Cara Membuat Akun Google Baru Di Perangkat Android

3 min read

Cara Membuat Akun Google Baru di Android – Akun Google sekarang sudah dianggap penting oleh banyak orang. Terutama bagi mereka pengguna android. Gimana tidak? Akun google menjadi alat yang canggih. Dengan menggunakan satu akun, pengguna bisa menikmati banyak layanan yang sudah disediakan google. Misal, google chrome, google drive, google mail (gmail), google maps, playstore, dan masih banyak lagi yang lain.

Nah sebelum menggunakan semua layanan itu, pengguna perlu membuat akun google terlebih dahulu. Tentunya, pengguna tidak bisa menggunakan layanan google jika belum memiliki akun.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberi tahu cara membuat akun google baru  di android. Kebetulan merek handphone saya adalah Asus, jadi nanti kalau kalian menemukan sedikit perbedaan silakan dicari tahu sendiri ya di handphone nya. Tapi, biasanya tidak akan jauh berbeda dari yang saya jelaskan.

Cara Membuat Akun Google di Hp Android

Jadi gini, untuk membuat akun google baru, coba lihat cara di bawah ini deh. Check this out!

  1. Nyalakan handphone mu ya sob, jangan lupa. Ini sangat penting! Kalau handphone tak nyala, otomatis kamu tak akan bisa membuat akun Google.
  2. Terus cari pengaturan atau setelan di menu android mu. Pasti adakan ya? Hampir di semua android ada. Mungkin kalau tidak ada, android mu berbahasa selain bahasa Indonesia. Coba cek! Saya pribadi lebih suka menggunakan pengaturan menggunakan bahasa Indonesia, ketimbang menggunakan bahasa lain.Cara Membuat Akun Google Baru Di Perangkat Android
  3. Pengaturan atau setelan, bisa juga kamu temukan dengan cara gesek (swipe) layar ponsel kamu dari atas ke bawah, lihat ikon gigi rantai. Itulah menu pengaturan.Cara Membuat Akun Google
  4. Nah, kalau sudah ketemu. Silakan cek ada pilih option “Google” tidak? Kalau di handphone saya kebetulan memang sudah ada dari pabriknya sob. Kalau tidak ada, jangan khawatir. Coba cari option “akun dan sinkronisasi”. Kemudian klik “tambahkan akun”. Pilih “google”.Cara Membuat Akun Google
  5. Selanjutnya kalian akan diarahkan langsung masuk ke akun google. Kemudian, pilih “google+”.
  6. Selanjutnya pilih tambahkan akun.
  7. Kamu akan ditanya, apakah akan memasukkan akun Google baru atau yang sudah ada. Kali ini saya coba yang akun Google Baru
  8. Silakan isikan nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama yang ingin kalian gunakan.
  9. Lanjutkan dengan meng-klik “berikutnya”.
  10. Kemudian akan kalian akan diminta untuk mengisi data informasi dasar. Seperti tanggal lahir dan jenis kelamin.
  11. Selanjutnya, kalian diminta untuk membuat alamat gmail sesuai dengan keinginanmu. Untuk membuat alamat gmail ini, tidak diperlukan spasi. Jadi, langsung digabung saja.
  12. Next, membuat kata sandi. Silakan buat se-kreatif mungkin agar tidak mudah dibobol orang lain, apalagi teman sebelahmu itu. Minimal 8 karakter ya. Biasanya google memberikan saran untuk memperkuat kata sandi dengan menggunakan campuran huruf, angka, dan simbol. Nah kan, kata sandi itu akan cukup rumit. Jangan sampai lupa ya sob! Catat kata sandi tadi di kertas lalu simpan.
  13. Kemudian kalian akan diminta untuk menambahkan nomor telepon. Jika sudah ditambahkan, maka google akan memverifikasi nomor itu dengan mengirimkan SMS (mungkin akan dikenai biaya). Tapi, kalian juga boleh tidak menambahkan nomor telepon dengan meng-klik “lewati”. Sebab, langkah yang satu ini bersifat optional. Boleh diisi atau boleh tidak. Saya memilih untuk tidak mengisinya.
  14. Tahap selanjutnya akan ada privasi dan persyaratan dari google, silakan saja disetujui dengan meng-klik “saya setuju”.
  15. Konfirmasi ulang nama pengguna dan kata sandi yang tadi sudah dibuat. Kalau merasa kurang cocok, silakan bisa di back lagi. Kalau sudah yakin benar, silakan klik “selanjutnya”.
  16. Jika sudah, maka nanti aplikasi akan loading beberapa detik untuk pemrosesan data (jika internet lancar), kemudian akan ada sinkronisasi server google yang sedang menerima pendaftaran email baru.
  17. Kemudian akan tampil pemilihan pembayaran. Biasanya digunakan suatu saat nanti kalau kalian ingin membeli aplikasi dari Google Play Store. Tapi, jika tidak berkenan, kalian bisa pilih “Tidak, terima kasih”. Lalu klik “selanjutnya”. Tenang saja, kalau kalian ingin mengubahnya lagi, bisa diatur di kelola akun google.
  18. Setelah itu, aplikasi akan melakukan proses lagi dan tertutup sendiri jika sudah selesai proses. tidak lama kemudian, akan ada notifikasi masuk sebagai tanda pemberitahuan bahwa akun google kalian berhasil dibuat.
  19. Akun google mu pun siap digunakan.

