Cara Memegang Raket Permainan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya

Permainan bulu tangkis atau juga dikenal sebagai badminton merupakan permainan yang menggunakan raket. Bulu tangkis dimainkan secara berlawanan oleh dua tim baik beranggotakan satu orang atau tunggal maupun dua orang atau ganda. Raket berfungsi untuk memukul kok agar sampai ke wilayah lawan. Kerena itu, penting untuk kita kenal terlebih dahulu cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis.

Cara Memegang Raket dalam Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket Permainan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis dikenal beberapa cara untuk memegang raket. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui, karena teknik memegang raket memiliki peran besar terhadap pergerakan kok (shuttelcock). Jika pukulan terhadap kok bagus, maka hasilnya juga akan sejalan dan begitupun sebaliknya.

Adapun beberapa cara memegang raket antara lain adalah forehand grip, backhand grip, combination grip, dan american grip.

1. Forehand Grip

Cara pertama dalam memegang raket bulu tangkis adalah forehand grip. Ketika memegang raket dengan cara ini kamu harus mengatur bagian tangan yang berada di antara ibu jari dan jari telunjuk agar berada dalam posisi yang menempel pada permukaan tangkai raket yang sempit. Sementara itu raket berada dalam posisi miring ketika melakukan cara ini.

Kondisi tangan pada saat memegang raket hampir sama saat mengepal. Bentuk pegangan yang dihasilkan bagian antara jari telunjuk dan ibu jari menyerupai huruf ‘V’. Usahakan juga agar posisi pegangan terhadap raket tidak berubah-ubah. Bersikaplah rileks dan jangan kaku agar pukulan yang dihasilkan menjadi lebih kuat.

Kelebihan

Kelebihan dari memegang raket dengan cara forehand grip adalah pegangan lebih terasa kuat, sehingga sulit untuk terlepas. Bukan hanya itu pukulan yang dihasilkan terhadap kok juga lebih kuat dan bertenaga.

Cara ini juga memudahkan pemain untuk memukul kok yang datang menuju sebelah kanan tubuh dengan lebih mudah. Hasilnya pukulan yang dilakukan menjadi tepat, cepat, dan cermat.

Kekurangan

Kekurangan dari cara ini terletak pada tangan dan sendi bahu, karena diperlukan kekuatan yang lebih pada daerah tersebut. Hal ini disebabkan posisi tangan yang tidak boleh berubah-ubah, sehingga dibutuhkan latihan khusus agar lebih pengalaman.

Selain itu cara forehand grip juga kurang cocok digunakan untuk memukul kok yang datang menuju muka net.

2. Backhand Grip

Cara memegang raket backhand grip sebenarnya adalah kelanjutan dari cara forehand grip. Untuk melakukan cara ini posisi ibu jari yang sebelumnya forehand grip lebih didekatkan dengan daun raket. Sementara raket diputar sekita seperempat menuju ke kiri. Titik tumpu kekuatan pada cara ini terletak di pergelangan tangan.

Kelebihan

Kelebihan dari cara backhand grip adalah pemain lawan sulit menerka pukulan yang dihasilkan. Hasil pukul terhadap kok juga dapat melayang dengan cukup keras dan tetap dalam kondisi terkontrol.

Kekurangan

Adapun kekurangan dari cara ini terletak pada pengembalian kok dan smash yang datang dari tangan badan terutama yang datang menuju bahu atau pinggang. Pengembalian kok yang datang menuju arah tersebut akan sedikit sulit untuk dikembalikan.

3. Combination Grip

Sesuai dengan namanya, combination grip merupakan gabungan antara forehand grip dan backhand grip. Jadi ketika melakukan combination grip, maka cara memegang raket dapat berubah sesuai dengan arah datangnya kok atau shuttlecock. Posisi raket dalam melakukan cara ini adalah miring.

Kelebihan

Keuntungan dari cara combination grip yaitu memudahkan pemain untuk menyesuaikan tangkai raket tergantung arah datangnya shuttlecock, sehingga kemanapun arah tujuan bola dapat dijangkau dengan mudah.

Kekurangan

Sedangkan kekurangan dari cara ini yaitu pemain akan kesulitan untuk memukul kembali shuttlecock yang datang melampaui tubuh pemain tersebut.

Karena cara ini adalah gabungan antara forehand grip dan backhand grip, maka dibutuhkan pemain dengan skill yang benar-benar baik. latihan sederhana untuk membiasakan diri melakukan cara combination grip adalah sering memindahkan cara memegang raket agar tangan tidak menjadi kaku.

4. American Grip

Cara memegang raket bulu tangkis yang keempat adalah american grip. Ketika melakukan cara ini ibu jari dan jari telunjuk menempel di bagian pegangan raket yang lebar dan luas. Tepatnya tangan memegang bagian ujung raket dengan cara yang hampir sama saat memegang pukulan kasur.

Kelebihan

Kelebihan dari cara american grip adalah ketika pemain hendak melakukan pukulan smash kok yang berada di depan net, maka cara ini sangat efektif. Selain itu cara ini juga sangat cocok untuk memukul kembali kok yang datang menuju bagian atas tubuh pemain.

Ketika melakukan cara ini untuk memegang raket, pemain juga akan lebih mudah untuk mengarahkan kok ke kanan ataupun ke kiri.

Kekurangan

Kekurangan dari american grip adalah pemain akan kesulitan dalam melakukan pukulan backhand serta kurang efektif melakukan netting dengan bola yang datang menuju arah samping kiti ataupun samping kanan.

Akhir Kata

Itulah empat cara memegang raket dalam bulu tangkis yang perlu diketahui. Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan ketika memegang raket antara lain usahakan pegangan rileks dan tidak kaku. Karena meremas raket dengan terlalu kuat hanya akan membuang energi dan tenaga secara percuma.

Selain itu latihlah pergelangan tangan agar lebih fleksibel dan mampu mengikuti alur permain. Jadi saat memukul baik ke atas ataupun ke bawah, usahkan pergelangan tangan juga ikut bergerak selaras. Dan terakhir adalah biasakan melakukan pergantian antara cara forehand grip dan backhand grip agar ketika bermain pegangan tidak terasa kaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.