5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer Baik CPU, RAM dan VGA

Pertimbangan wajib ketika membeli komputer atau laptop adalah melihat spesifikasinya. Untuk itu, kamu wajib tahu cara mengetahui spesifikasi sebuah laptop dan komputer. Cara mengetahuinya tidak bisa dilihat hanya dengan melihat kemasan laptop atau komputernya saja. Melainkan harus dibuka bagian dalamnya.

Selain itu saat kamu ingin menginstall sebuah software atau game, kamu harus benar-benar mengetahui jika komputer atau laptop milikmu memiliki spesifikasi yang memenuhi syarat untuk menginstall aplikasi, software atau game tersebut.

Jika kamu tetap memaksakan menginstall aplikasi/software berat sedangkan spesifikasi laptop tidak sesuai, maka akan berdampak pada menurunnya kinerja laptop atau komputer milikmu.

Cara melihat spesifikasi laptop atau komputer sangat tergantung pada jenis OS (operating system) yang digunakan, apakah ia menggunakan OS windows, linux, Mac dan lainya. Bahkan pada tiap generasi OS yang digunakan, cara melihat spesifikasinya juga berbeda.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Kali ini saya hanya akan jelaskan bagaimana cara melihat spesifikasi laptop dan komputer yang menggunakan OS Windows. Sebab kebetulan laptop saya hanyalah sebuah laptop yang spesifikasinya rendah dengan OS Windows. Saya menggunakan OS Windows 8.

Setidaknya saya punya dua cara untuk melihat spesifikasi laptop dan komputer. Cara pertama adalah melihat spesifikasi tanpa software serta cara yang kedua kita lakukan dengan menggunakan software. Langsung ke cara yang pertama:

A. Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer Tanpa Software

Cara yang pertama ini bisa kita lakukan dengan menggunakan beberapa cara yang berbeda. Tergantung jenis spesifikasi apa yang ingin kita ketahui.

1. Cara Melihat Spesifikasi Nama Perangkat Yang Ada Dalam Komputer dan Laptop

Jika yang ingin kamu ketahui adalah nama-nama perangkat yang digunakan oleh sebuah komputer atau laptop, misalnya apa nama prosesornya, apa nama monitornya hingga apa nama bluethooth dan wirelessnya, maka salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah lewat Device Manager.

Caranya:

  • Letakkan kursor komputer atau laptop ke bagian pojok kiri paling bawah.Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer
  • Lalu klik kanan, maka akan muncul banyak pilihan melayang di atas layar kamu. salah satunya adalah device manager. klik pilihan itu.
  • Maka kamu akan langsung melihat perangkat apa saja yang ada dalam komputer atau laptop kamu. Silakan klik nama perangkat yang kamu ingin ketahui. Maka akan kelihatan jenisnya.Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Selain melalui cara ini, untuk membuka device manager juga bisa kamu lakukan dengan cara klik tombol windows, lalu ketikkan Device Manager pada bagian Search.

2. Cara Melihat Spesifikasi Ukuran CPU, Memori dan Lainya Tanpa VGA

Jika yang ingin kamu ketahui adalah berapa ukuran memori komputer atau laptop, termasuk juga jenis CPU dan ukuranya, maka tidak bisa kamu lakukan melalui Device Manager. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah melalui System (Untuk windows 8 dan 10), Kalau untuk windows 7 (melalui System Propertys).

Caranya:

  • Silakan kamu arahkan kursor kamu ke pojok kiri paling bawah. Sama seperti ketika kamu hendak membuka device manager.
  • Lalu klik kanan. Kamu akan melihat banyak pilihan, salah satunya adalah System.
  • Klik System, maka kamu akan melihat spesifikasi CPU, Memori dan lainya.Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Untuk melihat System -> Propertys bisa juga melalui tekan Tombol Windows -> Ketikkan System -> Enter.

Sayangnya, cara ini tidak bisa kamu gunakan untuk melihat spesifikasi VGA. Untuk melihat secara lengkap termasuk VGA, bisa kamu lakukan melalui dxdiag.

3. Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer dan Laptop

Cara melihat spesifikasi lengkap komputer dan laptop termasuk VGA, grafis dan lainya bisa kamu lakukan melalui DirectX Diagnostic Tools (dxdiag). Caranya:

  • Silakan buka DirectX Diagnostic Tools dengan cara tekan tombol windows lalu ketikkan dxdiag, atau bisa juga dengan tekan tombol Win + R, lalu ketikkan dxdiag kemudian Enter.melihat spesifikasi memakai DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)
  • Setelah itu, kamu akan langsung melihat jendela informasi yang berisi spesifikasi komputer atau laptop yang kamu gunakan, dengan muncul seperti gambar di bawah ini.melihat spesifikasi memakai DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)

Dari gambar tersebut, sebenarnya kamu memiliki empat pilihan tab. Di tab-tab tersebut terdapat beberapa pilihan yang menyajikan informasi spesifikasi komputer atau laptop. Pilihan tersebut adalah:

  • Bagian System yang menyajikan tampilan berupa informasi umum mengenai spesifikasi komputer. Seperti pada gambar di atas.
  • Bagian Display menyajikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kartu VGA yang ada pada komputer kamu.melihat spesifikasi memakai DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)
  • Bagian Sound adalah bagian yang menyajikan informasi kartu suara (sound card) beserta driver yang terdapat pada komputer yang kamu gunakan.melihat spesifikasi menggunakan dxdiag
  • Bagian Input adalah bagian yang menyajikan perangkat input (input devie) yang terdapat pada komputer kamu semisal mouse dan keyboard.melihat spesifikasi menggunakan dxdiag

Dari beberapa pilihan untuk cara melihat spesifikasi komputer atau laptop, melalui dxdiag bisa dibilang sebagai cara yang paling lengkap dan terbaik.

B. Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC Menggunakan Software

Selain melalui program bawaan yang ada pada komputer dan laptop, cara melihat spesifikasi laptop atau komputer juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan software. Ada beberapa jenis software yang bisa kamu gunakan untuk melihat spesifikasi komputer dan laptop. Misalnya saja kamu bisa gunakan Speccy, CPU-Z, GPU-Z, HWiNFO, dan lain-lain.

Kali ini saya akan jelaskan salah satu cara melihat spesifikasi komputer dan laptop menggunakan salah satu software bermana Speccy, caranya:

  • Download aplikasi Speccy terlebih dahulu. Kamu bisa temukan aplikasi diberbagai website penyedia aplikasi. Aplikasi bisa kamu gunakan secara gratis.
  • Setelah selesai kamu download, lanjutkan dengan Install aplikasi, kemudian buka aplikasi Speccy.
  • Setelah itu klik Run SpeccyMelihat Spesifikasi Laptop & PC Menggunakan Software
  • Langsung saja begitu aplikasi terbuka, kamu akan melihat informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptop yang kamu gunakan.melihat spesifikasi menggunakan Speccy

Speccy menurut saya bisa menampilkan informasi spesifikasi komputer atau laptop yang saya gunakan dengan lebih lengkap dan terperinci.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara melihat spesifikasi laptop dan komputer. Menurut saya cara paling mudah adalah melalui DirectX Diagnostic Tools (dxdiag), sedang cara melihat dengan lebih terperinci adalah dengan menggunakan software. Salah satunya adalah Speccy.

Ada pertanyaan atau komentar?