Cara Logout Gmail Dari Playstore (Cuma 3 Menit)

3 min read

Cara Logout Gmail Dari Playstore (Cuma 3 Menit),- Hanya dengan menggunakan satu akun Gmail saja, kamu sudah dapat mengakses berbagai fitur diantaranya Youtube, Maps, Play Store, Drive, Chrome, Google Calender, Photos, Google Play Books, dan seterusnya. Hal tersebut karena akun yang kamu daftarkan di awal saat akan memulai menggunakan android tersebut akan saling terhubung satu sama lain dengan berbagai fitur layanan Google.

Tentu tidak cukup bagi kamu bila hanya menikmati fitur-fitur layanan Google semata. Bagi kamu pecinta games misalnya, pasti juga menginginkan adanya aplikasi games yang tersedia di telepon genggammu. Selain itu, kamu juga membutuhkan beberapa aplikasi untuk saling berhubungan dengan orang lain seperti melalui layanan chatting dan media sosial.

Bagi kamu yang suka berbelanja atau yang kerap disebut dengan shopaholic, juga semakin dimanjakan dengan adanya berbagai macam aplikasi belanja online. Ini tentu sangat membantu kamu yang tidak punya banyak waktu luang agar tetap bisa berbelanja di sela-sela kesibukan karena padatnya aktivitas.

Pentingnya Play Store Untuk Android

Bermacam-macam aplikasi yang telah disebutkan tadi, dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan layanan Google Play Store. Play Store sendiri merupakan fitur yang disediakan oleh Google sebagai pusat beraneka macam aplikasi. Kamu bisa juga menyebutnya sebagai android market.

Lewat Play Store, kamu dapat mengunduh apapun jenis aplikasi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Sebagian besar aplikasi yang tersedia di Play Store dapat kamu peroleh secara cuma-cuma, meskipun ada pula aplikasi yang berbayar.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, untuk bisa mendownload berbagai jenis aplikasi yang ingin kamu gunakan lewat Play Store, kamu harus menggunakan akun Gmail.

Cara Logout Gmail di Play Store

Lalu bagaimana bila suatu hari kamu ingin mengganti atau keluar dari akun Gmailmu yang telah terdaftar pada Play Store di ponselmu? Bagi kamu yang memiliki niat untuk logout dari akun Gmail di Play Store dan belum mengetahui cara melakukannya barangkali akan mengalami kesulitan.

Ini dikarenakan tidak tersedianya tombol atau perintah sign out atau keluar pada aplikasi tersebut. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir, karena tetap ada cara mudah untuk bisa logout dari akun Gmail di Play Store.

Dua Cara Mudah Logout Akun Gmail di Play Store

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan agar berhasil keluar dari akun Gmail di Play Store. Kamu bisa memilih satu di antara keduanya, sesuai dengan pertimbanganmu sendiri. Kedua cara tersebut dapat kamu ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan penjelasan berikut ini.

Cara Pertama Logout Akun Gmail di Play Store

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah terlebih dahulu masuk pada menu Settings/Pengaturan di HPmu. Jika kamu bingung dimana kamu bisa menemukan menu pengaturan, kamu bisa menemukanya dengan cara menggesek (swipe) layar android kamu dari atas ke bawah. Lalu lihatlah ikon gigi rantai, tab ikon tersebut.
  2. Begitu kamu masuk pada menu pengaturan, akan ada banyak pilihan. Biasanya tiap Hp android memiliki tampilan yang berbeda. Yang pasti, cari dan temukan menu bernama Apps. Tekan Apps.
  3. Dari menu Apps, kamu akan menemukan deretan aplikasi yang ada di ponselmu. Pilih dan sentuh Google Play Store.
  4. Selanjutnya dari menu yang muncul, kamu klik pilihan Clear Data. Memilih clear data, itu sama artinya kamu memilih untuk membersihkan seluruh data yang ada di play store. Termasuk juga riwayat penggunaan, riwayat unduhan play store, riwatat pembaruan play store dan juga akun play store kamu akan secara otomatis logout.
  5. Kemudian akan muncul pesan yang menanyakan padamu, apakah kamu yakin untuk menghapus data. Terakhir kamu tinggal pilih OK.

Mudah kan? Terutama untuk kamu yang terbiasa mengobrak abrik menu pengaturan ponsel android. Tentu terbiasa dengan cara di atas. Selain itu, juga masih ada cara lainya.

Cara Kedua Logout Akun Gmail di Play Store

Berikutnya, kamu juga bisa logout akun gmail kamu dari play store dengan menghapusnya dari akun google di android, caranya:

  1. Pertama, terlebih dahulu kamu harus masuk pada menu Settings/ Pengaturan di ponselmu. Lakukan seperti cara pertama di atas.
  2. Langkah kedua ialah pilih dan sentuh menu Accounts.
  3. Setelah memilih menu Accounts, langkah berikutnya kamu sentuh menu Google dari pilihan yang tersedia.
  4. Kemudian akan muncul akun Gmail milikmu yang telah terdaftar sebelumnya. Selanjutnya kamu klik alamat Gmail
  5. Berikutnya kamu harus mencari tombol (biasanya tombol titik tiga) yang terletak di bagian atas. Setelah kamu menyentuhnya, akan muncul menu yang harus kamu pilih. Lalu klik Remove Account.
  6. Selanjutnya sebagai langkah terakhir kamu tinggal mengklik tombol OK.

Selain logout dari Play Store, cara kedua ini juga akan membuat akun email kamu logout secara otomatis dari akun Google dan yang berkaitan dengan Google, misalnya Google musik dan seterusnya.

Adakah Cara Lain?

Tentu saja ada. Kamu bisa gunakan factory reset untuk logout dari Play Store. Hanya saja, untuk cara ini tidak saya rekomendasikan, sebab kamu akan kehilangan seluruh data android kamu. Termasuk file-file foto, video, doc, dan seterusnya.

Akhir Kata

Ternyata cukup gampang bukan untuk logout akun Gmail di Play Store? Apabila kamu telah mengikuti langkah-langkah dari dua cara yang sudah dijelaskan tadi, maka artinya kamu telah berhasil keluar dari akun Gmail di Play Store.

Sebenarnya kedua cara yang disebutkan tadi sama-sama mudah dan simple untuk diterapkan. Kamu hanya tinggal memilih salah satunya sesuka hatimu. Semoga melalui ulasan mengenai cara mudah untuk keluar dari akun Gmail di Play Store ini semakin menambah pengetahuanmu, sekaligus membantu memecahkan permasalahanmu yang mengalami kesulitan untuk keluar dari akun Gmail di Play Store.

Jika kamu masih kesulitan logout dari play store, silakan berkomentar, saya akan membantu kamu melakukanya. Salam..

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox

Cara Mengirim Banyak File Besar Lewat Gmail dan Dropbox, Gmail memiliki fasilitas untuk mengirim file. Mulai dari file berbentuk video, audio, dokumen, dan sebagainya. Akan...
litalia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *