10 Cara Mengatasi BBM “Menyambungkan” Terus di Smartphone Android

Cara Mudah Mengatasi BBM Menyambungkan dan Pending Terus Menerus di HP Android, BBM menjadi salah satu aplikasi primadona di tanah air dengan jumlah pengguna yang sangat besar. Meski akhir-akhir ini banyak yang meninggalkanya, bukan berarti aplikasi ini tak punya pengguna setia. Sayangnya, sering kali BBM menghadapi berbagai persoalan, salah satunya adalah aplikasi BBM menyambungkan terus. Lalu bagaimana cara mengatasi persoalan ini?

BBM menyambungkan terus

10 Solusi Mengatasi BBM Pending Terus Menerus Di Hp Android

Setidaknya ada 10 cara mengatasi BBM menyambungkan terus. Sebagai catatan, saya menguji cara berikut menggunakan smartphone android Xiaomi dan Asus, jadi bisa saja lokasi menu yang ada di ponsel kamu berbeda.

1. Periksa Koneksi Data Internet

Pertama, periksalah koneksi internet kamu. Bagaimanapun masalah pertama yang bisa menimbulkan aplikasi yang menggunakan koneksi data bermasalah terletak pada sambungan internet. Caranya kamu bisa:

  • Buka pengaturan ponsel kamu
  • Lalu klik pada bagian tentang ponsel, biasanya terletak pada bagian paling bawah.
  • Pilihlah menu info baterai, koneksi dan lainya. Klik. Maka kamu akan melihat berapa data kecepatan internet ponsel kamu. Ingat, beberapa ponsel bisa saja tidak memiliki menu ini.

Atau kamu bisa juga menekan kode *#*#4636#*#*, lalu pilih menu informasi telapon. Maka kamu akan tahu kecepatan informasi data ponsel kamu.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuka aplikasi lain yang menggunakan data internet selain BBM. Cobalah buka youtube, apakah kamu bisa memutar video atau tidak. Jika tidak, ada kemungkinan kecepatan koneksi internet kamu yang bermasalah.

Jika berkaitan dengan kecepatan internet, kamu bisa mengatasinya dengan:

  • Pergi ke tempat lain yang mendukung koneksi internet kamu
  • Ganti kartu yang kamu gunakan untuk internetan
  • Gunakan jaringan wifi yang tersedia

2. Periksa Kuota Internet

Sebetulnya, sebelum cara pertama kamu lakukan. Kamu harus menggunakan cara ini terlebih dahulu. Cobalah periksa paket data kamu, apakah masih tersedia atau tidak. Semua cara yang ada di tulisan ini tidak akan berlakuk jika kuota internet kamu telah habis.

Jadi periksalah terlebih dahulu paketan internet kamu masih ada atau tidak. Kamu bisa menekan *123# lalu lakukan petunjuk berikutnya untuk mengetahui sisa kuota kamu. atau kamu bisa juga memasang aplikasi kartu yang kamu gunakan.

3. Matikan Internet lalu Hidupkan

Terkadang di saat kuota internet kita masih banyak, lalu kecepatan internet juga stabil, bisa saja BBM tetap menyambungkan. Lalu apa yang bisa kita terapkan untuk mengatasi masalah ini? kamu bisa matikan terlebih dahulu paket internet kamu. Caranya:

  • Tarik layar dari atas ke bawah,
  • Lihat ikon data seluler
  • Klik, lalu tunggu beberapa saat. Sekitar 20 detik.
  • Setelah itu hidupkan kembali.

Jika masih belum bisa tersambungkan, kamu bisa ganti ke mode pesawat. Caranya seperti di atas, hanya saja yang kamu pilih adalah ‘mode pesawat.’ Tunggu beberapa detik, lalu matikan mode pesawat.

4. Matikan BBM dari Recent Apps

Tahukah kamu ketika kamu menutup sebuah aplikasi hanya dengan menekan tombol kembali yang berada di sisi tombol home, sebenarnya aplikasi tidak benar-benar tertutup. Melainkan aplikasi masih berjalan di bagian latar belakang ponsel. Hal ini juga berlaku untuk BBM.

Ketika kamu hanya menekan tombol kembali, BBM tidak benar-benar menutup. Melainkan mash berjalan di bagian latar belakang. Nah ternyata ini juga bisa menyebabkan BBM menyambungkan terus. Jadi pastikan kamu benar-benar menutupnya.

Caranya tekan tombol Recent Apps – berada di samping tombol home – lalu kamu geser aplikasi BBM ke kanan apa atau ke kiri. Maka aplikasi BBM akan benar-benat tertutup.

5. Lakukan Clear Cache

Cara Mudah Mengatasi BBM Menyambungkan dan Pending Terus Menerus

Jika cara di atas masih tidak bisa mengatasi masalah BBM kamu yang menyambungkan terus, kamu bisa coba dengan membersihkan data cache. Cache itu semacam data yang digunakan ponsel untuk mengingat-ingat apa yang pernah kamu lakukan pada ponsel. termasuk juga dengan aplikasi BBM.

