Cara Logout Gmail di hp/Perangkat Android

Cara Logout Gmail di hp/Perangkat Android,- Era virtual yang semakin berkembang saat ini, semakin memudahkan kita dalam menjangkau segala sesuatu. Termasuk layanan pengiriman surat elektronik (email) yang dapat diakses langsung pada ponsel (handphone) mu.

Bila dulunya kamu membutuhkan komputer atau laptop untuk mengirim ataupun mengakses email, maka dengan berkembangnya zaman, kamu bisa langsung mengakses dan memanfaatkan layanan tersebut melalui HP atau perangkat android milikmu sendiri.

Aplikasi penyedia layanan email yang tentu tidak lagi asing untukmu, salah satunya yakni Gmail atau aplikasi email dari Google. Bagi kamu pengguna android atau ponsel pintar dengan brand apapun itu, biasanya secara otomatis akan terdapat aplikasi email dari Google.

Pentingnya Akun Gmail di Hp

Kamu tentu sudah tahu, saat pertama kali menggunakan smartphone, akan muncul perintah untuk memasukkan akun Gmail sebagai syarat konfigurasi awal android. Akun yang kamu masukkan tersebut, selanjutnya akan saling terhubung dengan berbagai layanan Google lain yang tersedia pada ponselmu.

Sebagai contoh seperti Google Play Store, Youtube, dan beberapa aplikasi lain. Karena sudah saling terintegrasi satu sama lain, maka kamu tidak perlu repot untuk login kembali saat akan menggunakannya.

Akun Gmail pada android juga sangat diperlukan saat kamu ingin menikmati beberapa layanan media sosial (medsos). Sebelum kamu bisa menikmati sosial media seperti BBM, Twitter, Facebook, Line, Instagram, Path, Ask.FM, dan yang lainnya, kamu harus mendaftarkan emailmu lebih dulu.  Ini dimaksudkan sebagai upaya proteksi atau perlindungan terhadap akunmu agar tidak dicuri atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Akses Gmail pada ponsel dan komputer tentu akan sedikit berbeda. Terutama bila kamu berniat untuk logout dari akunmu. Bila kamu mengakses aplikasi ini melalui laptop, biasanya kamu akan menggunakan Chrome atau browser lain yang kamu miliki.

Cara Logout Gmail dari Android

Cara logout akun Gmail dengan browser pada komputer akan jauh lebih mudah, bila dibandingkan saat kamu menggunakan android. Saat menggunakan browser di komputer, kamu hanya tinggal mengklik tombol keluar (sign out) yang tersedia. Ini tentu berbeda bila kamu akan melakukan hal yang sama tetapi menggunakan android.

Pada android, tidak tersedia secara otomatis perintah untuk keluar dari Gmail. Sehingga kamu tidak dapat langsung bisa keluar dari akunmu seperti saat kamu menggunakan browser di laptop.

Lantas bagaimana sih cara agar bisa keluar dari akun Gmail pada perangkat android? Bagi kamu yang belum paham untuk melakukannya, akan saya paparkan beberapa langkah jitunya. Saya akan menggunakan ponsel asus dan xioami.

Langkah-Langkah logout Gmail di Android/HP

Bila kamu berniat untuk logout dari akun Gmail pada smartphone yang kamu punya, maka kamu harus menghapusnya. Untuk menghapus akun tersebut, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, diantaranya yaitu:

  1. Masuk pada menu Pengaturan/Setting di ponselmu. Jik kamu bingung manakah menu setting kamu bisa lihat gambar di bawah ini. Atau bisa pula kamu gesek layar kamu dari atas ke bawah. Maka kamu akan melihat ikon gigi rantai, tab ikon tersebut. Maka kamu akan langsung masuk ke menu pengaturan.
  2. Saat kamu masuk ke menu Setting akan banyak pilihan menu yang tersedia. Kemudian kamu tekan menu Account. Beberapa ponsel terkadang ada yang tersembunyi di dalam pengaturan tambahan.
  3. Saat kamu melihat ada banyak akun, silakan kamu pilih yang Google dari pilihan yang ada.
  4. Berikutnya akan muncul akun emailmu. Lalu tekan ikon titik tiga di bagian atas.
  5. Kalau kamu menggunakan lebih dari satu email di Hp, semuanya akan muncul di halaman ini. Pilih hapus data aplikasi
  6. Step terakhir yang harus kamu lakukan ialah mengklik OK.

Setelah selesai mengerjakan tiap step tersebut, maka kamu telah berhasil logout dari Gmail androidmu. Langkah-langkah yang telah diterangkan tadi lebih kurang bisa kamu aplikasikan pada berbagai brand android sesuai dengan yang kamu miliki.

Meskipun kamu telah menghapus akun tersebut, bukan berarti akunmu terhapus secara permanen. Kamu masih tetap bisa menggunakannya kembali, karena akun tersebut hanya terhapus dari perangkat androidmu saja. Artinya, kamu masih bisa menggunakan akun tadi pada perangkat lain, atau pada ponsel yang sama.

Sebenarnya masih ada metode atau cara lain yang bisa kamu lakukan untuk logout dari akun Gmail pada HP. Namun ada baiknya kamu gunakan cara kedua ini, sebagai pilihan terakhir saja. Cara kedua ini bisa kamu terapkan apabila kamu masih belum berhasil logout menggunakan cara yang pertama.

Opsi Lain untuk Logout akun Gmail di Android/HP

Jika kamu lebih memilih menggunakan cara ini untuk keluar dari akun Gmail pada smartphone-mu, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelumnya. Opsi kedua ini, menggunakan factory reset yang akan mengembalikan ponselmu pada keadaan awal sebelum kamu gunakan.

Karena alasan inilah, kamu terlebih dahulu harus memback-up semua data yang ada di ponselmu sebelum akhirnya kamu menyesal karena kehilangan semua data-datamu. Selain itu, lepaskan juga Sim Card yang kamu gunakan dari slotnya. Apabila kedua langkah tadi sudah kamu lakukan, maka kamu dapat memulai mengerjakan cara kedua ini.

  1. Masuk ke menu Pengaturan/Setting pada perangkat androidmu sebagaimana cara yang telah saya sebutkan di atas.
  2. Selanjutnya klik pilihan Setelan Tambahan.
  3. Berikutnya kamu sentuh menu buat cadangan & Setel Ulang.
  4. Setelah memilih menu tadi, selanjutnya akan muncul pemberitahuan yang isinya menanyakan apakah kamu benar-benar yakin akan mereset ponselmu, dalam hal ini yang dimaksudkan yakni keyakinanmu untuk logout dari akun Gmailmu.
  5. Terakhir kamu pilih kembalikan ke setelan pabrik. Lalu kamu tinggal menunggu sampai proses factory reset

Apabila kamu lebih memilih untuk menempuh opsi kedua ini, sebenarnya kamu akan memperoleh keuntungan tambahan. Ini karena dengan mereset ponselmu, kamu akan dapat terbebas dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan perangkat lunak androidmu, seperti kerja ponsel yang lambat atau aplikasi tertentu yang eror.

Pada intinya kedua cara tadi sama-sama dapat kamu pilih untuk membantu problemmu yang kesulitan untuk keluar dari Gmail di android. Pertimbangan akan memilih yang mana tentu kembali lagi sesuai dengan kebutuhan dan kepraktisannya.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara logout gmail di ponsel kamu, silakan tulis di kolom komentar, saya akan bantu mengatasi kebingunganmu.

Tinggalkan komentar