Cara Membuat File ISO dengan Winrar Lengkap

File ISO. Dua kata yang bisa jadi amat kamu pahami dan bisa jadi masih amat awam di telinga kamu. Maklum saja. Sebab beberapa orang ada yang sangat sering menggunakan eksistensi jenis file ini, dan ada pula yang sangat jarang. Saya sendiri dalam kategori kelompok yang kedua.

Karena itu, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membuat file ISO, alangkah lebih baik jika kita pahami lebih dulu mengenai apa itu file ISO. File ISO hampir sama dengan sebuah CD atau DVD yang berisi file maupun image namun belum berubah wujud menjadi kepingan CD maupun DVD. Untuk mengubahnya kamu memerlukan CD/ DVD dalam bentuk fisik, kemudian di bruning.

Fungsi File ISO

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari file ISO itu? ada banyak sekali fungsi file ISO itu. tetapi yang pasti, bila dibanding dengan yang lain, file ISO mampu membuat bootable installer windows sekaligus juga sebagai media bootable lain seperti anti virus dan lainnya. Serta dapat kamu jadikan tempat back up data-data penting dalam bentuk ISO yang sewaktu-waktu dapat kamu burn menjadi kepingan CD atau DVD saat dibutuhkan.

Ketika kamu menemukan file berekstensi ISO mungkin sempat berfikir sebenarnya untuk apa. Jika kamu pernah menginstall ulang system operasi windows, maka kamu akan membutuhkan file ISO system operasi tersebut yang sebelumnya telah dimasukkan kedalam flashdisk maupun CD ataupun DVD dahulu.

Keunggulan Membuat File ISO dengan WinRAR

Terdapat begitu banyak aplikasi yang dapat kamu pilih untuk membuat file ISO seperti Winrar, Daemon Tools, UltraISO, PowerISO dan aplikasi sejenis lainnya. File ISO sendiri biasanya digunakan untuk mendistribusikan program bahkan system operasi supaya file dalam program yang sangat banyak dapat tersusun rapi menjadi satu file saja.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat file ISO dengan Winrar saja. Winrar merupakan software yang dibuat khusus untuk pengarsipan dalam PC. Format yang diberikan apabila kamu mengompress atau mengarsipkan sebuah file ke Winrar adalah RAR. Selain itu Winrar juga mempunyai beberapa kelebihan antara lain.

1. Dapat memperkecil ukuran file

Apabila kamu mengompress file dengan Winrar maka hasilnya akan jauh lebih kecul 305 dari ukuran semula. Contohnya saat kamu mengompress file berukuran 100 MB menggunakan Winrar maka hasilnya akan berkurang menjadi 70 MB saja. Namun apabila kamu mengextrak file tersebut, maka ukurannya akan kembali normal menjadi 100 MB.

2. Dapat merapikan file

Ternyata Winrar juga dapat membuat file kamu menjadi lebih rapi lho. Dengan begitu kamu tidak akan pusing mencari file-file yang kamu butuhkan saat itu juga. Contohnya apabila kamu mempunyai 1000 file yang saling berhubungan, kamu dapat menjadikan 1000 file tersebut menjadi 1 file saja hanya dengan Winrar.

Caranyapun sangat gampang. Kamu hanya perlu membuat folder baru dan memasukan 1000 file tadi kedalamnya. Kemudian klik kanan folder yang akan kamu jadikan RAR dan “Add to” nama folder.rar.

3. Dapat melindungi file dari virus

Selanjunta Winrar dapat melindungi file kamu dari virus. Ini mungkin manfaat Winrar yang belum kamu ketahui. Selain dapat membantu merapikan file, Winrar juga berguna sebagai alat keamanan yang melindungi seluruh file yang ada didalamnya dari virus. Kebanyakan file yang dilindungi oleh Winrar adalah yang ditargetkan oleh virus autorun.inf, dimana kebanyakan virus ini terdapat pada flashdisk.

4. Terdapat 2 jenis format

Selain format RAR, Winrar juga mempunyai format Zip. Jadi apabila kamu mempunyai format selain yang tercompress Zip, dapat membukanya menggunakan Winrar. Oh ya kamu juga dapat membuat folder yang di compress menggunakan Winrar menjadi ZIP lho.

5. Dapat membuka file ISO dan Java/ Jar

Ini mungkin adalah salah satu kelebihan Winrar yang paling kamu tunggu-tunggu. Yups benar sekali, Winrar juga dapat membuka format ISO dan Java. Caranya klik kanan file ISO atau Java kemudian “Open With” lalu pilih Winrar. Secara otomatis kamu akan dapat melihat isi dari file tersebut.

6. Dapat mengunci file RAR

Kelebihan yang terakhhir adalah dapat mengunci file RAR. Apabila kamu mempunyai file pribadi dan tidak ingin diketahui banyak orang, maka kamu bisa mengunci file tersebut dengan aplikasi Winrar ini guys. caranya juga gampang banget kok.

Buat folder baru, masukkan file pribadi, kemudian klik kanan folder tersebut dan pilih “Add to Archive” klik Set Pasword dan masukkan passwordnya lalu Oke,

Cara Membuat File ISO dengan WinRAR

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana sih membuat file ISO menggunakan Winrar? Sebelumnya persipakan dulu file apa yang akan kamu ubah ekstensinya menjadi ISO. Jika sudah berikut cara membuat file ISO dengan Winrar lengkap.

  1. Pertama jika kamu belum mempunyai aplikasi Winrar, maka download dan install terlebih dahulu aplikasi Winrar pada laptop/ computer yang akan digunakan. Kali ini kita menggunakan file bernama “BFI”
  2. Bila sudah, klik kanan file yang akan kamu ubah ekstensinya menjadi file ISO.
  3. Pilih “Add to archive..” pada icon Winrar.
  4. Ganti tulisan “.rar” menjadi “.iso” lalu pilih Oke.
  5. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  6. Maka secara otomatis file tersebut akan berubah ekstensinya menjadi ISO. Sangat mudah bukan?

Winrar menjadi aplikasi favorit banyak orang. Selain berfungsi sebagai pengaman file ISO, cara penggunaannya juga sangat mudah. Nah itulah cara membuat file iso dengan Winrar, jika masih bingung silaka tulis dalam kolom komentar.

Ada pertanyaan atau komentar?