Nah, akun google kalian sudah bisa aktif. Dengan begitu, kalian dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh google. Kalau ingin mengatur akun, bisa diatur di pengaturan akunnya untuk dapat mengelola akun itu dengan baik dan menatanya menjadi lebih  menarik untuk dilihat. Kira-kira begitu. Mudah kan ya buat nyaa? Jelas dong!

Agar Buat Akun Berhasil

Coba simak bentar nih, saya akan memberikan kalian sedikit tips supaya pemrosesan pembuatan akun google baru dapat diselesaikan dengan baik dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.

  • Pertama, coba cek kuota internetmu. Penting loh ini. Kira-kira, untuk mencapai tingkat pengunduhan yang cepat, tentu perlu kuota yang cukup juga, atau menggunakan kuota yang lumayan besar juga boleh. Bahkan, sangat disarankan.
  • Kedua, koneksi internet harus stabil. Nah ini nih, tidak kalah pentingnya sob. Kalau kalian punya kuota tapi koneksi internet buruk atau tidak ada koneksi internet. Perjalananmu untuk membuat akun google baru ini akan terancam lama atau bahkan gagal.
  • Ketiga, siapkan alamat email atau nama pengguna yang menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Nah, sebelum membuat akun google ini, ada baiknya kalian mempersiapkan alamat email atau nama penggunanya dulu sob. Biasanya kalau tidak sesuai atau terlalu mudah ditebak oleh google, google akan menolak dengan tampilan berwarna merah.

Daripada sakit hati ditolak, lebih baik dipikirkan dulu matang-matang ya. Tapi tolong, ini bukan mengerjakan soal ujian, jadi tenang saja, tidak perlu pusing! Oh iya lupa, ini juga berlaku untuk pembuatan kata sandinya ya.

Membuat akun google baru tidak sesulit yang kalian bayangkan sob, masih sulit mengerjakan ujian matematika, wahaha. Yasudah, semoga bermanfaat yaa. Jika masih bingung, silakan berkomentar, saya akan berikan jawaban terbaik.

Macam-Macam Versi Android Beserta Gambar dan Penjelasannya

Di Indonesia bahkan dunia ada dua kelompok besar pengguna smartphone. Mereka adalah pecinta iOS dan sisanya adalah pecinta Android. Jika dibuat perbandingan, jumlah pengguna...
litalia
5 min read

4 Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri hp Tanpa…

Kebanyakan orang hanya tahu bagaimana menyimpan video youtube dalam mode offline. Artinya file video bisa diputar secara offline, tetapi memutarnya harus menggunakan Youtube. Video...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *