3 Cara Membuat File ISO dengan UltraISO Lengkap +Gambar

Apakah kamu pernah mendengar software aplikasi UltraISO? Yups benar sekali, UltraISO merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuah sebuah bootable pada file, mengekstract file berformat ISO, mengkonversikan file kadalam format ISO dan lain sebagainya.

Kemudian sewaktu-waktu jika dibutuhkan kamu dapat burn file tersebut ke image CD/DVD. Jadi software ini sangat membantu kamu dalam berbagai hal terutama untuk masalah peletakan file ke CD/DVD. File .iso adalah sebuah file eksistensi CD/DVD. Nah kali ini, saya akan berbagi pengalaman bagaimana membuat file ISO dengan UltraISO. Tetapi sebelum itu, tentu saja sebaiknya kita kenalan dulu dengan fitur UltraISO.

Kehebatan UltraISO

Selain kemampuan UltraISO membuat dan membuka file .iso, UltraISO juga telah didukung 41 bahasa dari seluruh dunia sehingga kamu tidak terlalu sudah dalam menggunakan toolsini karena bahasa yang digunakan banyak dikenali. Ya meskipun pada kenyataanya bahasa Indonesia belum masuk sihh guys. fitur yang ditawarkan oleh UltraISO cukup menarik, antara lain.

  1. Telah didukung dengan media penyimpanan berkapasitas 25 GB dengan layer tunggal dan 50 GB dengan layer ganda.
  2. Penyempurnaan pembuatan salinan Live CD untuk menjalankan Ubuntu versi 9.10 dengan menggunakan media USB flashdisk.
  3. Penggunaan modul isocmd.exe sebagai perbaikan mounting multiple ISO menjadi virtual drive
  4. Dapat digunakan untuk menangani informasi CD TEXT pada salinan berformat C2D.
  5. Terdapat tampilan yang menunjukkan sisa waktu saat kamu membakar data pada CD/ DVD.
  6. Dapat mendeteksi dan menggunakan virtual CD/ DVD buatan program Daemon versi 4.35 dan Alcohol 120% versi 2.00.
  7. Terdapat berbagai fitur utama seperti file, actions, bootable, tools, options, dan help.
  8. Dan terakhir adalah dapat membuat bootable system pada hardisk eksternal yang mempunyai lebih dari 1 partisi.

Fungsi UltraISO

Setelah mengetahui fitur yang terdapat pada UltraISO, pasti kamu penasaran dong apa sebenarnya fungsi aplikasi ini.

  1. UltraISO berfungsi untuk membuat file dan kamu menjadi CDimageyang kemudian dapat disimpan dalam hardisk. Dengan begitu dokumen kamu akan lebih aman dari serangan virus dan kerusakan system.
  2. UltraISO berfungsi untuk mengambil system bootable dari CD windows XP, windows 7 yang kemudian disimpan dalam file. Nah nanti saat kamu membutuhkan dapat menjadikannya dalam bentuk CD/ DVD.
  3. File image dapat diburning kedalam CD/ DVD room.
  4. Mempermudah kamu dalam pembuatan CD windows bootable. Dimana kamu hanya perlu menggunakan directory IE386 yang tersimpan dalam hardisk. Setelah itu kamu dapat langsung membakarnya dalam bentuk CD/ DVD windows portable.

Cara Membuat File ISO dengan UltraISO

Nah buat kamu yang udah penasaran banget mengenai cara membuat file ISO menggunakan UltraISO setelah mendengar penjelasan diatas. Kita punya 3 cara lho. Namun sebelumnya kamu harus mempersiapkan beberapa bahan berikut ini.

  1. Software aplikasi UltraISO
  2. CD/DVD yang akan dirubah format/ ekstensinya menjadi file ISO
  3. Laptop/ computer yang terdapat CD/DVD drive

#Cara Membuat File ISO dengan UltraISO 1

  1. Buka aplikasi UltraISO yang telah kamu install pada laptop/ computer.
  2. Masukkan CD/ DVD yang akan kamu rubah ekstensinya menjadi .ISO.
  3. Kemudian klik menu Tools, dan pilih Make CD/ DVD Image.
  4. Selanjutnya tentukan pengaturannya, CD/ DVD drive untuk menentukan SD/ DVD berada. Output File untuk menentukan lokasi file ISO yang akan kamu simpan. Oh ya jangan lupa pada Output Format pilih yang standard ISO (.iso) lalu klik Make.
  5. Terakhir tunggu beberapa saat hingga proses berakhir. Lama proses tergantung sebarapa besa kapasitas file yang kamu rubah ekstensinya.
  6. Cek kembali, dan selesai.

#Cara Membuat File ISO dengan UltraISO 2

Cara yang kedua ini merupakan yang paling sering banyak orang lakukan karena sangat mudah.

  1. Seperti sebelumnya, jika kamu belum mendowload aplikasi UltraISO maka download terlebih dahulu dan install pada laptop/ computer.
  2. Jika sudah, buka aplikasinya melalui Star > All Program > UltraISO atau melalui Local Disk (C) > Program File > UltraISO.
  3. Selanjutnya pilih file yang akan kamu rubah ekstensinya menjadi ISO. Drag kebagian atas seperti pada gambar dibawah ini.
  4. Klik menun Save, dan beri nama sesuai keinginan kamu.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Cek kembali dan taraaa file kamu sudah berubah menjadi ISO

#Cara Membuat File ISO dengan UltraISO 1

Jika kamu masih bingung menggunakan cara pertama dan kedua diatas, jangan khawatir Karena kita masih punya cara yang ketiga. Langsung saja berikut cara membuat file ISO dengan UltraISO yang ke 3.

  1. Pastikan kamu telah menginstaal aplikasi UltraISO pada laptop/computer. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu.
  2. Siapkan file apapun yang akan kamu ubah ekstensinya menjadi ISO. Jika dalam contoh dibawah ini, kita menggunakan file “Crack Corel 2” yang akan diubah ekstensinya dalam bentuk file ISO.
  3. Klik kanan pada file tersebut. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
  4. Kemudian pilih Ultra ISO > Add to ISO atau Add “Crack Corel 2.iso” seperti pada gambar diatas.
  5. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selsesai.
  6. Jika sudah, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah. Dan sekarang “Crack Corel 2” sudah berubah ekstensinya menjadi ISO.

UltraISO adalah salah satu software aplikasi yang dapat kamu pilih untuk membuat file ISO. Dimana kamu dapat membuat file ISO menggunakan 3 cara diatas. Dari ketiga cara itu pilih salah satu yang paling mudah menurut kamu.

Ada pertanyaan atau komentar?