Cara Memindahkan Semua Kontak BBM Android Tanpa Harus Invite Ulang, Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) merupakan salah satu messenger yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia. Sedikitnya 87% dari total keseluruhan pengguna smartphone di negara kita menggunakan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) sebagai messenger mereka.

Jumlahnya tentu besar sekali, mengingat smartphone sudah bukanlah barang mewah yang dimiliki oleh masyarakat milenial seperti kita. Jumlah ini semakin besar mengingat aplikasi Blackberry Messenger (BBM) sekarang tidak hanya bisa digunakan di ponsel blackberry saja, melainkan bisa juga digunakan di smartphone android, IOS, serta Windows Phone.

Sebagian dari kita malah mempunyai lebih dari 1 smartphone. Entah karena memang membutuhkannya untuk operasional pekerjaan sehari-hati, atau sekedar ingin mengoleksi smartphone lama kita meski telah memiliki smartphone dengan model dan tipe yang lebih baru.

Cara Memindahkan Kontak BBM

cara memindahkan kontak BBM

Nah, sebagian dari kita pasti ingin memindahkan akun Blackberry Messenger (BBM) dari perangkat android kita yang lama ke smartphone android kita yang baru. Itu baru satu dari banyak alasan yang kemudian mendorong kita untuk memindahkan kontak Blackberry Messenger (BBM) kita dari ponsel yang satu ke ponsel yang lain.

Memindahkan akun Blackberry Messenger (BBM) sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, namun jika tidak dilaksanakan dengan benar bisa mengakibatkan akun kita menjadi kehilangan kontak teman-teman Blackberry Messenger (BBM) kita. Kalau sudah begini, kita harus mulai menginvite kembali kontak BBM kita satu persatu. Merepotkan, bukan?

Kita bisa memindahkan kontak Blackberry Messenger (BBM) kita dari ponsel satu ke ponsel yang lain dengan langkah-langkah sederhana. Meskipun begitu, sebagian dari kita mungkin belum tahu langkah-langkah yang harus dilakukan tersebut.

Untuk itu, kami telah merangkum 2 cara memindahkan semua kontak BBM android tanpa harus invite ulang seperti di bawah ini:

1. Memindahkan Kontak Blackberry Messenger (BBM) ke Perangkat Android lain melalui BB ID

Untuk memindahkan kontak Blackberry Messenger (BBM) melalui BB ID, kita harus memastikan bahwa kita mengingat email dan kata sandi email yang kita gunakan untuk membuat akun BBM kita.

Email dan kata sandinya berguna untuk login kembali ke aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di perangkat android baru yang akan kita gunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone android kita yang baru
  • Login ke aplikasi Blackberry Messenger (BBM) tersebut dengan memasukkan email dan kata sandi BBM android yang lama. Tap “login” untuk bisa mengakses akun Blackberry Messenger (BBM) kita. jika kamu lupa password yang kamu gunakan sewaktu login di BBM pertama kamu, kamu bisa baca tulisan: Cara Mengatasi Lupa Password BBM Android
  • Secara otomatis seluruh kontak teman yang berada di akun Blackberry Messenger (BBM) akan kembali seperti di android lama kita. Kita tidak perlu melakukan invite ulang ke semua kontak Blackberry Messenger (BBM) kita

Kelemahan dari cara ini adalah kita tidak bisa mengembalikan history chat kita dengan teman kita yang hilang. Namun kita tidak perlu melakukan invite ulang kontak satu persatu yang jelas sangat merepotkan.

Jika ada informasi yang penting kita bisa melakukan re-chat atau chat ulang dengan teman kita yang bersangkutan.

2. Memindahkan Kontak Blackberry Messenger (BBM) ke Perangkat Android lain melalui Google Sync

Setiap pengguna android pasti memiliki akun Gmail. Akun Gmail ini yang akan kita manfaatkan untuk login ke Google Sync. Google Sync merupakan fitur backup secara online yang akan menyimpan semua data kita di aplikasi.

Karena itu, Pastikan akun Gmail yang kita gunakan masih aktif dan kita mengingat email serta kata sandinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama kali yang harus kita lakukan adalah login ke akun Google pada ponsel android kita yang lama. Pastikan kita mengingat email dan kata sandi akun Google kita.
  • Setelah berhasil login, aktifkan fitur Google Sync untuk mengaktifkan sinkronisasi data aplikasi ke server google secara online.
  • Setelah data kita berhasil tersinkronisasi pada daftar akun login, kita bisa login kembali dengan akun google yang sama ke ponsel android kita yang baru.
  • Secara otomatis semua kontak Blackberry Messenger (BBM) kita akan masuk dan berpindah ke smartphone android kita yang baru tanpa harus melakukan invite ulang.

Prinsip Kerja Google Sync adalah menggunakan satu akun Google untuk dua atau lebih perangkat android. Karena itu, seluruh data yang berada di suatu perangkat android (termasuk kontak dan data-data lain) akan tersalin secara otomatis ke perangkat android yang lain.

Kunci untuk mempertahankan data kontak Blackberry Messenger (BBM) kita adalah dengan mengingat email beserta kata sandi BB ID atau email dan kata sandi akun Google kita.  Meskipun sinkronisasi melalu Google Sync terlihat lebih rumit, namun sebenarnya memindahkan kontak melalui Google Sync lebih aman untuk dilakukan.

Sebab data yang dibackup akan tersimpan dalam memory penyimpanan Google, sehingga bisa kita gunakan lagi jika sewaktu-waktu kita kehilangan data tersebut pada akun kita.

Kita hanya perlu mensinkronisasi ulang melalui akun Google yang kita gunakan untuk membackup data tersebut. Hal ini berlaku pula untuk banyak data di berbagai aplikasi lain selain Blackberry Messenger (BBM). Jadi, jangan sampai melupakan email dan kata sandi akun kita, ya. Cara di atas, bisa digunakan untuk semua versi BBM android.

BAGIKAN