Cara Membuat Baris Baru/Paragraf di BBM Android [Tekan Enter]

Cara Membuat Baris Baru/Paragraf di BBM Android [Tekan Enter], Kamu masih menggunakan BBM sebagai aplikasi media sosial yang menunjang kebutuhan chat kamu? its oke, tidak masalah. Sebab memang BBM masih menjadi aplikasi media sosial yang banyak digemari di tanah air. Ia tidak ditinggalkan pengguna setianya, meski kini ada banyak sekali aplikasi chat dengan berbagai fitur hebat bermunculan.

Nasib aplikasi BBM memang tak setragis ponsel yang membawanya, Blackberry. Padahal aplikasi BBM juga tidak wah-wah banget, masih ada sejumlah kekurangan yang dibawanya. Salah satunya, ketika kita menekan tombol enter, bukanya baris baru yang muncul. Tapi malah pesan yang kita tulis terkirim. Kamu mungkin juga pernah mengalaminya.

Cara Membuat Baris Baru di BBM

Nah jika kamu pernah mengalaminya, dan sampai sekarang masalah itu belum terpecahkan. Saya punya cara membuat baris baru di BBM dengan mudah. Setidaknya cara berikut akan memunculkan enter pada BBM benar-benar sebagai tombol enter, bukan mengirim pesan.

Setidaknya, saya punya 4 cara untuk membuat paragraf baru di BBM. Tapi sayangnya, salah satu cara harus dilakukan dengan root android terlebih dahulu. Jadi tidak saya ulas dalam tulisan di jurnalponsel ini. Lagi pula saya juga tidak berharap kamu menggunakan cara itu.

Baiklah, kita mulai dari cara pertama:

1. Lakukan Update

Selama kamu masih menggunakan BBM versi lama, kamu tidak akan pernah bisa membuat tombol enter muncul. Yang ada hanya tombol send (kirim). Sebab memang fitur itu tidak ada.

Adanya hanya pada BBM versi terbaru. Minimal kamu harus menggunakan BBM versi 2.9.0.51 atau yang lebih baru. Pada saat tulisan ini dibuat, BBM sudah ada pada versi 3.3.10.102. yang sudah dilengkapi dengan fitur mengubah tombol enter menjadi enter, bukan send.

Seharusnya sejak ada pembaharuan (update) BBM, kamu sudha menerima pembaharuan. Tapi kalau tidak, kamu bisa lakukan update secara manual. Caranya:

  • Buka Aplikasi Play Store -> tekan ikon yang ada di pojok kiri atas -> klik Aplikasi & Game Saya -> cari dan klik aplikasi BBM -> pilih update.

Setelah itu, silakan tunggu sampai proses selesai. Kalau sudah kamu perbarui, kita lanjutkan dengan cara berikutnya. Yaitu mengubah settingan bawaan (deafult).

2. Ubah Setting an BBM

Setelah kamu lakukan pembaharuan BBM, selanjutnya mari kita ubah settingan (pengaturan) agar tombol enter di BBM berfungsi sebagai pembuat baris baru. Caranya:

  • Silakan buka aplikasi BBM sebagaimana biasanya
  • Tekan ikon bergambar manusia yang berada di pojok kanan paling bawah dan paling pojok bertuliskan ‘Saya’.
  • Kamu akan melihat berbagai pilihan, silakan pilih yang ‘Obrolan’ dan klik bagian itu. di sana, kamu akan melihat berbagai pilihan. Ada ‘Selalu Tampilan Keyboard’ dan lainya.
  • Nah, pada bagian ‘Menekan ENTER di Keyboard Ganti Baris’ silakan centang.
  • Setelah itu tekan tombol back (kembali)

Mulai dari sekarang, tombol enter kamu sudah berfungsi sebagai pembuat baris baru. Jadi kamu tidak perlu takut lagi menekan tombol enter dan takut jadi terkirim.

3. Mengubah Keyboad menjadi Swiftkey keyboard

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tombol enter BBM berfungsi sebagai pembuat baris baru adalah dengan mengganti keyboard bawaan android menjadi Swiftkey keyboard.

Swiftkey keyboard bisa dibilang adalah salah satu aplikasi keyboard terbaik. saya pernah mengulasnya pada tulisan lain di jurnalponsel pula. Silakan kamu baca pada tulisan berjudul Aplikasi Keyboard Terbaik jika kamu ingin tahu soal Swiftkey keyboard. Atau kamu bisa juga lihat aplikasi keyboard lainya.

Nah untuk mengubah enter menjadi pembuat baris baru di android, kamu bisa lakukan dengan cara berikut:

  • Silakan download terlebih dahulu apliaksi Swiftkey keyboard yang tersedia di Google Play Store. Caranya buka Google Play Store dan silakan ketikkan nama Swiftkey keyboard di menu search. Atau bisa juga kamu download melalui: Link Download
  • Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. selanjutkan tunggu pula sampai instalasi Swiftkey keyboard selesai dilakukan. Kalau sudah, lanjutkan dengan aktifkan aplikasi.
  • Cara untuk mengaktifkan aplikasi Swiftkey keyboard bisa kamu lakukan dengan masuk ke ke menu pengaturan -> cari Bahasa dan Masukan, Klik -> pilih Swiftkey Keyboard.
  • Setelah itu, tekan tombol back. Lalu lanjutkan dengan buka aplikasi BBM dan mulailah chat. Lihatlah, tombol Mail yang berada di bagian pojok sebelah kanan, silakan tekan tombol sampai muncul icon Enter.
  • Sampai pada proses ini, kamu sudah bisa menggunakan tombol enter untuk membuat paragraf atau baris baru.

Aplikasi Swiftkey keyboard juga mendukung untuk kamu memiliki berbagai macam tampilan keyboard yang menarik. Jadi cobalah.

Catatan: sebelum memulai cara di atas, ada baiknya kamu ganti settingan bahasa kamu menjadi bahasa Indonesia. Biar kamu menemukan tombol yang sama dengan yang saya jelaskan di atas.

Akhir Kata

Setidaknya setelah kamu mengubah tombol enter dari yang sebelumnya berfungsi sebagai tombol send menjadi tombol pembuat baris baru atau paragraf, kamu akan memiliki berbagai macam kelebihan ketimbang sebelumnya.

Kini, jika kamu menuliskan pesan text pada BBM, maka pesan kamu akan terlihat semakin rapi dan mudah dibaca. Termasuk ketika kamu menulis undangan atau alamat. Selanjutnya, kamu juga akan terhindar dari ketidak sengajaan mengirim pesan yang seharusnya tidak kamu kirim terlebih dahulu.