7 Cara Melihat Jumlah RAM Laptop Dengan Mudah dan Cepat

Ada banyak pertimbangan yang musti kamu lakukan ketika hendak membeli laptop. Salah satu yang tak kalah penting adalah ukuran RAMnya. RAM atau Random Access Memory adalah kemampuan laptop untuk menjalankan progRAM sekaligus dalam watu waktu.

Makin besar ukuran RAM makin banyak pula progRAM atau software yang bisa dijalankan dalam watu waktu. Itulah mengapa makin besar ukuran RAM sebuah laptop, makin mahal pula harganya. Walaupun memang RAM bukanlah satu-satunya yang menentukan kecepatan akses laptop. Masih ada banyak komponen lainya, misalnya CPU.

Cara Melihat Jumlah RAM Laptop

Sayangnya masih ada saja sebagian dari kita yang tidak tahu bagaimana cara melihat RAM. Karena itu saya berbaik hati membagikan tutorial melihat RAM laptop dengan mudah dan cepat. Saya akan bagian beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Oh ya, kali ini saya menggunakan laptop dengan OS Windows 8. Kalau kamu menggunakan windows 7 atau 10, kemungkinan hanya berbeda sedikit. Jadi cara ini bisa kamu gunakan pula di laptop dengan OS windows 7 atau 10. Tanpa bicara panjang lebar lagi, berikut cara melihat RAM laptop dengan mudah dan cepat.

Cara 1 Cek Stiker Laptop

Dalam sebuah laptop baru umumnya terdapat sebuah tulisan yang ditempel didekat posisi keyboard. Untuk laptop cara ini sangat ampuh dan tepat. Sebab memang produsen laptop biasanya melengkapi laptop tersebut dengan tulisan jumlah RAM di bodi laptop.

Sayangnya cara ini tidak bisa kamu gunakan bila kamu membeli laptop bekas atau second. Pada laptop bekas biasanya kondisi RAM nya telah di upgrade kapasitasnya menjadi lebih besar. Beberapa laptop bekas biasanya juga telah kehilangan stiker asli yang menerangkan ukuran dan jumlah RAM nya.

Laptop saya juga sudah tidak ada stikernya. Tetapi dulu waktu awal beli memang ada. Jadi saya tidak bisa tunjukkan pada pembaca sekalian. Karena itu kita butuh cara yang lainya.

Cara 2 Cek Stiker RAM

Kalau kebetulan kamu bongkar laptop, kamu juga bisa lihat ukuran RAM dengan cek pada stiker RAM. Posisi RAM terletak di dalam sebuah laptop dan ada beberapa jenis laptop yang dapat mengecek berapa besaran RAM yang digunakan dengan cara membuka penutup bagian bawah laptop saja. Namun ada juga beberapa laptop yang mengharuskan untuk membuka semua penutup laptop agar bisa melihat stiker yang menempel pada RAM.

Cara 3 Melalui Dxdiag Tools

Ketimbang dua cara di atas, ada cara yang lebih tepat untuk melihat ukuran RAM sebuah laptop yakni melalui DirectX Diagnostic Tools atau biasa dikenal dengan dxdiag. Caranya:

  • Pertama-tama silakan Tekan tombol kombinasi Windows + R pada keyboard kamu secara bersamaan.
  • Setelah itu bakal muncul jendela baru yang menampilkan RUN. Di jendela RUN inilah kamu harus ketikkan “dxdiag” (tanpa tanda petik) dan kemudian klik OK.
  • Kemudian pada DirectX Diagnostic Tool kamu akan melihat tampilan RAM. Silakan lihat gambar di bawah ini untuk memilih mana itu RAM dan ukuranya di laptop kamu.

Cara 4 Melalui Windows Setting

Untuk windows 7 dan 10 kamu bisa cek RAM melaui windows setting dengan cara menekan tombol Windows + Pause maka akan tampil besaran RAM yang digunakan. Tetapi pada windows 8 cara ini tidak bisa digunakan. Ketika saya menekan tombol Windows + Pause, hasilnya tidak ada respon apapun. Karena itu kita butuh cara lain untuk membuka windows setting.

  • Untuk melakukanya, kita bisa membuka windows setting melalui Control Panel -> System and Security -> System. Cara lain untuk membuka windows setting yang lebih mudah adalah dengan menekan tombol Windows + Pause Break pada keyboard (hanya berlaku untuk windows 7 dan 10).
  • Baru setelah itu bakal muncul jendela baru seperti gambar yang ada di bawah ini. lihatlah ukuran RAM sebagaimana gambar yang saya tandai di bawah ini.

Cara 5 Melalui File Explorer

Kamu juga bisa mengetahui ukuran RAM laptop melalui file explorer, caranya sangat mudah:

  • Pertama-tama silakan kamu buka file explorer. Setalah itu klik Computer
  • Pada bagian atas kliklah tulisan System Properties.
  • Baru setelah itu kamu akan melihat ukuran RAM laptop yang kamu gunakan.

Cara ini sebenarnya serupa dengan cara nomor 4. Tinggal pilih saja mana yang lebih mudah.

Cara 6 Cek BIOS

Untuk mengecek RAM suatu laptop juga dapat terlihat dengan menggunakan menu bios dan jenis bios pada setiap laptop sangatlah berbeda beda. Cara pengecekannya sangatlah mudah cukup dengan menyalakan tombol penyala laptop lalu tekan tombol F2 dan tombol Delete.

Maka berapa besaran RAM yang digunakanpun akan muncul. Untuk cara ini saya tidak saya lengkapi dengan gambar, saya sedang tidak berniat mematikan laptop. Saya sedang nikmat-nikmatnya menulis.

Cara 7 Melalui Aplikasi Speccy

Tak lengkap rasanya membahas sebuah cara kalau tidak ada ada aplikasi yang disebutkan. Nah untuk mengetahui jumlah RAM, kita bisa gunakan aplikasi bernama Speccy. Aplikasi ini hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui berbagai komponen yang ada di dalam komputer. Termasuk jumlah RAM, hardware, OS dan lainya.

Caranya juga sangat mudah:

  • Download dan instal aplikasi Speccy
  • Lalu jalankan dengan Double Click aplikasi Speccy
  • Kamu akan langsung melihat komponen yang ada dalam perangkat komputer, termasuk berapa kapasitas RAM nya.

Cara Melihat Jumlah RAM Yang Terpakai Pada Laptop

Melalui aplikasi Speccy kamu bisa pula melihat jumlah RAm yang terpakai. Cara cukup klik kata RAM yang ada di bagian kiri, sehingga muncul tampilan seperti yang di bawah ini. Yang saya lingkari adalah jumlah RAM yang terpakai di laptop saya.

Nah itulah beberapa cara sederhana untuk melihat jumlah RAM Laptop. Kalau kamu punya cara yang lain, silakan tulis dalam kolom komentar di bawah ini.

Ada pertanyaan atau komentar?