Cara Membuat File ISO dengan Daemon Tools Lengkap

Sebagai pengguna setia PC dan internet, tentu kamu sudah tak asing lagi melihat berbagai jenis tipe file. Salah satu tipe file yang mungkin pernah kamu jumpai adalah file berekstensi ISO atau .iso. Ya mungkin sebagian dari kamu ada yang masih bingung saat pertama melihat file ini dan bertanya-tanya apa sih sebenarnya kegunaan dan fungsinya.

File ISO adalah salah satu ekstensi file yang memuat kumpulan data yang dimaksudkan sebagai image atau gambaran dari CD atau DVD. Yang mana nantinya dapat kamu simpan sebagai file digital pengganti peran CD atau DVD tadi. Hanya saja, untuk membuka file bereksistensi .iso membutuhkan aplikasi tertentu. tapi caranya sangat gampang kok.

Kegunaan File ISO

Kegunaan file ISO buat kamu pengguna setia PC ini sangat banyak sekali, terutama kamu dapat menggunakannya tanpa drive CD atau DVD lho. Mengapa demikian? Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kamu hanya membutuhkan suatu aplikasi khusus untuk membantu mengakses file ISO ini dalam PC. Selanjutnya aplikasi tersebut akan membuat suatu drive CD atau DVD virtual dalam PC kamu. Hal ini tentu memberikanmu kemudahan karena dapat mengakses file image CD atau DVD tanpa membutuhkan drive CD atau DVD room guys.

Seperti halnya saat kamu memburning CD/ DVD, disini kamu juga dapat memuat berbagai macam data dan file untuk dibuat ekstensinya menjadi file ISO. Nantinya saat dibutuhkan kamu dapat dengan mudah menyalinnya ke dalam CD/ DVD deh, atau jika kamu ingin juga dapat menyimpannya dalam media penyimapanan lain sesuai keinginanmu. Dengan begitu kamu tidak melulu bergantung pada perangkat CD/ DVD bukan?. Proses back up data pun akan terasa lebih mudah dan cepat

Cara Membuat File ISO Daemon Tools

Sekarang yang menjadi pertanyaan terbesar adalah bagaimana sih sebenarnya membuat file ISO? Nah untuk membuat file ISO kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi seperti PowerISO, UltraISO, Daemon Tools, maupun Winrar. Dari beberapa aplikasi tersebut dapat memberikan kemudahan agar kamu dapat mengubah ekstensi file menjadi ISO.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat file ISO menggunakan Daemon Tools lengkap terlebih dahulu ya. Mengapa? Karena Daemon Tools adalah aplikasi yang kerap digunakan banyak orang untuk membuat file ISO. Langsung saja berikut pembahasannya.

  1. Pertama jika kamu belum mempunyai aplikasi Daemon Tools Lite pada PC, download dan install terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi Daemon Tools Lite sebagaimana kamu buka software-software lainya.
  3. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti dibawah ini. Pilih New Image. Pilihan ini untuk menyatakan maksud bahwa kamu ingin membuat file .iso yang baru.
  4. Kemudian silahkan klik Creat a Data Image seperti gambar yang tertera di bawah ini.
  5. Disini kamu akan dihadapkan dengan jendela pembuatan image baru. Nah untuk membuat file ISO baru perhatikan pada bagian menu Format, lalu pilih Standard ISO. Selain itu, juga masih ada beberapa pilihan lainya.
  6. Kemudian arahkan kursor pada icon ( + ) seperti pada gambar dibawah ini. Hal ini bertujuan untuk menambahkan file yang akan kamu buat menjadi file ISO.
  7. Selanjutnya kamu akan dihadapkan kembali pada jendela baru. Pada jendela baru ini, kamu dapat memilih file mana saja yang akan kamu buat menjadi ISO. Disini kamu dapat memilih lebih dari satu file dengan cara tekan CTRL dan secara bersamaan klik file-file mana saja yang akan kamu pilih. Setelah selesai klik tombol Open. Jika belum paham, perhatikan gambar di bawah ini.
  8. Jika sudah selesai, kamu akan diarahkan kembali pada halaman Create a Data Image. Pada halaman ini kamu dapat melihat file-file mana saja yang tadi telah kamu pilih dan cantumkan dalam halaman tersebut.
  9. Selanjutnya untuk menyimpan file ISO, kamu harus mengklik Browse seperti pada tampilan gambar dibawah ini.
  10. Nah setelah itu kamu akan diarahkan pada jendela penyimpanan. Pada jendela penyimpanan ini kamu dapat menentukan dimana kamu akan menyimpan file ISO. Jangan lupa buat nama file ISO dan tentukan tipe file yang akan kamu buat atau simpan yakni Standard ISO Image (*.iso). jika sudah selesai klik menu Save.
  11. Jika sudah kamu akan kembali ke aplikasi Daeom Tools Lite. Klik Start untuk memulai pembuatan file ISO.
  12. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lama proses penyimpanan ini tergantung pada seberapa besar kapasitas file yang kamu buat. Jika sudah maka kamu harus memilih kembali Oke.
  13. Kamu akan diarahkan pada folder penyimpanan file ISO yang baru saja kamu buat, dan taraaa file ISO kamu telah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan. Bagaimana sangat mudah bukan?

Membuat file ISO memang terbilang mudah. Tapi untuk manfaatnya sangatlah besar. Seperti yang telah dijelaskan diatas file ISO merupakan CD/ DVD virtual. Jadi kamu tak perlu khawatir akan kehilangan atau kelupaan CD/ DVD yang berisi file-file penting.

Kamu boleh saja menggunakan aplikasi lain untuk membuat file ISO. Namun untuk lebih memudahkanmu dan lebih cepat, penulis sarankan untuk menggunakan aplikasi Daemon Tools Lite. Selain mudah buat kamu pengguna baru juga sangat gampang untuk memperlajarinya. Begitulah cara membuat file ISO dengan Daemon Tools lengkap. Semoga pembahasan kita kali membawa manfaat untuk kamu semua.

Ada pertanyaan atau komentar?