2 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop Dengan Mudah

Sama  halnya dengan si pemilik, setiap komputer dan laptop juga memiliki alamat keberadaan yang dikenal dengan IP Address (Internet Protocol Address). Tentu saja IP Address atau alamat IP tiap komputer yang kita miliki akan berbeda-beda. Kamu akan tahu berapa alamat IP laptop atau komputermu saat terhubung dengan jaringan internet.

Lantas seperti apa sih IP Address itu? IP Address komputer atau laptop terdiri dari deretan angka sebagai alamat identifikasi untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Sebagai contoh, dapat digunakan untuk setting jaringan komputer warnet atau komputer kantor.

Selain sebagai identitas perangkat yang tersambung ke jaringan, IP Address berfungsi untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan. Dari sini, kamu bisa melihat seberapa besar jaringan tersebut, melalui alokasi IP Address yang ada. Fungsi lainnya juga dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat tersebut. Atau dengan kata lain, dapat juga digunakan sebagai jejak pengguna internet.

Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kamu aplikasikan untuk melihat alamat IP pada komputermu. Tiap-tiap cara tersebut, tentu akan dilakukan dengan langkah yang berbeda-beda pula.

Namun kali ini, akan saya ulas dua cara yang sangat mudah dilakukan agar kamu bisa mengetahui IP Address komputer dan laptopmu yang menggunakan Windows 8. Sebelum melakukan langkah-langkah berikut, pastikan laptop atau komputermu telah tersambung dengan jaringan internet ya.

Cara 1: Melihat IP Address Komputer di Windows 8 Melalui Command Prompt (CMD)

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk melihat IP Address melalui Command Prompt sangatlah mudah. Kamu hanya tingal mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu command prompt pada Start Menu. Atau dapat juga dilakukan dengan menekan tombol Windows + R, lalu pada menu yang keluar, ketikkan cmd kemudian tekan tombol enter. Oh ya, perlu kamu tahu, melalui cmd kita bisa menjalankan beragam program yang tak biasa di komputer atau laptop.masuk ke cmd
  • Setelah muncul jendela command prompt, ketikkan perintah ipconfig. Tujuannya adalah untuk menampilkan informasi tentang daftar koneksi pada komputermu. Selanjutnya tekan tombol Enter.ketik ipconfig
  • Command prompt selanjutnya akan menampilkan daftar koneksi dari komputer dan laptop milikmu sekaligus dengan IP Address-nya. Jadi melalui Command prompt kamu juga bisa tahu berapa kecepatan kamu. Bahkan buat kamu yang ahli, kamu bisa juga bobol wifi dan internet lain melalui Command prompt.dan ini hasilnya

Sampai disini kamu sudah tahu kan berapa IP Address Komputer atau laptop kamu. itulah identitas komputer kamu. Kalau kamu internetan, setiap website yang kamu buka akan menerima IP Address kamu, jadi kalau kamu buka situs dewasa, bisa ketahuan itu komputer siapa yang buka. hehe..

Cara 2: Melihat IP Address Komputer di Windows 8 Melalui Network Connections

Cara lain yang juga tidak kalah mudah untuk bisa melihat alamat IP komputer dan laptopmu selain yang sudah saya paparkan sebelumnya, yaitu melalui Network Connections. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan pada cara ini juga sangat simple dan mudah. Berikut, saya paparkan beberapa langkah untuk melihat IP Address yan bisa kamu aplikasikan melalui Network Connections.

  • Pertama-tama, silakan masuk ke menu Network Connections pada Start Menu. Atau dapat juga dilakukan dengan cara menekan tombol Windows + R untuk membuka program run, lalu pada menu yang keluar, ketikkan ncpa.cpl kemudian tekan tombol Enter.masuk ke menu Network Connections
  • Selanjutnya akan muncul beberapa profil koneksi internet dari komputermu, lalu kamu pilih profil koneksi yang aktif atau yang sedang kamu gunakan. koneksi yang aktif biasanya ditandai dengan kekuatan signal koneksi, seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik kanan, maka kamu akan melihat banyak pilihan, silakan pilih Status.pilih status
  • Selanjutnya akan muncul menu yang menunjukkan status koneksi sambungan internet komputermu, mulai dari kecepatanya, durasinya dan lain sebagainya. Termasuk juga details seperti gambar di bawah ini:klik detail
  • Terakhir, untuk melihat IP Address komputer dan laptop yang kamu miliki beserta informasi detail lainnya klik menu Details. Selanjutnya akan muncul menu yang menunjukkan IP Address komputermu, seperti gambar berikut. Untuk alamat Ip Adress kamu ditujukkan oleh angka di sebelah kanan kata Ipv4 AddressCara Melihat IP Address Komputer dan Laptop

Itu tadi dua cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui alamat IP dari komputer atau laptop di Windows 8. Kedua cara tersebut sama-sama simple dan mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memilih satu di antara keduanya sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Namun, ada baiknya kamu memilih cara yang pertama, karena memang langkah-langkahnya sedikit lebih ringkas dan praktis. Semoga langkah-langkah tadi bisa membantumu ya.

Lalu Apa Guna IP Address?

Nah IP address selain digunakan sebagai identitas sebuah komputer atau laptop, ternyata juga masih memiliki beberapa fungsi lainya. Misalnya untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, jadi melalui IP address kita bisa tahu besar alokasi jaringan berdasarkan IP address yang tersedia.

Selain itu, IP Address juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan sebuah perangkat yang mengakses jaringan internet. Seperti yang saya katakan tadi, jika sebuah perangkat komputer atau laptop mengakses jaringan internet, maka IP addressnya akan tercatat dalam sistem yang diakses. Itulah kenapa kalau ada yang membobol web atau sistem jaringan, pasti bisa diketahui alamat IP-nya. Kecuali jika disembunyikan.

Jadia hati-hati jika kamu mengakses web berkonten dewasa, IP Address kamu akan tetap tercatat dalam website yang kamu akses. Lebih baik gunakan internet untuk hal-hal yang positif.

Ada pertanyaan atau komentar?