Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android

Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android – Aplikasi Instagram khusus untuk android sampai dengan versi 29.0.0.13.95 ketika tulisan ini saya buat, masih tidak menyediakan fitur emoticon. Padahal emoticon merupakan fitur yang bisa membuat postingan dan komentar menjadi lebih renyah.

Saat ini, fitur emoticon hanya tersedia untuk aplikasi instagram pada Iphone dari iOS saja. Beruntung memang bagi mereka yang mengunakan smartphone berplatform iOS. Namun pengguna andorid tidak perlu khawatir, sebab kita masih bisa menggunakan emoticon dengan memanipulasi aplikasi keyboard yang kita gunakan.

Fitur Emoticon di Instagram Android

Saya tidak tahu apa alasan instagram tidak menyediakan fitur emoticom seperti yang disediakan di Facebook, WhatsApp, BBM dan lainya. Termasuk juga Line yang pandai dan kerap menjadikan emoticon sebagai salah satu cara menarik pengguna baru.

Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android

Tapi, tidak tersedianya fitur emoticon di Instagram android, bukan berarti kita tidak bisa memasukkan emoticon dalam percakapan di Instagram. Kita tetap bisa memasukkan emotikon dalam kolom komentar atau postingan di Instagram.

Bahkan yang perlu kita lakukan hanya perlu mengganti aplikasi keyboard bawaan dengan aplikasi yang mendukung fitur emoticon. Dengan begitu, kita sudah bisa mulai menggunakan emoticon untuk aktifitas kita di instagram.

Postingan maupun komentar kita bisa menjadi lebih seru sebab kita bisa menggunakan berbagai karakter lucu yang ada. Kita bisa menempatkan berbagai emoticon itu di biodata profil, komentar, postingan gambar, dan lain-lain. Trik ini pun sudah berhasil dilakukan pada berbagai jenis ponsel android, baik samsung, Xperia, Smartfren, Asus, dan lain-lain.

Fungsi Emoticon di Postingan dan Komentar Instagram

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat emoticon di instagram android, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu fungsi dan manfaat penggunaan emoticon. Sedikitnya ada 3 manfaat penggunaan emoticon yang harus kita ketahui, di antaranya:

1. Interaksi menjadi Lebih Seru

penelitian menyebutkan jika otak manusia lebuh tertarik dengan konten visual yang berwanra-warni dibandingkan dengan deretan angka atau huruf. Nah, kehadiran emoticon membuat interaksi kita di media sosail menjadi lebih seru dan lebih “hidup”.

2. Pesan lebih mudah Tersampaikan

Adanya emoticon ada pesan yang kita kirimkan kepada orang lain ternyata lebih efektif untuk menggambarkan isi pesan sesungguhnya. Hal ini meminimalisir kesalahpahaman ketika berkomunikasi. Emoticon bisa menjadi alternatif pengganti ekspresi wajah kita atau lawan bicara kita, sehingga komunikasi berjalan lebih lancar dan sesuai dengan harapan kita.

3. Memperhalus Kalimat Negatif

Emoticon juga berfungsi untuk memperhalus kalimat-kaliat negatif yang kita keluarkan, sehingga tidak menyinggung lawan bicara atau pembaca postingan kita. Terkadang, dalam melakukan percakapan pun kita bisa merasa jengkel atau ingin marah terhadap lawan bicara kita. Nah, emoticon berguna untuk meredam dan melepas hasrat amarah sehingga meminimaisir resiko pertengkaran.

Cara Membuat Emoticon Di Instagram

Nah, emoticon yang memiliki fungsi dan manfaat yang lebih dari sekedar pemanis percakapan atau postingan ternyata bisa kita gunakan juga di Instagram. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan:

Membuat Emoticon Lucu di Instagram Dengan Aplikasi Keyboard SwiftKey

Untuk membuat emoticon yang lucu dan unik di Instagram, kali ini saya akan menggunakan aplikasi bernama Keyboard SwiftKey. Aplikasi keybord ini didukung dengan emoticon yang cukup lengkap dan unik.

