7 Cara Untuk Membuka Task Manager di Komputer Windows 8

Percaya atau tidak, banyak diantara kita yang memiliki perangkat teknologi tetapi tidak bisa mengoptimalkanya. Termasuk perangkat yang kita miliki bertahun-tahun semacam hp dan laptop nyatanya masih ada banyak fitur yang belum tersentuh karena tidak tahu kalau ia ada. Lantas bagaimana dengan task manager yang ada di komputer atau laptop? Saya harap kamu pernah menggunakanya.

Pada tulisan ini, saya akan mengulas bagaimana cara membuka task manager di komputer windows 8 atau 8.1. Meski demikian, cara membuka membuka task manager pada windows 7 atau windows 10 juga hampir sama dengan cara yang akan saya paparkan di bawah ini. Paling hanya tampilanya saja yang berbeda.

Tetapi sebelum saya jelaskan bagaimana cara membuka task manager, lebih baik buat yang belum tahu, kita kenalan dulu dengan apa itu task manager dan fungsinya.

Pengertian dan Fungsi Task Manager

Task manager itu merupakan salah satu program yang ada di komputer windows yang denganya pengguna bisa melakukan tindakan ternetu pada aplikasi yang sedang berjalan.

Di dalam task manager, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai rincian kinerja komputer, mulai dari aplikasi apa yang sedang berjalan, bagaimana penggunaan CPU, seberapa banyak ruang harddisk yang terpakai dan statistik lainya.

Lebih lengkapnya, berikut eberapa fungsi utama task manager:

  • Menghentikan atau close program yang tidak berjalan semestinya (Not Responding)
  • Mengecek kinerja komputer
  • New Task untuk menjalankan sebuah program
  • Melihat Performa Networking
  • Melihat user mana saja yang aktif di komputer da lain sebagainya.

Cara Mudah Membuka Task Manager di Windows

Sudah tahu fungsi dan pengertiannya, kini saatnya saya bagikan cara untuk membuka task manager. Setidaknya saya punya beberapa cara. Seperti yang saya bilang tadi, meski cara di bawah ini saya praktekkan pada komputer windows 8, tetapi bisa kamu gunakan juga di windows 7 dan 10.

1. Melalui Taskbar

Bagi yang sudah tahu, membuka task manager melalui taskbar merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh user komputer. Dan memang cara ini terbilang gampang.

  • Yang perlu kamu lakukan hanya mengarahkan kursor komputer atau laptop ke bagian taskbar, lalu klik kanan.
  • Selanjutnya tinggal pilih saja task manager.

Cara membuka task manager melalui taskbar bisa pula kamu praktekkan di windows 7 dan 10.

2. Dengan Melalui Konteks Menu

Berikutnya kamu juga bisa membuka task manager melalui fitur power konteks menu. Sayangnya, cara ini hanya bisa kamu gunakan di windows 8 dan 8.1. jadi buat pengguna windows 7 dan 10, tidak bisa ya. Caranya:

  • Arahkan kursor kamu ke bagian pojok kiri bawah. Lalu klik kanan dan pilih task manager. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar.

3. Kombinasi Tombol Windows + X

Saya praktekkan ini pada windows 8, untuk windows 7 dan 10 cara membuka task manager melalui kombinasi tombol windows dan X sepertinya tidak bisa dilakukan. Caranya:

  • Tekan tombol windows bersama dengan huruf X.
  • Setelah itu akan muncul pilihan task manager. klik pilihan tersebut.

4. Melalui Kotak Run

Malas menggunakan mouse atau tombol klik untuk membuka task manager? kamu juga bisa buka task manager melalui kotak run. Cara membuka kotak run bisa kamu lakukan dengan klik kanan dibagian pojok kiri bawah. Tapi berhubung kamu sedang malas, kamu bisa buka kotak run dengan kombinasi tombol.

Cukup tekan tombol windows + R, maka akan muncul kotak Run dan ketikkan “taskmgr” (tanpa tanda petik). Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

5. Melalui Panel Search

Membuka task manager juga bisa kamu lakukan melalui fasilitas search. Kamu cukup tekan tombol kombinasi windows + W. Setalah itu tombol search akan terbuka dan tulis saja task manager.

Cara ini bisa kamu gunakan di berbagai versi windows, baik itu windows 7 ataupun windows 10.

6. Melalui Control Panel

Kalau kamu suka yang agak sedikit ribet, tapi bisa membuat kamu kenal lebih banyak dengan fitur-fitur yang ada di komputer kamu. sebaiknya gunakan control panel untuk membuka task manager. caranya:

  • Buka control panel, kamu bisa klik kanan pada bagian pojok kiri layar kamu. setelah itu pilih control panel. Klik. Lihat gambar di bawah ini kalau belum jelas.
  • Setelah itu pada bagian seach di control panel, ketikkan task manager. maka kamu akan melihat pilihan task manager. Tinggal klik saja nama itu.

7. Menggunakan Kombinasi Tombol

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol lagi. Ya, memang cara membuka task manager bisa dilakukan dengan beberapa kombinasi tombol. Termasuk menggunakan kombinasi tombol tombol (CTRL + ALT + DELETE) lalu pilih task manager.

Kelebihanya, dibanding dengan cara lainya, cara ini bisa digunakan untuk mengatasi aplikasi atau komputer yang tiba-tiba hang / freeze. Jadi ini merupakan cara yang cukup membantu.

Akhir Kata

Cara membuka task manager memang ada banyak sekali. Menurut saya, sebenarnya kamu hanya perlu tahu salah satunya saja. Toh semuanya sama-sama bisa kamu gunakan untuk membuka task manager. Nah yang lebih penting dari semua itu adalah kamu memahami bagaimana menggunakan aplikasi task manager dengan baik.

Terutama bila kamu gunakan untuk mengatasi aplikasi yang hang. Saya rasa cukup sampai disini apa yang bisa saya jelaskan mengenai cara membuka task manager. Jika masih ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read

Cara Daftar dan Syarat Membuat NPWP Offline & Online

Jika kamu pernah belajar mengenai teori negara, kamu mungkin pernah mendengar Teori Perjanjian sebagai salah satu teori pembentukan negara. Tokohnya adalah Thomas Hobbes, John...
litalia
6 min read

6 Cara Cek Nomor Indosat Im3 dan Mentari Sendiri

Pernahkah kamu mengalami kejadian lupa dengan nomor Indosat Im3 atau Mentari sendiri ketika ditanya teman atau ingin mengisi pulsa? Jika demikian, mungkin masalah kamu...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.