Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

2 min read

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca – Komputer membutuhkan storage eksternal. Gunanya untuk memudahkanmu memindahkan data dari satu kompuetr ke komputer lainnya. Sehingga, kebutuhan akan storage eksternal pun tak bisa ditepiskan. Salah satu eksternal storage yang banyak digunakan yaitu flashdisk.

Bagi anak kuliah, pekerja, atau bahkan profesional, flashdisk merupakan benda yang harus selalu dibawa kemana-mana. Bahkan, beberapa tahun lalu muncul trend “kalung flashdisk”. Dimana sebagian besar profesional dengan sengaja memberi tali pada flashdisk dan mengalungkannya di leher.

Seiring banyaknya pengguna muncul berbagai masalah. Mulai dari virus hingga falshdisk yang tidak terdeteksi di komputer. Nah, salah satu masalah yang menyebalkan bagi pengguna flashdisk, yaitu flashdisk yang tak terbaca di komputer.

Ada beberapa yang menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi oleh komputer yang perlu kamu ketahui. Agar kamu bisa tahu penyebabnya secara pasti.

Beberapa penyebab flash tidak terbaca:

  • Fisik flashdisk kamu memang telah mengalami kerusakan.
  • Seringkali mencabut flashdisk dari komputer secara langsung tanpa melakukan eject/removable disk lebih dahulu.
  • Rusaknya port USB.
  • Ada permasalahan di driver USB komputer milikmu.
  • Setinggan bios Windows memiliki masalah.
  • Flashdisk terkena virus.
  • Terdapat masalah di perangkat keras yang ada dalam flashdisk tersebut.
  • Flashdisk tiruan dengan kualitas rendah.

Untuk masalah flashdisk tiruan yang abal-abal, sekarang ini kamu mesti teliti sewaktu membeli flashdisk dengan merk populer akan tetapi mutunya tidak pas dengan yang diinginkan.

Coba Flashdisk di Perangkat Lain

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Sebelum menyelesaikan setiap masalah pada flashdisk, ada baiknya kamu mengidentifikasi permasalahan yang ada. Apakah flashdisk tidak terbaca ini karena kerusakan flashdisk atau karena pengaturan komputer. Alangkah bijak bila mencoba flashdiks tersebut di komputer lain.

Apabila sudah kamu coba di komputer lain dan flashdisk tetap tak terbaca, maka langkah selanjutnya yaitu memperbaikinya. Sebaliknya, apabila ternyata di salah satu komputer lain flashdisk bisa terbaca, maka ada dua kemungkinan. Pertama, pengaturan di laptop atau komputer kurang tepat atau port USB laptop rusak.

Cara Manual (Tambahkan Notifikasi Hardware)

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop

Nah, di artikel kali ini akan dijelaskan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop yang bukan diakibatkan karena kerusakan port. Berikut ini tata caranya memperbaikinya secara manual:

  • Coba masukkan flashdisk pada prompt USB. Tunggu beberapa saat. Apabila tidak terbaca di komputer, maka buka control panel komputer. Caranya, klik start kemudian pilih control panel.
  • Bila control panel terbuka, silahkan ubah menjadi mode klasik. Caranya, klik tombol ‘Switch to classic’ atau klik ubah agar menjadi tampilan klasik.
  • Bilamana sudah berubah menjadi mode klasik, temukan menu Add hardware. Selanjutnya, klik menu tersebut. Selanjutnya akan keluar kotak dialog.
  • Pada kotak dialog tersebut silahkan klik Next. Akan muncul screen dengan dua pilihan yaitu ‘yes, I have already connected the hardware’ dan ‘No, I have not added already connected the hardware’. Pilih saja yes.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Apabila berhasil, maka komputer akan mendeteksi keberadaan flashdisk. Setelah terdeteksi, maka flashdisk pun akan terdeteksi pula.
  • Selanjutnya, klik cancel.
  • Apabila tetap tidak terdeteksi, maka silahkan pilih next dan ikuti panduan berikutnya.

Menggunakan Command Prompt

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan CMD

Itu tadi Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca secara manual. Selain dengan cara yang disebutkan tadi, kamu bisa memperbaiki permasalahan ini dengan memanfaatkan command prompt. Adapun caranya, yaitu:

  • Seperti panduan sebelumnya, silahkan colokkan flashdisk pada komputer atau laptop.
  • Apabila sudah, silahkan buka command prompt. Apabila ini ali pertama kamu membuka command prompt, maka cobalah meng-klik start, kemudian klik run. Lanjutkan dengan mengetikan CMD, dan ketik G:. Hal ini bila eksternal storage tersimpan di directory tersebut.
  • Ketik chkdsk/f. Akan muncuk screen yes or no. Lanjutkan dengan mengetikkan Y untuk memilih yes.
  • Akan muncul menu untuk restart. Ketik dengan huruf “Y”, biarkan secara otomatis koputer melakukan restart.
  • Setelah komputer selesai me-restart umumnya flashdisk akan terdeteksi secara otomatis.

Langkah lainnya yang dapat kamu pakai untuk menangani flashdisk yang tidak bisa dibaca sama sekali adalah:

  • Masukan flashdisk pada perangkat komputer.
  • Jika tidak terdeteksi, coba untuk melepas dan sesudah itu masukan kembali (ulangilah langkah ini 3x).
  • Jika masih tetap tidak terdeteksi, pada waktu flashdisk masih tertancap coba untuk menggoyangkan flashdisk sambil ditekan masuk. Hal ini mempunyai tujuan agar komputer mendapatkan rangsangan dari flashdisk.

Nah, apabila panduan di atas tidak bisa mengatasi permasalahan flashdisk ini, maka ada baiknya kamu membawa flashdisk ke service komputer. Apabila permasalahan tetap saja tidak teratasi, maka besar kemungkinan masalah diakibatkan karena prompt USB yang rusak.

Itu tadi dia panduan Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop dengan cara manual atau dengan menggunakan command prompt.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Ketahui Penyebab Beserta Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat

Laptop, alat canggih yang rasa-rasanya dimiliki hampir setiap orang. Fungsinya yang beragam membuat piranti ini begitu penting keberadaanya. Mulai dari pelajar, karyawan, pengusaha, dan...
litalia
6 min read