Cara Mematikan Windows Update Di Windows 8

Hampir bisa dipastikan seluruh pengguna komputer dan laptop di Indonesia di dukung dengan platform windows. Paling hanya beberapa orang yang menggunakan Mac dan sedikit yang masih setia dengan linux. Windows memang rajanya platform komputer dan laptop di Indonesia.  Bajakanya juga banyak sekali.

Sudah menjadi hal yang biasa jika sebuah sistem operasi untuk tetap terus up to date untuk melakukan perbaikan serta tingkatkan mutunya.

Sayangnya, ketika anda menggunakan Windows bajakan. Maka mau tidak mau, anda harus mematikan fitur auto update. Jika tidak, seketika ketika laptop atau komputer anda terhubung dengan jaringan internet, maka windows anda akan terdeteksi bajakan dan komputer akan langsung mati tiba-tiba.

Plus Minus Update Windows

Meski demikian, sejujurnya saja tidak menganjurkan anda sama sekali tidak melakukan update windows jika anda menggunakan yang berlisensi. Begitupun dengan fitur auto update, saya juga tidak menganjurkan anda menggunakanya. Selalu ada sisi plus minus yang harus diterima ketika kita memutuskan mengambil sebuah tindakan tertentu.

Memilih mengaktifkan fitur auto update pada windows sisi baik dan buruk. Tetapi tidak mengaktifkanya, juga bukan berarti baik. Jika anda memutuskan untuk mengaktifkan fitur auto update windows setidaknya, anda bisa:

  • Mendapatkan pembaharuan sistem dan fitur seketika ketika windows baru saja merilisnya.
  • Membersihkan segala bug atau masalah yang terjadi pada windows yang anda gunakan.
  • Mencegah masuknya virus dan malware, serta hal-hal lainya.

Selain hal baik di atas, anda juga harus menerima beberapa sisi negatif menjalankan fitur autu update, diantaranya:

  • Beban kinerja laptop atau komputer yang anda gunakan semakin berat
  • Anda bisa kehilangan banyak kuota internet tanpa anda sadari, jika anda menghubungkan komputer dengan internet di HP anda
  • Ruang hard disk laptop/komputer anda semakin berkurang akibat auto update
  • Mematikan komputer jadi lebih lama setelah melakukan update.
  • Proses instalasi otomatis tidak boleh dihentikan atau komputer akan mengalami gangguan

Sedang kalau yang anda gunakan adalah windows bajakan, maka menyalakan auto update adalah kesalahan besar. Anda harus bersiap-siap komputer atau laptop mati mendadak setelah update dilakukan.

Cara Mematikan Windows Update

Melihat plus minus di atas, saya lebih memilih melakukan update windows 8 saya secara berkala. Jadi saya menonaktifkan fitur auto update di windows 8 dan memilih meng-update nya secaraberkala. Nah untuk mematikan windows update di windows 8, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Cara Mematikan Windows Update Ke-1

Ini adalah cara yang paling umum digunakan, saya sendiri juga menggunakan cara ini untuk mematikan windows update.

  1. Pertama-tama, silakan kamu masuk ke Control Panel. Caranya, silakan kamu arahkan kursor ke pojok kiri bawah, lalu klik kanan.
  2. Begitu masuk ke Control Panel, silakan klik System and Security.
  3. Setelah itu, pada jendela berikutnya, cari dan temukan Windows Update, lalu klik kata Turn Automatic Updating On Or Off
  4. Di jendela selanjutnya, kamu akan melihat opsi important Updates dengan dropbox di bawahnya. Klik dropbox yang bertuliskan Install Updates Automaticly (recomended). Silakan ganti menjadi Never check for update (not recommended). Dengan memilih opsi ini, maka kamu sudah mamatikan update di windows 8.
  5. Klik Oke

Cara di atas biasanya digunakan oleh kebanyakan orang yang ingin mematikan update pada Windows 8 maupun Windows 7. Tetapi untuk Windows 10, cara mematikan update nya berbeda. Sebab pada Windows 10 dibuat otomatis update dari sananya. Sayang, kita tidak akan bahas bagaimana cara mematikan windows update di windows 10 pada tulisan ini.

Cara Mematikan Windows Update Ke-2

Cara mematikan Windows Update pada Windows 8 berikutnya bisakita pilih jika kita ingin mematikan windows update secara permanen dan membuat windows tidak akan pernah melakukan update sebelum pengaturan kita ganti. Caranya:

  1. Sama seperti cara yang pertama, kita mulai cara ini dengan membuka “Control Panel” atau Panel Kontrol.
  2. Setelah itu, silakan klik “System and Security” atau Sistem dan Keamanan, tergantung seting bahasa yang kamu gunakan.
  3. Kamu akan melihat jendela baru, silakan temukan dan klik “Administrative Tools”. Biasanya terletak dibagian paling bawah.
  4. Begitu jendela baru terbuka, silakan klik 2 kali pada kata “Services”
  5. Cari “Windows Update” –> klik kanan –> Pilih “Properties”
  6. Ubah “Startup type:” dari “Automatic (Delayed Start)” menjadi “Disabled”
  7. Klik tombol “Stop”
  8. Klik Tombol “OK”

Beres, dengan begini Windows update di komputer atau Laptop kamu bebas dari auto update windows

Cara Mematikan Windows Update Ke-3

Cara mematikan windows update di windows 8 yang ketiga ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang kedua. Hanya saja, cara untuk memulainya sedikit berbeda. Untuk memulainya, kamu tidak perlu membuka Control Panel. Melainkan,

  1. Silakan buka File Manager, lalu Klik Kanan pada icon My PC
  2. lanjutkan pilih Mange
  3. Klik2 kali Service and Applications
  4. Klik 2 kali Service
  5. Cari “Windows Update” –> klik kanan –> Pilih “Properties”
  6. Ubah “Startup type:” dari “Automatic (Delayed Start)” menjadi “Disabled”
  7. Klik tombol “Stop”
  8. Klik Tombol “OK”

Jadi dari langkah nomor 3 hingga 7, sama dengan langkah yang ada pada cara ke 2 untuk mematikan Windows update di Windows 8. Dengan begini windows update di windows 8 telah tidak aktif, sekalipun kamu menggunakan Windows 8 bajakan, tetap tidak akan terdeteksi.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.