Cara Live Instagram “Live Streaming” Di Hp Android, Gampang Banget, Halo, para pecinta instagram! Kabar bahagia nih buat kamu yang suka banget ngepost foto maupun video tentang kegiatan sehari-hari. Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram gencar menambahkan fitur-fitur baru untuk membuat kamu sebagai pelanggan setia tambah betah nagkring di Instagram terus.

Fitur terbaru di instagram ini adalah live stories yang sudah bisa dinikmati masyarakat Indonesia sejak Rabu, 25 Januari 2017. Layanan terbaru dari instagram ini berfungsi untuk menyiarkan kegiatan kamu dalam bentuk video secara langsung atau istilah kerenya live streaming.

Tujuanya biar video kamu bisa langsung ditonton oleh banyak followers dan disaksikan saat itu juga (real time). Wah, bisa makin eksis dong. Fitur ini mirip sekali seperti Facebook live dan Periscope.

Perbedaannya adalah video yang disiarkan pada instagram akan langsung hilang setelah selesai siaran, sedangkan di facebook video akan otomatis tersimpan permanen serta di periscope video tersimpan selama 24 jam saja. Jadi, kalau kamu tidak ingin kehilangan momen berharga tersebut sebaiknya segera simpan saat kamu sudah selesai siaran langsung.

Cara Live Streaming di Instagram

Live streaming di Instagram hanya berdurasi 1 jam. Kamu juga bisa menambahkan kolom komentar agar followersmu yang ikut menonton bisa komen dan memberi tanda love-love.

Ketika kamu memulai siaran langsung, secara otomatis para pengikutmu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu sedang live. Jadi, jangan khawatir karena siaranmu gak bakalan mubazir atau tidak ditonton oleh para penggemarmu sama sekali. Hehe.

Begitu juga sebaliknya, kalau teman-temanmu sedang siaran langsung maka kamu juga akan mendapatkan notifikasi atau kamu bisa melihat avatar akun temanmu yang tampak bergelombang di bagian beranda paling atas.

Saat siaran, jika ada komentar di videomu dan kamu ingin menjawabnya maka tidak perlu dengan mengetik pesan. Kamu bisa membalasnya hanya dengan berbicara dan menyebut namanya. Otomatis mereka akan mendengar komentarmu. Gimana? Gampang banget kan?

Sudah penasaran gimana caranya live streaming atau siaran langsung? Check it out.

  1. Pertama, kamu harus mendownload aplikasi instagram terbaru melalui menu playstore di androidmu lalu instal. Atau kalau kamu sudah punya tapi versi lama maka update atau perbarui terlebih dulu, juga di playstore. Cara untuk update instagram gampang sekali. Kamu hanya perlu buka google play store, lalu lanjutkan dengan tab ikon yang berada di pojok kiri paling atas. selanjutnya tinggal kamu cari aplikasi Instagram dan lakukan update.
  2. Kalau sudah, kamu bisa menginstalnya lalu tunggu beberapa detik sampai muncul shortcut ikon instagram. Pada tulisan ini, saya menggunakan Instagram versi 27.0.0.11.97. jadi kalau kamu menggunakan yang lebih baru atau versi yang sebelumnya, ada kemungkinan tampilanya berbeda. Silakan kamu sesuaikan saja.
  3. Langkah selanjutnya, tap ikon tersebut untuk membuka aplikasi instagram. Jika kamu baru bergabung di instagram, maka kamu harus log ini dulu dengan memasukkan email dan password atau cara termudah yaitu dengan menghubungkan dengan akun facebookmu. Jadi silakan kamu pilih mana yang menurut kamu paling gampang saja. semuanya pada akhirnya akan berakhir di tempat yang sama.
  4. Jika proses tersebut selesai, layar hape android kamu akan menampilkan beranda instagram. Tap ikon bergambar kamera di pojok kiri atas. Atau kamu juga bisa menggunakan live streaming atau siaran langsung dengan cara menggeser layar beranda ke kanan. Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa pilihan fitur yaitu langsung (live), normal, boomerang, rewind, hands-free.
  5. Kalau kamu ingin siaran langsung maka tap lah tulisan “live” jika instagrammu berbahasa inggris. Kalau berbahasa Indonesia, tap tulisan “Langsung”. Saya pribadi lebih suka menggunakan bahasa Indonesia. Saya ingin lebih mencintai bahasa Indonesia. Selain itu, tidak ada motif lain. maka langkah selanjutnya juga akan saya jelaskan dalam bahasa Indonesia. Jika kamu ingin menggunakan bahasa Indonesia juga, silakan buka pengaturanya dan ganti ke bahasa Indonesia.
  6. Tap tulisan “Mulai Siaran Langsung” maka dalam tiga detik kemudian kamu bisa siaran langsung jika koneksi internetmu stabil bebas hambatan. Sebelumnya, kamu bisa mengubah pengaturan kamera secara selfie atau kamera belakang dengan mentap ikon dua panah yang melingkar di samping tulisan “Mulai Siaran Langsung”.
  7. Kalau kamu merasa siaranmu sudah cukup maka tap lah tulisan “Selesai” di pojok kanan atas. Lalu tap lagi tulisan “akhiri video siaran langsung.” Kemudian, kamu akan diberitahu berapa dan siapa saja yang menonton live streamingmu.

Mudah saja kan cara live streaming? Hanya saja kita terkadang menemui berbagai hambatan yang menyebabkan kita tidak bisa melakukan siaran langsung.

Tidak Bisa Live Streaming Instagram

Jika kamu menemukan kendala tidak bisa siaran, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Silakan terlebih dahulu periksa koneksi internet kamu. Ingat bahwa siaran langsung membutuhkan koneksi internet yang cukup tinggi. Jadi pastikan signal internet kamu kencang.
  • Pastikan bahwa data cache dalam aplikasi tidak terlalu banyak. jika terlalu banyak biasanya akan membebani aplikasi. Silakan kamu hapus cache dengan cara buka pengaturan android, ingat pengaturan android bukan pengaturan instagram. Lanjutkan dengan tab manager aplikasi dan cari aplikasi instagram lalu lakukan clear cache.

Akhir Kata

Meskipun saat ini kita dimanja dengan banyaknya aplikasi upload foto dan video, tetap saja kita harus bijak memilih foto dan video mana yang layak dishare dan sebaiknya bermanfaat bagi banyak orang.

BAGIKAN