3 Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara, Anti Ribet!

Bagi pengguna personal computer, netbook, atau laptop sudah tidak asing lagi dengan smadav. Smadav merupakan salah satu jenis antivirus standar buatan Indonesia. Maklum karena buatan dalam negeri, jadi ada banyak anak bangsa yang menggunakannya. Itung-itung sebagai bukti kecintaan produk dalam negerilah. Dan memang Smadav ini cukup ampuh berperan sebagai antivirus pendamping. Mengapa?

  1. Smadav itu ringan. Ketika melakukan scanning, smadav tidak banyak membutuhkan ruang RAM maupun memori. CPU yang digunakan juga kecil. Meski ringan, bukan berarti smadav itu tidak ampuh lho ya.
  2. Smadav bisa dijalankan bersama dengan antivirus yang lain. karena smadav itu ringan, maka ia bisa dijelankan bersama dengan antivirus lain tanpa saling membebani. Smadav nanti bisa berperan sebagai benteng pertama, dan antivitus lainya berperan sebagai antivitus utama.
  3. Smadav itu murah. tak bisa dipungkiri juga, bahwa harga antivirus semadav itu murah.

Karena itu, smadav sangat terkenal sebagai antivirus pelengkap. Ia juga sangat ampuh sebagai antivirus untuk flasdisk yang dimasukkan ke komputer. Meski demikian, beberapa pengguna ada yang pro dan kontra dalam menggunakan smadav sebagai benteng dalam perlindungan data dan sistem dari virus. Tapi ada juga yang kontra dalam menggunakan smadav sebagai antivirus.

Untuk virus-virus buatan lokal, smadav sangat bisa diandalkan. Apalagi smadav sangat bisa diandalkan dalam perlindungan terhadap flashdisk atau removable drive dan tidak berat pula untuk sistem komputer. Tapi untuk virus yang sudah menginfeksi sistem, smadav tidak mudah dalam memulihkan komputer.

Sudah banyak pengguna yang komplain karena sistem yang awalnya baik-baik saja jadi berantakan karena smadav yang salah dalam mengenali sistem sebagai virus.

Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara

Untuk itu tidak ada salahnya mencoba antivirus lain sebagai opsi antivirus. Siapa tahu lebih bagus ketimbang Smadav. Kamu tidak perlu langsung menguninstall smadav. Cukup matikan sementara tugas smadav sebagai antivirus.

Setidaknya saya punya tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk mematikan antivirus smadav. Kalau dirasa smadav lebih baik, nanti bisa kamu hidupkan kembali.

Cara 1 Mematikan Smadav untuk Sementara

Cara pertama ini kita lakukan dengan cara membuka anti virus smadav, caranya:

  1. Buka smadav hingga muncul tampilan smadav di layar.
  2. Klik tab menu protect di sebelah kiri.Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara
  3. Klik disable karena hanya akan dinonaktifkan sementara. nonaktifkan sementara
  4. Selesai deh. Smadav sudah tidak aktif lagi membentengi komputer dari virus-virus.

Kalau sudah berhasil menonaktifkan smadav untuk sementara, akan muncul kotak pesan di pojok kanan bawah yang menginformasikan bahwa smadav sudah tidak aktif lagi sebagai antivirus.

Cara 2 Mematikan Antivirus Smadav

Kita lakukan cara mematikan antivirus smadav untuk sementara waktu ini melalui menu taksbar, caranya:

  1. Lihat ke ikon menu taskbar pojok kanan bawah, pasti kamu akan lihat ikon smadavcara mematikan antivirus smadav melalui menu taksbar
  2. Klik kanan ikon Smadav tersebut lalu pilih Non-aktifkan proteksi (sampai Restart)

Secara otomatis, smadav langsung berhenti bekerja untuk sementara waktu. Smadav akan kembali hidup otomatis begitu laptop kamu restart atau kamu matikan lalu hidupkan kembali. Berhenti bekerjanya smadav ditandai dengan logo smadav berubah jadi kuning.

Cara 3 Mematikan Antivirus Smadav

Cara ketiga ini kita lakukan melalui taks manager, caranya sama dengan mematika aplikasi lain:

  • Silakan kamu buka taks manager terlebih dahulu. Bisa dengan tekan kombinasi keyboard: Ctrl+Alt+Del
  • Secara otomatis di layar akan terbuka menu Task Manager
  • Pada task manager silakan kamu pilih menu bagian Process. Setelah itu cari aplikasi Smadav, klik lalu tekan End Takscara mematikan antivirus smadav 2018
  • Antivirus Smadav akan langsung berhenti bekerja sampai komputer dimatikan atau sampai kamu hidupkan kembali.

Ketiga cara mematikan anti virus smadav di atas bisa kamu gunakan. terserah mau kamu pilih cara yang mana. Yang pasti, cara di atas saja praktekkan pada smadav pro versi 12.1. untuk smadav gratisan biasanya cara yang pertama dalam tulisan ini tidak akan bisa kamu gunakan. Sebab fitur protect hanya aktif bagi pengguna smadav pro saja.

Cara Menghidupkan Antivirus Smadav

Yang perlu kamu ingat, ketika kamu memutuskan untuk mematikan anti virus entah untuk sementara waktu atau untuk selamanya, itu sama saja dengan kamu meletakkan komputer kamu rentan terkena virus. Virus bisa menyerang kapan saja. jadi alangkah lebih baiknya, jika segera kamu aktifkan kembali. Atau bisa juga kamu gunakan antivirus yang lain.

Saya memang tidak menyarankan kamu untuk mematikan antivirus smadav. Namun terkadang kita butuh untuk mematikanya. Biasanya paling sering kita matikan anti virus smadav itu ketika hendak menginstal sebuah program yang dikira virus oleh anti virus. Maka kita harus mematikan antivirus untuk sementara waktu. Kalau tidak, program tidak akan bisa diinstal.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan kembali anti virus smadav yang sudah terlanjut kita matikan untuk sementara waktu tanpa harus restart dulu? pada dasarnya, dua cara di atas bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan antivirus smadav kembali. Misalnya kamu gunakan cara yang pertama, caranya:

  • Buka antivirus smadav
  • Lalu pilih protect.
  • Pada bagian ini, kamu klik unable. Maka smadav akan kembali aktif lagi. Tanda kalau smadav sudah aktif lagi adalah ikonya di taksbar berubah warna jadi hijau.

Nah itulah cara mematikan atau menonaktifkan antivirus smadav untuk sementara waktu. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu. kalau masih bingung, silakan tulis di kolom komentar.

 

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *