Cara Membatakan Pemblokiran (Unblock) Kontak BBM Teman di Smartphone dan Tablet Android

Cara Membatalkan Pemblokiran (Unblock) Kontak Bbm Di Smartphone Dan Tablet Android, Seluruh pengguna aplikasi Blackberry Messenger (BBM) pasti sudah familiar dengan fitur block contact yang disediakan oleh media berkirim pesan instan yang satu ini. Kita bisa menggunakan fitur ini untuk memblock teman atau kontak kita untuk alasan tertentu seperti mengurangi spam, mendelete akun yang tidak aktif, mengurangi jumlah kontak yang tidak dikenal, dan sebagainya.

Beberapa kali kita mungkin kesal dengan orang-orang yang ada di daftar kontak kita dan sering mengganggu dengan mengirimkan pesan broadcast terlalu sering, spam Ping!!!, pending, bahkan mengirimkan chat yang tidak senonoh ke kita. Melalui fitur block, kita bisa membatasi aktivitas spam mereka sehingga mereka tidak bisa mengirim pesan atau mengirimkan pertemanan dengan kita.

Cara Membatalkan Pemblokiran

Namun dalam beberapa kasus juga, kita justru perlu untuk membatalkan pemblokiran yang telah kita lakukan kepada mereka. Jangan khawatir, meski sudah kita block, sebenarnya setiap kontak yang kita “tolak” akan masuk ke daftar pemblokiran.

Hal ini mirip dengan sistem yang dimiliki oleh facebook dan twitter. Berikut ini adalah cara membatalkan pemblokiran (unblock) kontak BBM teman di Smartphone dan Tablet Android yang bisa kita lakukan:

  1. Pastikan bahwa aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di perangkat smartphone android kita adalah aplikasi BBM dengan versi 2.0 ke atas, tepatnya adalah versi 2.12.0.11 ke atas. Namun untuk saat ini, saya menggunakan BBM adrodi versi 3.3.11.146. ini adalah versi paling baru ketika tulisan ini saya buat. Ketika kamu membaca tulisan ini, bisa saja versi yang lebih baru telah keluar.
  2. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara membaharui aplikasi BBM android, kamu bisa mulai dengan membuka Play Store lalu tekan tanda di pojok kiri paling atas. klik kata Aplikasi & Game Saya. setelah itu cari dan update BBM. Jika masih bingung, silakan baca tulisan saya: Cara Memperbarui Aplikasi BBM Ke Versi Terbaru.
  3. Setelah selesai kamu perbarui, langsung saja buka aplikasi Blackberry Messenger (BBM) di smartphone ataupun tablet android kita. Untuk aplikasi BBM versi yang lama, dimulai dengan tap ikon tiga garis yang berada di bagian pojok kiri atas tampilan aplikasi. Kemudian pilih dan tap menu setelan untuk masuk ke opsi pengaturan aplikasi  Blackberry Messenger (BBM).
  4. Tapi untuk aplikasi BBM versi terbaru, kamu tidak akan menemukan pengaturan ketika melakukan tap ikon tiga garis yang berada di bagian pojok kiri atas tampilan aplikasi. Yang perlu kita lakukan adalah tab ikon yang berada di bagian pojok kanan paling bawah. Ikonya digambarkan dengan simbol manusia bertuliskan “Saya” atau Me.
  5. Pada aplikasi BBM yang lama juga, kita harus melakukan scrool tampilan hingga bawah atau samapi muncul menu “Kontak dan Umpan yang diblokir”. Tap menu tersebut, dan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) akan menampilkan daftar kontak yang telah kita blokir.
  6. Tapi pada aplikasi BBM yang baru, kita perlu terlebih dahulu melakukan tab pada menu “Kontak” setelah kita masuk pada menu “Saya (me)” baru setelah kita bisa menemukan menu “Kontak dan Umpan yang diblokir”.
  7. Ketika kita tab menu “Kontak dan Umpan yang diblokir” kita akan melihat dua buah pilihan menu, “Orang” dan “Umpan”. Jika kamu ingin membatalkan pemblokiran pertemanan dari seseorang, letak kontak yang kamu cari berada pada menu “Umpan”.
  8. Pada menu “Umpan” kamu akan melihat sejumlah kontak yang telah kamu blockir. Tap dan tahan kontak yang kita inginkan untuk dibatalkan pemblokirannya selama beberapa detik sampai muncul ikon sampah. Ikon sampah ini berada di bagian pojok kanan atas.
  9. Tap ikon tempat sampah tersebut, maka kontak yang kita pilih sudah tidak berada dalam daftar kontak yang kita blokir lagi. Saran saya, jika memang tidak benar-benar penting, lebih baik selamanya diblockir saja. Dari pada mengganggu.
  10. Kita sudah bisa menginvite kembali dengan akun yang telah kita batalkan pemblokirannya. Kini terserah terserah kontak yang kamu blockir, apakah masih menerima niat baik kamu, atau malah kamu yang di blockir.

Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang mudah seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, maka kontak-kontak yang ingin kita hilangkan dari daftar kontak yang diblokir bisa kembali melakukan invite dan berinteraksi dengan kita. Atau kita juga bisa menginvite mereka terlebih dahulu.

Jika ada beberapa langkah membatalkan pemblokiran (unblock) kontak BBM di smartphone atau tablet andorid yang sedikit berbeda dengan aplikasi  Blackberry Messenger (BBM) yang kamu miliki, kamu bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan opsi yang ada di aplikasi  Blackberry Messenger (BBM) anda.

Catatan

Sebagai mana banyak tulisan yang telah saya buat, saya selalu menutupnya dengan dua catatan. Pertama terkait dengan versi BBM yang kita gunakan. Saya sarankan, jika kamu memang suka aplikasi BBM, teruslah memperbaruinya jika ada pembaharuan dari pengembang.

Kedua terkait dengan bahasa android, sebaiknya kamu gunakan bahasa Indonesia. Setidaknya, nama menu yang ada di ponsel kamu dengan ponsel saya jadi sama. Biar kamu tidak kebingungan.

Nah, jika setelah kamu unblock atau kamu batalkan pemblockiranya teman kamu baru kamu itu berulah dengan mengirim konten yang tidak baik. Silakan di block lagi saja untuk selamanya. Cara untuk melakukanya, kamu bisa baca tulisan saya: Cara Hapus atau DC Kontak BBM