Cara Mendaftar/Membuat Akun BBM Dengan Email & Nomer HP

Cara daftar atau Membuat BBM di Android dengan Mudah dan Cepat, Blackberry Messenger atau yang lebih kita kenal dengan nama BBM merupakan salah satu layanan berkirim pesan yang menggunakan internet sebagai basis cara kerjanya. BBM masuk menjadi salah satu aplikasi sosial media yang paling laris digunakan.

Tercatat hingga saat ini, hampir setiap orang membuat akun BBM pada perangkat smartphone mereka. Pada edisi tahun 2017, BBM telah membuat banyak perubahan dan penambahan fitur dari versi pertamanya.

Pembaharuan ini membuat BBM versi terbaru lebih menarik dan lebih mengakomodasi kebutuhan pengguna dari yang semula hanya digunakan untuk chatting hingga sekarang kita bisa membuat panggilan video, berkirim file, serta mengupdates status atau foto.

Jika dulu BBM hanya bisa digunakan di ponsel Blackberry, kini bisa digunakan berbagai jenis perangkat berbasis OS Android dan juga iOS.

Cara Membuat Akun BBM

Membuat akun ID BBM pun sekarang relatif lebih mudah. Setidaknya, kita bisa membuat akun ID BBM melalui dua cara; yaitu membuat BBM melalui registrasi alamat email dan mendaftar BBM melalui registrasi nomor ponsel. Keduanya cukup mudah untuk dilakukan, tergantung kebutuhan kita masing-masing.

Diantara dua cara tersebut tidak ada perbedaan layanan dan fitur yang kita dapatkan ketika mendaftar akun ID BBM melalui emai ataupun melalui nomor ponsel.

Bagi anda yang kebetulan ingin membuat akun ID Blackberry Messenger (BBM) di perangkat android anda, jurnalponsel telah merangkum langkah-langkah mendaftar atau membuat Akun Blackberry Messenger (BBM) di Android dengan cepat dan mudah seperti berikut.

Cara Membuat Akun ID BBM di Android melalui Email

Sebelum memulai membuat akun ID BBM di perangkat android melalui registrasi email, pastikan kita telah memiliki akun email terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki akun email, silakan ikuti langkah-langkah membuat BBM di bawah ini :

  1. Buka aplikasi BBM pada ponsel android kita. Jika belum punya, kita bisa mendownload dan memasang aplikasi BBM melalui Play Store. Jika sudah, pada halaman yang mundul pertama kali di aplikasi BBM, tekan button Sign Up with Email Adress
  2. Jika sudah, akan keluar halaman dialog baru dimana kita akan diminta untuk melengkapi data sesuai data yang kita punyai. Isi form tersebut dengan Nama pengguna kita, kemudian tuliskan alamat email kita, dan yang terakhir buat kata sandi dengan memakai sedikitnya 6 karakter. Boleh perpaduan huruf dan angka, angka saja, atau huruf saja. Pilih sandi yang aman dan tidak mudah ditebak oleh orang lain untuk keamanan akun anda.
  3. Ketika seluruh data sudah terisi dan yakin dengan kata sandi yang ingin digunakan, tekan Create Account.
  4. Setelah itu, akan muncul kotak dialog berisi konfirmasi alamat email kita. Pastikan alamat email yang kita daftarkan sudah benar dan tidak salah ketik. Jika salah ketik, tekan tombol Wrong Email. Sedangkan kalau sudah benar, tekan It’s Correct.
  5. Setelah konfirmasi email, akan muncul kotak dialog baru berisi pertanyaan apakah kita bersedia untuk menerima pemberitahuan pembaruan BBM melalui email. Pada langkah ini, kita bisa memilih apapun yang kita sukai. Jika ingin menerima pemberitahuan via email, silakan tekan yes. Jika sebaliknya, tekan not now. Untuk langkah yang satu ini, kami sarankan untuk menekan not now.
  6. Selama halaman setting up BBM ditampilkan, akan muncul kotak dialog yang memberitahukan kita fitur Find Friends. Pilih menu SKIP saja, sebab kita bisa mencari dan menambahkan teman di BBM kita setelah proses registrasi berhasil dan kita sudah memiliki PIN BBM.
  7. Ketika setting akun dan proses registrasi sudah berhasil, maka akan muncul pilihan menu untuk menyetting profile BBM kita. Namun sebelum memulai, kita konfirmasi verivikasi registrasi kita yang diemailkan BBM ke email yang kita gunakan untuk mendaftar akun BBM.
  8. Buka akun email kita dan buka email baru yang dikirimkan oleh BBM. Caranya, buka email baru lalu tekan link biru bertuliskan confirm your email address yang ada di badan email.
  9. Ketika kita menekan konfirmasi alamat email kita, secara otomatis browser akan terbuka dan menuju ke halaman masuk BBM. Kita hanya perlu menuliskan kata sandi, lalu tekan submit.
  10. Ketika proses login via browser ini selesai, berarti akun kita telah terverivikasi secara penuh. Kita bisa memulai untuk mengatur profile kita dengan membuka kembali aplikasi BBM kita.
  11. Sekarang kita bisa memulai untuk mencari dan menambahkan teman atau menerima permintaan teman baru melalui tukar-menukar PIN BBM atau scan barcode. Kita juga bisa memasang Display Picture (DP / Profile Photo) atau membuat Personal Message (PM / Status Updates) kita.

