu di atas yaitu akun yang sudah kamu follow lebih dari 7500 orang.

Kamu bisa memilih akun mana saja yang sekiranya tidak merugikan kamu jika membatalkan follow, seperti akun yang jarang aktif, orang tak dikenal, akun-akun penyebar berita hoax, dan sebagainya.

2. Tunggu 48 jam

Kamu mungkin diblok oleh tim instagram karena melakukan hal-hal pada poin 2, 3, 4 di atas. Tunggu saja sekitar 2 hari sambil merenungkan kesalahan yang sudah kamu perbuat untuk tidak mengulanginya sehingga kamu tidak diblok lagi. Bersabarlah menunggu sambil memeriksanya secara berkala.

3. Minta bantuan

Kalau kamu belum menemukan letak kesalahanmu dalam berinstagram ria, ada baiknya jika menanyakan langsung kepada tim instagram mengapa akunmu tidak bisa memfollow akun lagi.

Caranya yaitu dengan masuk ke akunmu lalu pilih profil dan klik “pusat bantuan instagram” dan ketikkan pertanyaan untuk menemukan jawaban yang kamu inginkan.

4. Hapus Data

Tidak bisa memfollow akun lain juga bisa disebabkan oleh melambatnya kinerja ponselmu. Ada baiknya kamu menghapus data-data tidak penting seperti cache, history, cookies agar RAM hapemu memiliki cukup ruang untuk memproses jalannya aplikasi seperti instagram.

Data yang harus kamu hapus adalah data cache dan data lainya. Kamu bisa buka pengaturan (setelan) -> manager aplikasi (aplikasi terinstal) -> lalu lanjutkan dengan cari aplikasi instagram dan klik hapus data.

Akhir Kata

Itulah serangkaian tindakan yang bisa kamu lakukan bila kamu menemukan instagram kamu tidak bisa follow orang. Jangan lupa pula untuk periksa internet, siapa tahu penyebabnya adalah koneksi internet kamu yang lemot.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read

Cara Daftar dan Syarat Membuat NPWP Offline & Online

Jika kamu pernah belajar mengenai teori negara, kamu mungkin pernah mendengar Teori Perjanjian sebagai salah satu teori pembentukan negara. Tokohnya adalah Thomas Hobbes, John...
litalia
6 min read