Cara Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru di Smartphone Android

Cara Update/Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru di HP Android, Sampai dengan saat ini, aplikasi BBM memang masih jadi primadona di tanah air. Sekalipun jumlah penggunanya naik turun. Hal ini tak lepas dari banyaknya aplikasi seperti BBM yang bermunculan. Jumlah aplikasi mirip BBM di play store bahkan mencapai ratusan, lengkap dengan berbagai keunggulannya tersendiri.

Naik turunnya pengguna aplikasi #BBM juga tak lepas dari pembaharuan dan fitur yang dikeluarkan oleh pengembang. Semakin rajin pengembang mengeluarkan pembaharuan, semakin banyak pula melahirkan pengguna setia. Sayangnya, sampai dengan saat ini, masih saja ada pengguna yang tidak tahu bagaimana cara memperbarui BBM ke versi terbaru. Untuk itulah tulisan ini dibuat.

Saya pikir, tulisan ini sudah mencakup segalanya. Saya tidak hanya memberikan satu cara saja untuk update bbm android versi terbaru. Melainkan sampai dengan empat cara. Kamu tak perlu menggunakan cara dibawah ini secara berurutan. Tinggal pilih saja mana yang kamu suka dan gampang.

Tujuan Pembaharuan BBM Android Versi Terbaru

Nah sebelum kita bicara soal bagaimana cara memperbarui (update) BBM ke versi yang terbaru, kita tentu harus tahu, mengapa kita harus melakukan pembaharuan? Bukankah pembaharuan hanya akan menyebabkan jumlah file BBM yang kita gunakan makin membengkak.

Itu berarti pula kita akan membebani kinerja ponsel menjadi semakin berat. Dari awalnya jumlah file aplikasi yang Cuma 80 Mb bisa saja jadi dua kali lipat karena kita melakukan pembaharuan.

Hal itu memang benar adanya, dan memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya.

Tapi manfaatnya yang akan kita dapatkan setelah melakukan update jauh lebih besar ketimbang dampak negatif yang mengikutinya. Walaupun terkadang setelah kita lakukan update (pembaharuan) BBM, aplikasi jadi semakin banyak bug.

Hal ini tentu tak lepas dari jenis smartphone yang kita gunakan. Terkadang pembaharuanya tidak tepat untuk smartphone kamu.

Nah, beberapa hal yang bakal kita dapatkan setelah melakukan pembaharuan BBM ke versi terbaru misalnya: beberapa bug (masalah) yang biasanya terjadi akan pada aplikasi BBM akan hilang. Juga terkadang kita akan mendapatkan tambahan fitur dan tampilan terbaru.

Tentu saja itu tergantung dari pengembang, apakah pada update terbaru, mereka menyertakan fitur dan tampilan terbaru BBM atau tidak. Jika iya, tentu kita akan mendapatkanya. Tapi yang terpenting masalah (bug) yang biasanya terjadi akan mengilang.

Itulah mengapa, update atau pembaharuan BBM dan juga aplikasi lain, wajib dilakukan. Jangan pernah percaya bahwa update hanya akan membebani ponsel saja.

Pertanyaanya, bagaimana cara melakukan update atau pembaharuan BBM ke versi terbaru?

Cara Memperbarui BBM Ke Versi Terbaru

Seperti yang sudah saya katakan tadi, untuk memperbarui aplikasi BBM ke versi terbaru, kita tidak hanya bisa melakukanya dengan satu cara saja. Melainkan bisa sampai empat cara.

Menurut pengamatan saya, sampai dengan tulisan ini saya buat. Inilah ulasan yang paling lengkap.

1. Update BBM Terbaru Melalui Play Store

Ini adalah cara memperbarui BBM ke versi terbaru paling sederhana dan umum. hampir semua orang tahu bagaimana cara melakukanya dengan cara ini.

Ya, kita bisa memperbarui aplikasi BBM ke versi terbaru di android melalui Google Play Store. Sebagaimana kita tahu, Google Play store adalah pusatnya aplikasi bagi pemilik android.

Selain caranya sangat mudah, memperbarui BBM ke versi terbaru melalui Google Play Store juga sangat aman. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa Play Store menerapkan sistem keamanan yang ketat untuk sebuah aplikasi bisa masuk ke dalamnya. Jadi kamu tak perlu ragu atau takut akan terkena virus ataupun malware.

Cara mempercarui BBM ke versi terbaru lewat Play Srore bisa kamu lakukan dengan:

  • Buka Aplikasi Play Store, Lanjutkan dengan tab gambar ikon yang berada di pokok kiri paling atas. kamu akan melihat beberapa pilihan, pilih saja yang Aplikasi & Game Saya.
  • Setelah itu, kamu akan lihat beberapa pilihan menu di bagian atas. mulai dari Pembaharuan, Terpasang dan Koleksi.
  • Pada bagian Pembaharuan, silakan cari aplikasi BBM. Lalu klik Pembaharuan (update).
  • Atau lebih cepatnya download bbm terbaru disini.

Setelah itu tunggu saja sampai proses pembaharuan selesai dilakukan.

