Cara Membuat Animasi Bergerak Foto Selfie Untuk DP BBM Android

Cara Membuat Animasi Bergerak Foto Selfie Untuk DP BBM Android, Tak salah bila sampai dengan saat ini masih banyak pengguna aplikasi BBM. Sebab memang BBM memiliki berbagai fitur keren yang tak sebarang aplikasi chat lainya miliki. Misalnya saja fitur DP (Display Picture) dengan animasi gambar maupun tulisan yang bisa bergerak.

Berbagai tampilan menarik mulai dari animasi romantis, lucu, hingga unik. Baik terbuat dari gambar maupun video mampu bergerak di DP BBM dengan format GIF. Tapi untuk membuat DP BBM semacam itu, tak hanya sekadar butuh aplikasi BBM saja. Melainkan juga harus ditunjang dengan beberapa aplikasi lain.

Membuat Animasi Bergerak Untuk DP BBM

Beberapa diantara kamu mungkin sudah sangat ahli dan pandai dalam membuat DP BBM dengan animasi bergerak. Tapi buat kamu yang sama sekai tidak bisa atau masih penasaran bagaimana cara membuatnya, saya punya ulasan bagaimana cara membuatnya.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi sebagaimana saya sebutkan di bawah ini:

Pertama, Menggunakan PicSay dan Animated GIF Maker

Cara pertama menggabungkan dua aplikasi sekaligus. Yaitu aplikasi PicSay dan Animated GIF Maker untuk membuat DP BBM dengan animasi bergerak baik menggunakan foto pribadi maupun foto lainya.

Nah untuk membuatnya, langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduhlah aplikasi PicSay dan Animated GIF Maker yang tersedia di Google Play Store.
  2. Setelah selesai unduh dan instal kedua aplikasi, silakan jalankan terlebih dahulu aplikasi PicSay dan bukalah gambar yang telah kamu pilih, dengan mengubahnya menjadi resolusi 120 x 120 piksel.
  3. Buatlah gambar tadi menjadi tiga kali berurutan atau lebih, bisa menggunakan gambar yang sama, atau bisa juga berbeda.
  4. Selanjutnya buka aplikasi Animated GIF Maker lalu buka juga ketiga gambar yang sudah disiapkan melalui aplikasi Animated GIF Maker.
  5. Urutkan gambar yang telah dipilih berdasarkan kesukaan. Bisa 1-2-3 atau 3-2-1 atau lainya didalam aplikasi Animated GIF Maker.
  6. Setelah itu simpan gambar dan biarkan aplikasi Animated GIF Maker yang bekerja dengan tugasnya. Begitu gambar sudha tersimpan, buka file manager dan silakan gunakan gambar animasi bergerak foto selfie kamu untuk DP BBM.

Kedua, Menggunakan Animated profile for BBM

Animated profile for BBM juga bisa kamu gunakan untuk membuat animasi bergerak dengan foto selfie kamu menjadi DP BBM yang keren. Foto atau gambar tersebut akan di simpan dalam format gif, sehingga bisa bergerak ketika dijadikan DP media sosial. Tak hanya BBM.

Nah jumlah maksimal potongan gambar yang bisa kamu gunakan adalah 5 kali shot (gerakan). Gambar akan langsung secara otomatis di simpan di galeri ketika telah selesai kamu edit dan save.

Langkah membuat DP BBM bergerak menggunakan Animated GIF Maker adalah sebagai berikut:

  1. Silakan instal terlebih dahulu aplikasi Animated GIF Maker, kamu bisa menemukan file apk nya di Google Play Store.
  2. Setelah berhasil terinstal, buka aplikai dan tap icon camera yang berada di sebelah pojok kiri paling bawah. Maka kamu akan diarahkan langsung ke kamera. Silakan selfie dan ambil gambar pribadi kamu.
  3. Caranya, tahan posisi kamera selama 3 detik untuk mengambil 5 buah foto secara langsung melalui aplikasi yang akan dijadikan animasi bergerak.
  4. Setelah selesai, semuanya akan langsung tersimpan di galeri.

Untuk dijadikan sebagai DP BBM animasi bergerak, cukup kamu buka aplikasi BBM lalu ganti DP dengan DP animasi bergerak yang telah kamu buat tadi. Selesai..

Ketiga, Menggunakan Aplikasi Momentcam

Berikutnya, untuk membuat animasi bergerak dengan wajah sendiri atau foto selfie bisa juga menggunakan aplikasi momentcam. Aplikasi pembuat Gif ini memiliki 2 fitur utama yaiut membuat karakter dan animasi.

Fitur animasi atau Emoticon bisa kita gunakan untuk untuk membuat DP BBM bergerak. Apalagi di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai animasi lucu mulai dari emoticon tertawa, olah raga, ulang tahun, bersedih, bekerja, dan masih banyak lagi.

Cara membuat animasi bergerak foto selfie menggunakan aplikasi ini untuk DP BBM adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, jelas kamu harus terlebih dahulu download aplikasi Momentcam melalui Google Playstore. Tersedia secara gratis. lalu instal sampai selesai.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi momentcam dengan cara slide ke kanan 2x untuk memulai. Begitu terbuka, lanjutkan dengan pilih Emoticon.
  3. Kamu akan diminta untuk memfoto wajah. terserah kamu mau pasang wajah yang bagaimana, saran saya buatlah mimik wajah yang gokil, lucu atau apa lah. Terserah kamu saja.
  4. Setelah itu, pilih gender kamu, Boy atau Girl. Tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan animasi lucu tercipta secara otomatis. Kamu bakal melihat ratusan animasi.
  5. Selain mengambil foto secara langsung, bisa pula kamu tambahkan dengan foto yang sudah ada di gallery. Untuk edit foto, kamu bisa buka menu “Face Edit”.
  6. Setelah selesai, langsung dah saving. Maka biarkan aplikasi bekerja dan gambar kamu siap kamu gunakan sebagai DP BBM begitu proses saving selesai.

Syarat Supaya DP BBM Bisa Bergerak

Perlu kamu tahu bahwa tidak semua file gambar gif bisa dijadikan DP BBM bergerak. Hal ini karena untuk bisa jadi DP BBM bergerak ada beberapa syaratnya. Diantaranya ukuran file maksimal 32 kb, dimensi gambar harus persegi dengan resolusi 30px X 30px, 50px X 50px dts.

Tapi jika gambar yang kamu buat terlalu besar, kamu bisa memperkecilnya menggunakan beberapa aplikasi lain. Misalnya Gif Optimizer, Gif Resizer, atau SuperGIF.