7 Tips Cara Manjur Mengatasi Aplikasi BBM Android Tidak Bisa Dibuka, Error, dan Macet, BBM adalah aplikasi media sosial yang begitu populer di Indonesia. Ia menjadi cikal bakal lahirnya berbagai aplikasi chat. Tapi bukan berarti aplikasi BBM tanpa masalah. Bahkan aplikasi yang mulai banyak ditinggalkan pengguna setianya ini sering kali ditemukan tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Terkadang juga macet ditengah jalan ketika digunakan chatting. Selain itu juga masih ada banyak masalah dan error lainya. Entah berjalan lemot, lelet, suka pending, dan lain sebagainya.

BBM tidak bisa dibuka

Untuk mengatasi semua itu, jurnalponsel punya ulasan lengkap soal mengatasi persoalan BBM tidak bisa dibuka, hingga error dan macet.

1. Bersihkan cache atau file Sampah

Membersihkan cache atau file sampah tidak hanya bisa mengatasi persoalan yang terjadi pada aplikasi BBM saja, melainkan juga sangat efektif untuk semua aplikasi. Jadi begitu kamu menemukan sebuah aplikasi bermasalah, entah iru error, lelet, lemot dan lainya, langsung saja kamu bersihkan cache.

Cache itu semacam file sampah yang menyimpah segala riwayat pekerjaan yang telah kamu lakukan pada aplikasi. Untuk membersihkan cache, bisa kamu gunakan dua metode. Pertama, menggunakan aplikasi pembersih (cleaner), atau kedua kamu bisa bersihkan secara manual.

Jika menggunakan aplikasi, tinggal kamu buka saja aplikasinya dan lakukan pembersihkan. Cukup praktis dan mudah, hanya saja biasanya masih ada yang tertinggal. Jauh lebih mendalam bila kamu lakukan secara manual hanya tidak efektif. Karena kamu harus membersihkanya satu persatu tiap aplikasi.

Untuk membersihkan cache aplikasi BBM secara manual, kamu bisa mulai dengan buka Pengaturan -> tab bagian Manager Aplikasi (kadang juga ada yang aplikasi terinstal) -> cari dan temukan ikon Aplikasi BBM -> klik, lalu pilih bersihkan cache.

2. Update BBM Kamu

Tips berikutnya agar aplikasi BBM kamu tak suka lemot maupun error, lakukan update. Cara ini juga efektif untuk mengatasi BBM yang tidak bisa dibuka. Update BBM bertujuan untuk menghilangkan segala bug yang terjadi pada aplikasi BBM. Termasuk juga untuk mndapatkan tambahan fitur dan tampilan baru dari pengembang.

Update BBM

Jadi salah bila ada yang menganggap bahwa update aplikasi hanya akan membuat kinerja ponsel jadi makin berat. Kamu bisa melakukan update dengan cara: Buka Aplikasi Google Play Store -> Tab bagian ikon yang terletak di pojok kiri atas -> lihat dan tab Aplikasi & Game Saya -> cari dan tab aplikasi BBM -> lalukan update (pembaharuan).

Hanya saja cara ini bisa kamu lakukan bila telah ada pembaharuan dari pihak pengembang, tapi kalau tidak ada, tentu saja kamu tak akan pernah bisa mengupdatenya. Jadi kamu butuh cara lain untuk menyelesaikan masalah BBM yang tidak bisa dibuka atau error.

Kemungkinan kerusakan aplikasi BBM kamu disebabkan oleh adanya file yang hilang atau terhapus. Jadi kamu bisa lakukan cara berikutnya.

3. Hapus data BBM dan Lakukan Force Close

Jadi untuk menyelesaikan masalah BBM android yang tidak bisa dibuka, error dan macet, kamu bisa lakukan penghapusan data aplikasi BBM. Ingat ya, hanya data aplikasi BBM, bukan menghapus aplikasinya.

Aplikasi BBM Android Tidak Bisa Dibuka

Menghapus data aplikasi BBM sama dengan artinya menghapus seluruh data yang ada di dalamnya, termasuk data percakapan, chat, foto dalam aplikasi (bukan dalam galery) dan lainya. Kamu juga harus login ulang begitu data telah kamu hapus. Jadi pastikan kamu masih ingat user dan password BBM kamu ya.

Nah untuk membersihkan data BBM, kamu bisa mulai dengan:

  • Buka pengaturan
  • Lalu pilih manager aplikasi (terkadang dibeberapa ponsel tertulis aplikasi terinstal).
  • Lalu cari dan temukan aplikasi BBM, klik sekali
  • Silakan lihat data aplikasi, klik dibagian itu

Setelah kamu lakukan pembersihan data, ada baiknya kamu lakukan force close atau paksa henti aplikasi BBM. Menunya ada di sebelah menu bersihkan data. Tujuanya untuk membuat BBM memproses ulang kinerjanya.

Soalnya ketika kita hanya menutup BBM dengan cara menekan tombol back (kembali), sebenarnya aplikasi tidak benar-benar berhenti dan tertutup. Melainkan aplikasi masih berjalan di latar belakang. Menghilangkanya dari recent apps juga tidak membuat aplikasi BBM berhenti sepenuhnya.

So, satu-satunya jalan agar BBM berhenti sepenuhnya adalah dengan melakukan force close atau hentikan paksa.

4. Instal Ulang

Sebenarnya bila file aplikasi BBM mengalami kerusakan dan dari pengembang belum ada pembaharuan, maka satu-satunya cara adalah melakukan instal ulang aplikasi.

Untuk melakukan instal ulang, kita harus terlebih dahulu melakukan uninstal aplikasi BBM yang sebelumnya telah kita gunakan. Caranya, kita bisa tekan aplikasi BBM yang ada dilayar agak lama sampai muncul ikon sampah di bagian atas atau bawah, lalu arahkan ikon aplikasi BBM ke tong sampah tersebut.

Setelah itu, baru kita lakukan instal ulang. Kita bisa mendapatkan file apk BBM dari Google Play Store. so, mulailah dengan buka Aplikasi Google Play Store, lalu pada ikon search ketikkan BBM, langsung dah muncul aplikasi BBM. Tekan dan download lalu instal.

Atau kalau kamu tak suka download aplikasi dari Google Play Store, kamu juga bisa download dari browser. Cukup kamu ketikkan download apk BBM, langung banyak muncul. Hanya saja soal keamanan, download aplikasi dari google play store jauh lebih aman. Terutama dari virus dan malware.

5. Matikan Aplikasi Lain

Salah satu penyebab yang sangat besar kemungkinanya bisa membuat aplikasi BBM berjalan lemot, error atau malah macet di tengah jalan adalah karena kita terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu bersamaan.

Matikan Aplikasi Lain

Sementara spesifikasi ponsel yang kita miliki tidak tidak mendukung untuk kita menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, apalagi aplikasi media sosial. Kata orang: ponsel kelas entry low saja maksa pakai banyak aplikasi media sosial. Udah pasti macet ditengah jalan.

So, ada baiknya kita matikan aplikasi yang tidak kita gunakan. Kurangi aplikasi media sosial. Periksa, aplikasi mana saja yang berjalan di latar belakang. Matikan semuanya jika tidak benar-benar kita butuhkan.

Kamu juga bisa matikan semua aplikasi yang berjalan di recent apps.

Beberapa aplikasi yang terus-terusan berjalan seperti facebook dan BBM, ada baiknya tidak berjalan secara bersamaan dalam satu waktu. Pilih salah satu. Jika kamu telah menggunakan aplikasi BBM, maka aplikasi facebook tidak usah gunakan.

Atau kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan aplikasi facebook versi browser saja. itu jauh lebih ramah pada ponsel. juga bisa menghemat baterai.

6. Downgrade BBM Kamu

Nah kalau setelah kamu update aplikasi BBM tiba-tiba suka tidak bisa dibuka, error dan macet. Kemungkinan aplikasi BBM yang kamu gunakan tidak kompatible dengan versi android yang kamu pakai.

Ada dua solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa melakukan downgrade aplikasi BBM atau kamu bisa pula memilih untuk update versi android yang kamu gunakan.

Downgrade BBM adalah menurunkan versi BBM yang kita gunakan ke versi sebelumnya. Untuk melakukan downgrade, tidak bisa dilakukan melalui Google Play Store. Tapi harus dilakukan melalui pihak ketiga.

Kamu bisa cari aplikasi BBM versi sebelumnya di website-website. Misalnya sekarang kamu menggunakan BBM versi 2.0.1, maka kami bisa download yang versi 2.0.0 atau yang lebih lama.

Kalau untuk melakukan pembaharuan versi android. bisa kamu lakukan dengan cara membuka menu pengaturan, lalu pilih tentang ponsel. silakan lihat, apakah ada pembaharuan atau tidak.

7. Reboot dan Hard Reset

Terakhir, kamu bisa pula melakukan reboot atau restart untuk mengatasi BBM yang suka tidak bisa dibuka, error atau macet. Hanya saja reboot itu bisanya untuk mengatasi masalah untuk sementara saja. Sebab tidak bisa menghilangkan atau menyelesaikan akar masalahnya.

Kalau mau benar-benar selesai, kita bisa lakukan hard reset atau mengembalikan setelan ponsel ke setelan pabrik. Jadi sama seperti saat pertama kali kita beli. Hanya saja, cara ini akan mengilangkan segala data ponsel kita, jadi gunakan ini sebagai upaya terakhir.

Adakah Solusi  Lainnya?

Jika aplikasi BBM masih tidak bisa dibuka, error dan suka macet ditengah jalan, kamu bisa ubah settingannya. Lalu jangan pula gunakan tema, pakai saja default theme. Itu jauh lebih ramah untuk ponsel.