Pertanyaanya, bagaimana jika ternyata tidak ada pembaharuan? Maka kamu bisa menggunakan cara lain dalam tulisan ini. Tapi jika semua aplikasi yang kamu install tidak muncul pada bagian Play Store, berarti ada yang bermasalah dengan aku Google kamu. Atau coba cek koneksi internet terlebih dahulu.

2. Instal BBM Versi Terbaru

Jika kebetulan kamu tidak menerima pembaharuan aplikasi BBM setelah kamu melihatnya di Play Store. Sementara BBM yang kamu gunakan adalah versi lama, kamu bisa melakukan pembaharuan dengan install aplikasi BBM yang baru.

Aplikasi BBM yang kamu gunakan, harus terlebih dahulu kamu buang (unistal). Tapi sebelum kamu putuskan untuk unistal, cobalah untuk membersihkan data dan cache aplikasi BBM. Siapa tahu setelah kamu lakukan itu, kamu jadi menerima pembaharuan BBM, dan bisa kamu perbarui lewat Play Store.

Untuk membersihkan data aplikasi BBM dan cache, bisa kamu mulai dengan membuka Pengaturan Ponsel kamu, lanjutkan dengan tab bagian manager aplikasi (beberapa ponsel juga ada yang aplikasi terinstal). Dari situ, silakan cari dan tab aplikasi BBM. Dari serangkaian pilihan yang ditampilkan, silakan tab bagian clear cache dan juga clear data.

Baru setelah itu, tekan back (kembali) dan buka aplikasi BBM. Kamu akan login dan biasanya akan ada pemberitahuan pembeharuan. Kemudian baru bisa kamu lanjutkan ke aplikasi Google Play Store sebagaimana cara memperbarui BBM ke versi terbaru nomor pertama.

  • Kalau masih tidak ada, sepertinya kamu harus unistal aplikasi BBM saja. Silakan kamu lakukan sebagaimana membersihkan cache. Disitu kamu akan melihat pilihan copot pemasangan. Tab saja bagian itu.
  • Baru kemudian kamu lanjutkan dengan buka Aplikasi Play Store. Pada bagian search (tertulis Google Play dibagian paling atas), klik dan tulis BBM. Tekan enter, maka kamu akan melihat aplikasi BBM. Silakan download dan instal aplikasi BBM tersebut.

Selesai kamu instal, bukalah. Itu artinya BBM yang kamu gunakan adalah versi paling baru (terbaru).

3. Unduh File BBM Versi Apk

Jika dua cara di atas masih juga tidak bisa kamu gunakan untuk memperbarui aplikasi BBM kamu ke versi paling baru, maka kita gunakan cara nomor 3 ini. Yaitu memperbarui aplikasi BBM lewat APK yang banyak tersedia di website-website penyedia aplikasi.

Hanya saja untuk cara ini, saya kurang merekomendasikan. Sebab keamanan pihak ketiga selain Play Store menurut saya tidak begitu aman. Bisa saja di dalamnya ada virus atau maleware. Atau bisa juga di dalamnya telah terdapat iklan yang dimasukkan ke dalam aplikasi BBM yang kamu download.

Cara memperbarui aplikasi BBM ke versi terbaru menggunakan file APK, mudah dilakukan. Kamu cukup:

  • Buka Aplikasi Browser kamu (bisa Chrom, Mozilla, Uc Browser dan lainya), bisa lewat ponsel android maupun PC.
  • Ketikkan saja, download BBM Apk versi 3.3.10.102. Sampai dengan tulisan ini ditulis, inilah versi paling anyar.
  • Lanjutkan dengan download. Setelah selesai kamu download, silakan kamu instal. Jangan lupa unistal terlebih dahulu aplikasi BBM yang sebelumnya telah kamu gunakan.
  • Cara instalnya, klik aplikasi yang kamu download (tersimpan di manager file), lanjutkan dengan pasang aplikasi.

Setelah semua proses selesai, apliaksi BBM yang kamu gunakan adalah yang paling baru.

4. Download BBM Via website resmi

Satu lagi cara yang menurut saya lebih aman ketimbang cara nomor tiga dan lebih mudah ketimbang cara nomor 1 maupun 2. Yaitu download aplikasi BBM terbaru melalui website resminya, bbm.com.

Download BBM melalui bbm.com, jauh lebih aman dan pasti adalah BBM yang paling baru. Caranya:

  • Buka Browser (bisa Chrome, Mozilla, Uc Browser dan lainya).
  • Pada bagian link address, ketikkan bbm.com

Kamu akan diarahkan ke website resmi BBM. Setelah itu tinggal cari saja download BBM. Downloadlah maka kamu akan dapatkan BBM versi terbaru.

Akhir Kata

Sebenarnya selain 4 cara di atas, pada BBM versi sebelumnya, kita juga bisa memperbarui BBM ke versi terbaru dengan cara masuk ke aplikasinya langsung. Di sana ada menu yang bisa untuk cek versi bbm yang kita gunakan. Hanya saja, pada versi saat ini, menu tersebut sudah tidak ada.