Sayangnya data cache semakin banyak akan semakin membebani ponsel. Jadi ada baiknya dibersihkan secara berkala untuk memperingan kinerja ponsel. Data cache yang berlebihan bisa menyebabkan BBM menyambungkan terus. Jadi kamu bisa bersihkan data cache BBM kamu. Caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Klik bagian aplikasi terinstal
  • Lalu pilih bagian tercache, dan cari aplikasi BBM. Setelah itu bersihkan data cache BBM dengan cara mengklik aplikasi BBM.

6. Lakukan Clear Data

Masih tidak bisa? kamu bisa gunakan cara mengatasi BBM menyambungkan terus di smartphone android berikut, yaitu dengan membersihkan data BBM. Caranya:

  • Silakan kamu masuk ke menu pengaturan sebagaimana cara membersihkan data cache
  • Lalu pilih aplikasi terinstal
  • Cari aplikasi BBM,
  • Lalu tekan BBM dan bersihkan data.

Ingat, cara ini mengandung resiko. Yaitu kamu akan keluar dari akun BBM kamu. Artinya kamu harus login kembali agar kamu bisa masuk ke BBM. Jadi cara ini jangan kamu gunakan bila kamu tidak ingat apa user dan password BBM kamu.

Cara ini juga menghapus semua data BBM yang kamu punya, termasuk semua percakapan dan lainya yang tersimpan di BBM. Tapi foto yang tersimpan di galeri dan kontan BBM masih tetap ada kog. Jadi tenang saja.

7. Paksa Berhenti BBM

Cara lain yang bisa mengatasi persoalan BBM menyambungkan terus adalah dengan menutupnya secara paksa dan membukanya kembali. Sebab perlu diketahui, BBM biasanya berjalan di latar belakang, kecuali bila kita mematikan pengaturan berjalan di latar belakang. Hanya saja sebagian besar pengguna tidak mengetahuinya.

Makanya ketika BBM kita tutup dengan cara menekan tombol kembali, BBM sebenarnya tidak tertutup secara sempurna. Tapi ia tetap berjalan. Kamu bisa lihat ikon BBM yang masih ada di bagian atas layar kamu.

Kamu bisa mematikan BBM secara paksa untuk mengatasi persoalan BBM menyambungkan terus. Caranya mirip seperti menghapus data cache dan juga clear data, yaitu:

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel kamu. Bisa dengan cara menekan menu pengaturan atau menekan ikon gigi rantai yang ada di widrow ponsel kamu.
  • Lalu pilih menu aplikasi terinstal
  • Sekarang pilihlah aplikasi BBM, dan klik

Kamu akan melihat berbagai data tentang BBM kamu, mulai data dan cachenya. Di bagian bawah, kamu juga melihat ikon ‘x’ yang bertulis paksa berhenti. Di sebelahnya ada kata copot pemasangan. Pilih yang paksa berhenti.

Baru setelah itu, buka kembali BBM.

8. Matikan Aplikasi VPN

Nah buat kamu yang menggunakan VPN, sebaiknya periksa. Apakah itu menghalangi koneksi BBM kamu atau tidak. Jika iya, cobalah untuk mengembalikan settingan VPN ke bawaanya saja. Caranya:

  • Buka menu pengaturan sebagaimana cara-cara yang lainya dalam tulisan ini.
  • Lalu pada bagian menu jaringan, pilih lainya.
  • Di situ, kamu akan menemukan ‘VPN’

Silakan kembalikan ke pengaturan bawaan.

9. Update BBM

Masih tidak bisa? mungkin kamu perlu mengupdate BBM kamu. Perlu kamu tahu, beberapa orang menghindari update aplikasi dengan ketakutan aplikasi semakin berat dan lainya. Padahal itu pemahaman yang salah. Update aplikasi bertujuan untuk menyelesaikan berbagai bug yang terjadi pada aplikasi, termasuk juga persoalan BBM menyambungkan terus.

Jadi ada baiknya bila kamu melakukan update atau pembaharuan BBM. Caranya:

  • Buka aplikasi play store
  • Lalu klik tanda tiga strip yang ditumpuk pada bagian kiri atas.
  • Maka kamu akan melihat berbagai menu, pilihlah bagian aplikasi & game saya
  • Setelah itu carilah aplikasi BBM, lalu update.

Atau kamu bisa pula menghapus terlebih dahulu aplikasi BBM kamu. Beberapa ponsel bisa dilakukan dengan menekan aplikasi BBM agak lama di bagian layar depan lalu memasukkanya pada logo sampah yang berada di bagian atas. Beberapa ponsel harus dilakukan dengan cara membuka pengaturan > aplikasi terinstal > pilih BBM > copot pemasangan.

10. Reboot

Jika semua cara di atas masih tidak bisa, kamu bisa menggunakan cara ini. Yaitu reboot smartphone kamu. Silakan kamu matikan ponsel android kamu lalu hidup kan kembali. Biasanya cara ini efektif untuk menyelesaikan berbagai persoalan di BBM dan aplikasi lain.

Adakah Cara Menyelesaikan Masalah BBM Menyambungkan Terus Lainnya?

Bisa juga kamu mencoba untuk melakukan factory reset atau hard reset untuk menyelesaikan persoalan di atas. Hanya saja cara ini sebaiknya tidak kamu lakukan bila masih tersedia cara lain. Sebab cara ini menghapus semua data yang kamu miliki.

Demikian pembahasan lengkap tentang Cara Mengatasi BBM Menyambung Terus-Menerus Di Android, semoga membantu menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu ya.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read