Cara Mendaftar Akun BBM di Android melalui Registrasi Nomor Telepon

Selain mencoba registrasi atau membuat akun ID BBM menggunakan email. Cara kedua yang bisa kita gunakan untuk membuat akun ID BBM adalah dengan menggunakan nomor ponsel atau nomor telepon kita.

Cara membuat akun ID BBM melalui nomor ponsel pun bisa dibilang jauh lebih mudah daripada membuat ID BBM melalui email, sebab kita tidak perlu repot-repot membuat email terlebih dahulu.

Namun, sebelum membuat akun ID BBM melalui nomor telepon, ada baiknya untuk memastikan bahwa nomor telepon yang akan kita daftarkan masih aktif digunakan. Hal ini penting sebab kita akan menerima kode vericikasi melalui nomor telepon untuk kemudian dimasukkan ke halaman verivikasi BBM.

Jika nomor telepon kita sudah dipastikan aktif dan bisa menerima pesan singkat atau telepon konfirmasi.

Silakan ikuti langkah-langkah membuat akun ID BBM di Android melalui nomor telepon di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BBM pada ponsel android kita. Jika belum punya, kita bisa mendownload dan memasang aplikasi BBM melalui Play Store. Jika sudah, pada halaman yang muncul pertama kali di aplikasi BBM, isikan terlebih dahulu pilihan negara. Karena kita tinggal dan menggunakan nomor ponsel di Indonesia, maka pilih Indonesia.
  2. Pada form isian data, masukkan data sesuai dengan data yang kita miliki. Isi nama pengguna yang ingin kita gunakan, nomor ponsel, dan kata sandi minimal 6 karakter. Kata sandi bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka, atau hanya angka atau hanya huruf. Pastikan menggunakan kata sandi yang sulit ditebak untuk keamanan akun ID BBM kita.
  3. Jika sudah memastikan data yang kita isikan benar, tekan Create Account.
  4. Setelah menekan Create Accout, akan ditampilkan kotak dengan form konfirmasi kode verivikasi. Kode vericikasi akan dikirimkan kepada kita ke nomor ponsel yang kita pakai untuk mendaftar akun ID BBM.
  5. Tunggu beberapa detik, hingga pesan singkat dari BBM masuk ke nomor telepon kita.
  6. Salin dan tempel kode verivikasi BBM yang dikirmkan via sms, lalu masukkan pada kotak dialog yang ditampilkan oleh aplikasi BBM kita. Jika sudah, tekan “Verfy”
  7. Aplikasi BBM akan memverivikasi akun ID BBM yang kita buat. Tunggu hingga proses verivikasi akun selesai.
  8. Selama halaman setting up BBM ditampilkan, akan muncul kotak dialog yang memberitahukan kita fitur Find Friends. Pilih menu SKIP saja, sebab kita bisa mencari dan menambahkan teman di BBM kita setelah proses registrasi berhasil dan kita sudah memiliki PIN BBM.
  9. Sekali lagi, tekan SKIP ANYWAY
  10. Ketika Proses setting BBM dan verivikasi ID BBM selesai, akan muncul dialog untuk menyetting profile kita. Sekarang kita bisa memulai untuk mencari dan menambahkan teman atau menerima permintaan teman baru melalui tukar-menukar PIN BBM atau scan barcode. Kita juga bisa memasang Display Picture (DP / Profile Photo) atau membuat Personal Message (PM / Status Updates) kita.

Akhir Kata

Bagaimana? Cara Membuat BBM di Android ini mudah diikuti, bukan? Setelah memiliki akun ID BBM, kita bisa mulai berkirim pesan, membuat panggilan video, hingga membuat pembaharuan status dan mengunggah foto untuk teman-teman yang ada di kontak BBM kita. Semua fitur tersebut dibuat oleh BBM untuk memanjakan para penggunanya.

Dengan adanya aplikasi BBM di perangkat android dan IOS, kita bisa saling menggunakan aplikasi ini dengan teman-teman kita tanpa perlu membeli ponsel Blackberry terlebih dahulu.

Nah jika kamu belum memiliki akun BBM, Segera buat akun BBM mu. Mudah kok caranya.