Kamu bisajuga menggunakan aplikasi keybord lainya yang didukung dengan fitur emoticon. Untuk aplikasi keyboard yang bisa jadi pilihan kamu, kamu bisa baca tulisan saya: 15+ Aplikasi Keyboard Android Terbaik Yang Kaya Fitur Keren

Tahap Satu: Memasang Aplikasi Keyboard SwiftKey

  1. Karena kita menggunakan aplikasi, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi keyboard Keyboard SwiftKey yang fiturnya sudah cukup lengkap. Silakan kamu buka Google Play StoreCara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (1)
  2. Ketikkan pada menu pencarian Keyboard SwiftKeyCara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (2)
  3. Install aplikasi keyboard SwiftKey pilihan kamu di smartphone atau tablet android. Silakan tunggu sampai proses instal selesai. lama waktu instal tergantung dengan kecepatan internet kamu. Makin cepat, ya makin segera selesai.Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (3)
  4. Setelah berhasil instal aplikasi Keyboard SwiftKey, aktifkan aplikasi tersebut dengan cara buka aplikasi Keyboard SwiftKeyCara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (4)
  5. Begitu aplikasi Keyboard SwiftKey terbuka, silakan tap Aktifkan SwiftKey.Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (7) - Copy
  6. Maka kamu akan langsung di arahkan ke bagian “Bahasa & masukan”. Silakan tab tanda di sebelah Keyboard SwiftKey, sehingga warnanya berubah jadi biru.
  7. Maka akan muncul Perhatian, silakan tab Oke.
  8. Dengan begitu Keyboard SwiftKey telah aktif, lanjutkan dengan tab Pilih Swiftkey
  9. Maka akan muncul di layar kata Ubah Keyboard, pilih Keyboard SwiftKey.Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (8)

Kini Keyboard SwiftKey telah aktif. Saatnya mencoba fitur emoticon Keyboard SwiftKey di Instagram

Tahap Dua: Membuat Emoticon Lucu di Instagram

Kini saatnya kita membuat emoticon lucu dan unik di Instagram, caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram. Kali ini saya akan mencobanya pada kolom komentar.Cara Membuat Emoticon Lucu Dan Unik di Instagram Android (9)
  2. Cari Postingan yang akan kamu berikan komentar
  3. Silakan buat komentar dengan emoticon lucu dan unik di Instagram.

Aplikasi Keyboard SwiftKey yang memiliki fitur emoticon ini tidak hanya bisa digunakan di aplikasi Instagram saja, tetapi juga bisa digunakan di berbagai sosial media lain seperti Twitter, Facebook, BBM, dan masih banyak lagi.

Bisakah Membuat Emoticon Dengan Kode?

Jika kita menggunakan komputer dan membuka facebook, kita bisa membuat emoticon dengan memasukkan kode tertentu. Lalu jika kode tertentu kita masukkan, maka secara otomatis akan berubah menjadi emoticon.

Misalnya kita memasukkan kode :-), maka secara otomatis akan berubah menjadi emotikon orang senyum. Apakah cara ini juga berlaku di Instagram?

Ternyata, ketika saya coba memasukkan kode 🙂 pada kolom komentar di Instagram, hasilnya tidak berubah. Kode tersebut tetap jadi seperti itu dan tidak berubah jadi wajah senyum. Jadi bisa disimpulkan bahwa kode emoticon tidak bisa bekerja jika di gunakan di aplikasi Instagram.

Membuat Emoticon Lucu Di Instagram Tanpa Aplikasi

Pertanyaan berikutnya, mungkinkah kita membuat emoticon di kolom komentar atau postingan Instagram tanpa menggunakan bantuan aplikasi lain? Jawabanya: Bisa. tetapi dengan satu syarat, keyboard bawaan ponsel kamu telah di dukung dengan keberadaan emoticon.

Lagi-lagi kembali pada ketentuan awal: Kita bisa membuat emoticon di Instagram android, jika keyboard didukung dengan fitur emoticon baik itu dari aplikasi keyboard pihak ketiga maupun aplikasi keyboard bawaan.

Masalahnya tidak semua ponsel memiliki keyboard bawaan yang dibekali dengan fitur emoticon. Salah satu ponsel yang memiliki keyboard bawaan dengan fitur emoticon adalah Xioami. Jadi buat kamu para pengguna smartphone Xiaomi, tak perlu repot menginstal aplikasi keyboard hanya untuk membuat emoticon lucu dan unik di Instagram.

Ada pertanyaan atau komentar?