Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google – Gmail,- Semua pengguna internet pasti memiliki akun Google atau Gmail. Mengingat gmail menjadi alat ajaib yang memberi banyak manfaat, termasuk syarat utama agar dapat terhubung ke berbagai aplikasi yang disediakan oleh Google.

Dengan akun google pula, kamu dapat memiliki akun lain lagi di berbagai media sosial. Seperti membuat akun facebook, akun BBM dan lainya yang kesemuanya membutuhkan akun Google. Canggih kan?

Saking efektifnya, tentu kamu tak mau kehilangan akun ini kan? Sayang banget rasanya kalau tiba-tiba suatu ketika sedang butuh akun ini, terus kamu lupa passwordnya, sedangkan email itu sudah tersebar ke seantero jagad raya. Wah bisa pusing tuh.

Cara Menambahkan Recovery Email dan Nomor Telepon

Tapi, tenang saja. ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun yang kamu lupakan passwordnya. Salah satunya adalah melakukan reset password melalui recovery email dan juga nomor telepon. Lalu bagaimana caranya?

Saya akan jelaskan bagaiman cara menambahkan recovery email (email pemulihan) dan juga nomor telepon, biar nanti kalau suatu saat kamu lupa password akun Google, kamu bisa melakukan reset password.

Cara Menambahkan Email Pemulihan Di Gmail

Pertama, saya akan jelaskan bagaimana menambahkan email pemulihan (recovery email) pada akun Google kamu. Caranya:

1. Login Ke akun Gmail kamu

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Login dulu di gmail dengan membuka halaman http://myaccount.google.com, kemudian masukkan username dan password menggunakan browser yang ada di komputer ataupun android anda.

2. Masuk Account Setting

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Setelah kamu selesai login, kamu akan langsung diarahkan ke bagian Account Setting (pengaturan akun). Pada halaman tersebut, terdapat empat menu utama yakni:

  • Profil, yang bisa kamu gunakan untuk menyetel info tentang berbagai akun kamu, mulai dari nama dan lainya..
  • Security, yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dan menambahkan recovery (pemulihan), termasuk menambahkan pemulihan email da nomor Hp.
  • Email Address, berisi email yang sedang kamu gunakan. kamu juga bisa mengubahnya.
  • Connected accounts, berisi tampilan akun email kamu terhubung dengan apa saja.

3. Pilih Password recovery options

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Untuk melakukan menambahkan recovery email dan nomor Hp, pilih Password recovery options.

4. Pilih Account recovery options

Silakan kamu sroll down sampai kamu menemukan Account recovery options, disitu kamu aka melihat dua opsi, recovery email dan recovery phone. Recovery mail digunakan untuk menambahkan email pemulihan dan recovery phone digunakan untuk menambahkan nomor telepon untuk pemulihan. Untuk yang recovery phone, biasanya sudah terisi dengan nomor yang kamu gunakan saat pertama kali daftar akun gmail.

5. Recovery email

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Untuk menambahkan email pemulihan, kamu pilih dahulu yang recovery email, seperti gambar di bawah ini

6. Masukkan Password

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Setelah kamu klik sebagaimana yang saya tunjukkan di atas, kamu akan di arahkan ke halaman baru yang meminta kamu untuk mengisi password. Password ini untuk memastikan bahwa kamu lah yang benar-benar melakukan tindakan, bukan orang lain.

7. Tambahkan Email Pemulihan

Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google

Setelah password yang kamu masukkan benar, tekan enter dan kamu akan langsung di arahkan ke halaman Recovery Email. Sampai di sini, silakan kamu tekan Add Recovery Mail.

8. Selesai

Baru setelah itu akan ada kotak kosong yang harus kamu isi dengan email yang akan kamu gunakan untuk email pemulihan. Setelah itu klik Done, dan selesai. Recovery email telah kamu tambahkan.

Cara Menambahkan Dan Ganti Nomor Telepon Di Gmail

Untuk menambahkan ataupun mengganti nomor telepon, caranya hampir sama dengan cara menambahkan email pemulihan seperti di atas. Langsung saja, let’s check this!

  1. Buka halaman akun di http://myaccount.google.com/ menggunakan browser andalan anda di komputer ataupun android.Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google
  2. Selanjutnya, Masuk Account Setting. Setelah kamu selesai login, kamu akan langsung diarahkan ke bagian Account Setting (pengaturan akun).Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google
  3. Pilih Password recovery options. Untuk melakukan menambahkan recovery telepon, pilih Password recovery options.Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google
  4. Lalu pilih Account recovery options. Caranya, sroll down sampai kamu menemukan Account recovery options, disitu kamu akan melihat dua opsi, recovery email dan recovery phone. Untuk mengganti nomor telepon silakan klik recovery phone. Biasanya sudah terisi dengan nomor yang kamu gunakan saat pertama kali daftar akun gmail.
  5. Setelah itu, kamu akan di arahkan ke halaman verifikasi. Silakan masukkan password. Tekan enter dan kamu akan langsung di arahkan ke halaman Recovery phone. Sampai di sini, silakan kamu tekan Add Recovery phone.Cara Menambahkan Recovery Email dan Telepon di Akun Google
  6. Baru setelah itu akan ada kotak berisi nomor hp yang kamu gunakan saat mendaftar, silakan kamu ganti dengan nomor yang baru. Klik done dan selesai.

Mengapa Sebaiknya Menambahkan Email dan Nomor Hp Untuk Pemulihan?

Sebenarnya, apa perlunya sih menambahkan email pemulihan atau nomor telepon?

Alasannya sederhana, biar kalau kamu lupa, bisa dibuka lagi dengan akun pemulihan tersebut atau dengan verifikasi kode yang dikirim ke nomor telepon kamu. Namanya manusia tentu sering lupa kan. Jadi yaaa untuk mengantisipasi gitu, saat kamu sedang lupa.

Kalau tidak menambahkan email pemulihan atau nomor telepon, ketika kamu lupa kata sandi atau username-nya maka tidak ada opsi lain untuk memulihkan atau mengubah kata sandi gmail tersebut.

Akhir Kata

Biasanya, ketika terjadi hal demikian, google akan memberikan pertanyaan yang saya yakin akan sangat sulit dijawab oleh pemilik akun tersebut sebelum kamu dapat memulihkan atau mereset kata sandi.

Seperti inilah contoh pertanyaannya: When was the last time you were able to sign in to your Google Account? (Required), Kapan terakhir kali anda dapat masuk ke akun google? (diperlukan), Kapan anda membuat akun google? (diperlukan).

Nah kan, pertanyaan yang sangat cukup sulit. Jadi mengapa tidak tambahkan email pemulihan dan nomor hp saja?

Cara Upload File & Folder ke Google Drive (Gratis, Mudah…

Menurut kamu dimanakah tempat paling aman dan terpercaya untuk menyimpan rahasia? Jawabanya ada di orang mati. Ya, menyimpan rahasia pada orang mati tidaklah mungkin...
litalia
2 min read

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *