Cara Kompres Video

Cara Kompres Video,- Video menjadi salah satu media paling menarik di komputer. Banyak kenangan yang disimpan dan bentuk video. Maklum saja, media ini bisa menggambarkan kondisi yang jauh lebih detail ketimbang hanya sekadar foto.

Tapi video bukan tanpa masalah. Terutama ukuran filenya yang besar terkadang membuat ruang penyimpanan cepat penuh. Beruntung, kita bisa mengakalinya dengan meng-kompres video.

Dan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kompres video menggunakan komputer. Tetapi sebelumnya, saya akan jelaskan beberapa aplikasi kompress video terbaik yang bisa kamu gunakan. Ingat aplikasi yang saya sebutkan ini adalah aplikasi untuk perangkat berbasis dekstop alias komputer atau laptop.

Aplikasi Kompres Video Terbaik     

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi kompress video. Tetapi kebanyakan aplikasi yang meng-kompres video menghasilkan kualitas video yang sangat buruk. Beda dengan beberapa aplikasi kompres video di bawah ini. Meski video telah di kompres, tapi hasilnya tetap baik:

1. Free Video Compressor

Pertama, kamu bisa gunakan Free Video Compressor. Ia termasuk aplikasi freeware (gratisan) yang bisa kompres video berbagai format. Sebut saja MP4, AVI, FLV, MOV, dll. Artinya, kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk kompres sebagian besar format video. Cara menggunakanya sangat gampang.

Kamu hanya perlu memasukkan video yang ingin kamu kompres. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan berbagai pilihan berapa ukuran video yang kamu inginkan. Hanya saja, semakin kecil ukuran yang kamu pilih, kualitas videonya semakin buruk. Selain kompres video, kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk meningkatkan atau mengurangi dimensi video, menghapus suara video dan memotong video serta lainya.

Download free video compressor

2. Vidcoder

Berikutnya kamu juga bisa gunakan VidCoder. Software kompresor video untuk Windows ini bisa digunakan untuk mengurangi kualitas video sekaligu juga bisa digunakan untuk meningkatkanya. Bahkan kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk pemrosesan batch, pengkodekan dan menggabungkan beberapa video. VidCoder juga mendukung sebagian besar format video saat ini.

Download Vidcoder

3. File Converter

File Converter merupakan salah satu video compresor gratis yang terintegrasi langsung dengan Windows File Manager. selain untuk memperkecil pixel video, kamu juga bisa mengonversi dan mengkompres gambar dan audio. Kelebihan software ini terletak pada kemudahan yang diberikan. Hal ini karena software langsung terintegrasi dengan File Explorer.

Download File Converter

4. Handbrake

Berikutnya ada Handbrake yang juga bisa kamu gunakan untuk meng-kompres video. selain meng-kompres, aplikasi juga bisa kamu gunakan untuk menggabungkan beberapa video. Berbagai OS mendukung Handbrake. Bisa di Windows, Linux, Mac dan lainya. Bahkan Handbrake bisa juga digunakan di sejumlah perangkat populer seperti iPhone, iPod.

Nah soal bagaimana cara kompress video, saya juga akan mempraktekanya menggunakan software ini pada bagian sub judul Cara Memperkecil Ukuran Video.

Download Handbrake

5. Format Factory

Selain Handbrake, kamu juga bisa gunakan Format Factory. Software ini juga bisa kamu gunakan untuk kompres video tanpa kehilangan kualitas video kamu. berbagai jenis video bisa kamu perkecil ukuranya dengan aplikasi ini. Pilihan ukuran hasil akhir, juga bisa kamu sesuaikan. Caranya cukup mudah, buka aplikasi -> masukkan (import) video ke aplikasi -> pilih hasil akhir dan perkecil.

Downlaod Format Factory

Lantas mana yang saya rekomendasikan? Dari lima pilihan di atas, semuanya baik dan bisa kamu gunakan. Tetapi secara pribadi saya menyukai File Converter. Tetapi saya juga menyarankan kamu gunakan Handbrake.

Cara Memperkecil Ukuran Video

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, saya akan kompres salah satu film terkenal, Men in Black 3 yang saya dapat dari Youtube. Anime ini adalah salah satu anime kesukaan saya karena aksi-aksinya yang menegangkan. Awalnya video tersebut berukuran 1080p. Kemudian akan saya kompres menjadi 720p.

Mari kita lihat berapa besar ukuran file setelah saya kompress dan bagaimana kualitasnya. di sini, saya akan menggunakan aplikasi bernama Handbrake.

Bagaimana caranya?

  1. Pertama-tama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi handbrake dari website resminya. Saya sudah berikat linknya dibagian atas, pada subjudul sebelumnya. Begitu kamu masuk website resmi handbrake, silakan pilih handbrake sesuai dengan jenis OS yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu instal aplikasi di PC kamu sebagaimana kamu menginstal software-software lainya.
  3. Setelah kamu selesai menginstal software, silakan kamu buka dan langsung kamu jalankan aplikasi dan masukkan video dengan cara klik file open a single video file (lihat gambar di bawah ini), kamu akan langsung diarahkan ke tempat dimana kamu menyimpan video.
  4. Setelah selesai pilih video yang ingin kamu kompres. Kamu juga harus menentukan dimana kamu akan menyimpan video. kamu bisa klik “Browse” dibagian Destination untuk menentukan dimana kamu akan menyimpan video dan memberi nama video sesuai yang kamu mau.
  5. Secara default hasil video yang kamu kompres akan tersimpan di folder yang telah kamu buat. Jangan lupa perhatikan file dan bedakan namanya.
  6. Selanjutnya, pada bagian “Presets” sebaiknya pilih “Normal”, lalu pada bagian “Output Setting” pilihlah “MP4”. Jangan lupa pula centang “Web Optimized”. Baru setelah itu, pilih resolusi video yang kamu mau. Kali ini, saya akan mengubah video menjadi ber-resolusi 720 MP.
  7. Jangan lupa pula, Atur “Video Codec” menjadi “H.264 (x264)”, seperti gambar di bawah ini.
  8. Baru setelah itum, klik “Start Encode” dan biarkan handbrake memproses video. silakan tunggu beberapa menit. Kecepatan kompres sangat tergantung dengan spesifikasi PC yang kamu gunakan.

Baru setelah proses kompres selesai, silakan kamu buka folder yang telah kamu buat sebelumnya. Kamu akan melihat hasil video yang lebih kecil dari yang sebelumnya. Meski demikian, videonya masih tetap jenih.

Ada pertanyaan atau komentar?