Cara Membuat Polling di Instagram Stories Mudah dan Cepat

Cara Membuat Polling di Instagram Stories Mudah dan Cepat, Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memang sangat pesat yang ditandai dengan banyaknya orang sebagai pengguna handphone. Bukanlah sesuatu yang mengherankan jika satu orang memiliki dua sampai tiga handphone. Bahkan, sekarang sudah zamannya penggunaan smartphone atau hape pintar yang memungkinkan melakukan berbagai hal termasuk bermedia sosial.

Ya, kebutuhan orang pada setiap zaman kian berubah. Masing-masing pribadi ingin menunjukkan dirinya melalui media sosial agar dikenal banyak orang dengan berbagai tujuan yang relatif berbeda.

Ada yang ingin berbagi motivasi, inspirasi atau sekadar mengumbar hal-hal tidak penting sebagai salah satu dampak maraknya penggunaan media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini sedang trend dan hits adalah instagram.

Fitur Polling Instagram

Aplikasi instagram yang telah diakuisisi oleh Facebook, kini semakin menunjukkan keunggulannya dengan meluncurkan fitur-fitur baru yang variatif dan menarik untuk membuat betah para penggunanya.

Setelah mengorbitkan fitur stories seperti yang terdapat dalam aplikasi snapchat, sekarang ini instagram hadir dengan versi terbaru yaitu adanya penambahan fitur polling atau jajak pendapat pada konten stories.

Fitur yang diluncurkan pada 4 Oktober 2017 ini berwujud dalam bentuk stiker dengan tujuan memberikan kemudahan kepada para pengguna instagram untuk meminta saran atau pendapat atas suatu perkara melalui dua pilihan jawaban yang telah disediakan atas perkara tersebut.

Topik yang dipollingkan tidak harus berupa hal-hal serius bahkan biasanya memang persoalan sederhana terkait aktivitas sehari-hari. Misalnya: Apakah hari ini kamu berolahraga? Ya / Tidak. Siapa penyanyi wanita pop Indonesia favoritmu? Raisa / Maudy Ayunda.

Munculnya fitur polling pada instagram stories ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan dalam rangka untuk terus memacu pertumbuhan massa pengguna instagram. Fitur ini memberikan nuansa interaktif pertama kali yang ditawarkan bagi para pengguna instagram untuk terus menunjukkan eksistensinya.

Kesuksekan instagram dalam membius pengguna media sosial memang tidak dapat diremehkan. Meskipun sering diklaim telah meniru snapchat pada fitur storiesnya, nayatanya instagram kini memiliki pengguna setia sebanyak 800 juta pengguna aktif bulanan yang 500 juta di antaranya adalah pengguna aktif setiap hari berdasarkan akumulasi pada akhir September 2017.

Dibandingkan dengan snapchat yang hanya memiliki 300 juta pengguna aktif dengan 173 juta pengguna setiap hari, tentu kamu dapat membandingkan dan menyimpulkannya sendiri bahwa saat ini instagram lah media sosial yang paling berpengaruh dan diminati banyak kalangan pengguna.

Cara Membuat Polling di Instagram

Dengan kenyataan di atas, maka tak salah bila banyak orang yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk membuat polling. Kamupun bisa melakukanya. Jika kamu belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur terbaru polling dari instagram ini, maka saya ingin berbagi. Silakan ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, kamu harus memperbarui aplikasi instagrammu dengan versi terbaru. Caranya yaitu dengan mengunduh atau memperbaruinya pada menu playstore di hape androidmu. Silakan buka aplikasi Google Play Store, lalu klik ikon yang ada di pojok kiri paling atas. lanjutkan dengan pilih Aplikasi dan Game saya, baru setelah itu cari aplikasi Instagram dan lakukan update.
  2. Pada tulisan ini, saya menggunakan Instagram versi 27.0.0.11.97. Jika sudah, buka akun instagrammu maka kamu akan ditampilkan halaman beranda.
  3. Ambil foto atau video singkat seperti unggahan stories pada umumnya. Jika kamu belum tahu. Nah untuk membuat stories, kamu bisa mulai dengan Swipe atau usap layar hapemu ke kiri lalu pilih normal. Lalu Tap normal untuk mengambil foto baik selfi atau kamera belakang. Kalau kamu ingin membuat video caranya yaitu tekan tulisan “normal” dan tahan beberapa detik untuk merekam video berdurasi singkat yang kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan stiker dan tulisan lainnya untuk mempercantik postinganmu.Cara Membuat Polling di Instagram Stories Mudah dan Cepat (1)
  4. Jika sudah membuat foto / video, tap ikon stiker di layar bagian atas kanan. Pilihlah stiker “poll” lalu sentuh dan tahan (drag) stiker tersebut kemudian tempatkan (drop) pada foto atau video yang akan kamu unggah.
  5. Selanjutnya, tuliskan pertanyaan untuk polling tersebut dan siapkan dua pilihan jawaban. Misalnya: Kegiatan mana yang lebih kamu sukai? Membaca / Menyanyi.
  6. Cek lagi, apakah foto atau video yang ingin kamu unggah sudah lengkap sesuai keinginanmu. Jika sudah, tap tulisan “stories” atau “cerita anda” di bagian bawah kiri layar.
  7. Beberapa detik kemudian, postingan kamu akan berhasil dan terkirim sebagai polling instatories. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan siapa saja yang mengisi polling tersebut maupun presentasi jawaban.
  8. Fitur polling yang merupakan bagian dari stories ini akan menghilang setelah ditampilkan selama 24 jam.

Setelah kamu berhasil mengunggah postingan polling tersebut, para follower yang melihatnya bisa memberikan pendapatnya dengan memilih salah satu jawaban polling. Kamu dan para pengikutmu juga bisa melihat secara langsung jumlah presentase voting yang akan berlangsung selama sehari itu.

Untuk memeriksa jumlah polling yang masuk kamu bisa melakukannya dengan cara mengusap layar hapemu ke atas (swipe up) pada fitur stories.

Catatan

Seperti yang sudha saya jelaskan sebelumnya, bahwa untuk cara ini, saya menggunakan instagram versi 27.0.0.11.97. ini adalah versi terbaru ketika saya menulis tulisan ini. Jadi jika kamu menggunakan versi sebelumnya atau malah versi yang lebih baru. Kemungkinan ada sedikit perbedaan tampilan.

Cukup sesuaikan saja. Jika tulisan ini bermanfaat, silakan bagikan ya.

LUPA KATA SANDI FACEBOOK? baca cara mudah reset sandi FB

Lupa Kata Sandi Facebook, Sebagai media sosial yang paling ramai dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan, ada banyak ulasan menarik seputar facebook....
litalia
3 min read

Cara Download Video di Facebook Lewat Hp dan PC (100%…

Cara Download Video di Facebook – Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2 milyar tiap bulan dan terus bertambah seiring banyaknya yang...
litalia
2 min read

Cara Membuat/Mendaftar Facebook Dengan Cepat Hanya 5 Menit

Cara Membuat/Mendaftar Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna facebook paling...
litalia
2 min read