3 Cara Memasukkan Subtitle ke Film dengan Mudah dan Cepat

Banyak film berkualitas diproduksi oleh negara lain dengan bahasa yang bukan bahasa Indonesia. Bagi kita yang tidak punya kemampuan bahasa asing akan jadi kendala tersendiri untuk memahami alur cerita film. Beruntung, kita bisa menggunakan yang namanya subtitle.

Sayangnya, tidak semua film dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia oleh rumah produksinya. Karena itu, kita harus menambahkan sendiri subtitle film tersebut yang kita ambil dari pihak penyedia download subtitle film.

Cara menambahkanya sangat gampang, saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan subtitle ke film baik itu di laptop ataupun di Hp. Saya akan coba memasukkan subtitle ke film berjudul You Are the Apple of My Eye yang bercerita soal kehidupan sekolah anak SMA dengan rating IMDb 7.7. Film ini buatan rumah produksi dari Taipei.

1 Download Subtitle Filmnya Dulu  

Anggap saja kamu sudah memiliki film yang akan kamu beri subtitle. Maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari subtitle bahasa Indonesia film tersebut. Kamu bisa temukan berbagai subtitle tersebut dibeberapa website penyedia subtitle film. Diantaranya:

  • Subscene (subscene.com)
  • Subsmax (subsmax.com)
  • Subtitles 4 Free (subtitles4free.net)
  • Open Subtitles (opensubtitles.org)
  • Island Fansubs (islandsubs.com)
  • Movie Subtitles (moviesubtitles.org)

Ada banyak bukan website penyedia subtitle film. Jadi silakan kamu cari dimana subtitle film yang kamu inginkan bisa kamu ketemu.    

Dari sekian banyak website penyedia subtitle film, saya paling suka menggunakan subscene.com. karena itu, pada tulisan ini saya juga akan menjelaskan bagaimana cara memasukkan subtitle ke film dimana subtitle filmnya saya dapatkan dari subscene.com. Berikut cara lengkapnya:

  1. Silakan kamu buka browser kamu di hp ataupun laptop. Jenis browser yang kamu terserah mana yang kamu suka saja. baik itu mozilla, chrome, UC, Opera dan seterusnya. Semuanya bisa digunakan.
  2. Setelah itu, langsung ketikkan subscene.com pada kolom url browser lalu klik enter atau bisa juga klik disini.
  3. Setelah situs subscene terbuka, lanjutkan dengan ketik judul film yang kamu cari di kotak pencarian lalu tekan enter atau klik search subtitle. Kali ini, saya ketikkan You Are the Apple. Saya sarankan, sebelum kamu download subtitle ketahui terlebih dahulu durasi dan resolusi filmnya. Biar subtitle yang kamu pilih sesuai dengan film kamu. Maklum saja, ada banyak pilihan subtitle yang tersedia.
  4. Kemudian akan muncul berbagai judul film yang terkait dengan keyword yang kamu masukkan. Silakan pilih yang sesuai. Kalu klik pada judul tersebut.
  5. Kamu akan melihat berbagai subtitle dalam berbagai bahasa. Silakan kamu sroll ke bawah. Atau untuk lebih cepatnya, kamu bisa juga tekan ctrl+f pada keyboard lalu ketikkan bahasa apa yang kamu inginkan. Misal Ketik indonesia.
  6. Lalu klik subtitle subtitle pilihan kamu. karena banyak pilihan, mana kamu harus pilih yang sesuai. Usahakan untuk pilih subtitle yang berwarna hijau. Yang berwarna hijau punya kualitas yang lebih baik ketimbang warna hitam atau merah.
  7. Di halaman berikutnya, silakan kamu klik download indonesia subtitle seperti gambar di bawah ini.
  8. Setelah selesai kamu download, pindahkan subtitle ke dalam satu folder bersama filmnya.
  9. Karena subtitle masih dalam bentuk winRAR, silakan kamu ekstrak terlebih dahulu. Caranya klik kanan subtitle, lalu pilih exract here. Perlu diingat, kamu bisa mengekstrak subtitle bila komputer atau laptop kamu punya program WInRAR atau ZIP, jika belum silakan instal terlebih dahulu.

Kini file subtitle telah kamu miliki bersama dengan filmnya, tinggal memasukkanya saja ke dalam film saat diputar.

2 Cara Memasukkan Subtitle ke Film

Terkadang, subtitle yang telah kamu download tidak terbaca secara otomatis ketika film kamu putar. Maka kamu harus memasukkan sendiri subtitle ke dalam film. Untuk memasukkanya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu gunakan.

Oh ya, pemutar film yang saat ini saya gunakan adalah PotPlayermini. Kamu bisa gunakan pemutar film yang lainya.

Cara Pertama

  1. Silakan buka film, lalu masukkan subtitle dengan cara drag atau seret subtitle ke dalam film yang sedang kamu putar. Caranya klik kiri subtitle lalu tahan dan seret ke film yang sedang kamu putar.
  2. Jika subtitle berhasil masuk, maka kamu akan melihat keterangan di atas film yang sedang kamu putar.

Cara Kedua

Kamu juga bisa memasukkan subtitle dengan cara buka film yang sedang kamu putar, lalu klik kanan di atas film yang sedang berjalan> pilih subtitle > pilih show subtitle.

Cara Ketiga

Cara ketiga ini bisa kamu gunakan agar subtitle terbaca oleh pemutar film secara otomatis. Caranya adalah memberi nama subtitle dan film dengan nama yang sama.

  1. Klik judul film > tekan F2 > lalu tekan ctrl+c untuk copy judul film.
  2. Klik subtitle film> tekan F2 > lalu tekan ctrl+f.

Apabila langkah satu dan dua benar, maka subtitle akan secara otomatis masuk ke film ketika film kamu putar.

Cara Memasukkan Subtitle ke Film di Hp

Cara di atas hanya bisa kamu gunakan di laptop atau PC, lantas bagaimana kalau memutar film di hp. Bagaimana cara memasukkan subtitle ke film di hp?

Kamu butuh bantuan pemutar lain selain pemutar video bawaan android. salah satunya adalah MX Player. Pemutar video ini tersedia di Play Store secara gratis dengan dukungan berbagai format video. juga mendukung banyak teks subtitle film, sebut saja SubRip (.srt), MicroDVD (.sub), SubStation Alpha (.ssa/.ass), MPL2 (.mpl), PJS (.pjs), TMPlayer (.txt), WebVTT (.vtt), dan lain sebagainya.

  • Silakan download aplikasi MX Player di Play Store terlebih dahulu
  • Buka aplikasi dan cari film yang akan kamu tonton
  • Buka film dan pause terlebih dahulu
  • Klik ikon yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Subtitle, dan klik Open
  • Cari lokasi dimana kamu menyimpan folder berisi subtitle, dan pilih
  • Maka secara otomatis, subtitle film akan muncul begitu film kamu putar kembali.

Biar subtitle secara otomatis muncul saat kamu putar film tanpa memasukkanya secara manual, lebih baik kamu beri nama file subtitle sama dengan nama file film.

Ada pertanyaan atau komentar?