7 Cara Ampuh Mengatasi DP BBM Android Tidak Muncul Sama Sekali, Permasalahan DP BBM tidak muncul bisa terjadi kepada pengguna aplikasi BBM di perangkat android jenis apapun, termasuk Samsung, Asus, Oppo, Lenovo, hingga Smartfreen. Display Picture atau DP adalah gambar atau foto kontak yang kita gunakan di BBM.

DP BBM Error

Penyebab DP BBM yang tidak muncul di manapun, baik pada informasi kontak atau rencent updates bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya disebabkan oleh koneksi internet yang lambat.

Penyebab lain yang juga menyebabkan DP BBM tidak muncul adalah karena perangkat tidak terhubung ke server BBM, sehingga informasi terkait dengan DP BBM tidak bisa ditampilkan pada perangkat.

Kemungkinan lain adalah karena kita sudah terlalu lama tidak menggunakan aplikasi BBM, sehingga aplikasi BBM kita harus bekerja ekstra keras untuk mengupdate semua informasi yang seharusnya ditampilkan pada aplikasi, termasuk status BBM, Display Picture, Obrolan atau chat, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi DP BBM Tidak Muncul

Jurnalponsel telah merangkum cara ampuh mengatasi DP BBM tidak muncul sama sekali pada aplikasi yang kita gunakan. Cara-cara di bawah ini tergolong mudah untuk diikuti jika kita menghadapi masalah DP BBM yang tidak muncul sama sekali.

Catatan: biar kita punya persepsi yang sama. Cobalah untuk ganti settingan (pengaturan) bahasa ponsel android anda ke bahasa Indonesua.

1. Membersihkan Cache Data atau Data Sampah

Cara berikut ini merupakan cara yang paling sederhana dan paling dasar untuk menyelesaikan berbagai error pada aplikasi yang sedang kita gunakan, termasuk aplikasi BBM.

Jika kita menghadapi masalah DP BBM tidak muncul sama sekali pada aplikasi kita, kita bisa mencoba untuk membersikan cache data atau data sampah yang tersimpan di memory perangkat android kita.

Hal ini bertujuan untuk membuang file sampah atau file sementara yang tersimpan sehingga tidak membebani aktifitas aplikasi BBM yang kita gunakan. Kita bisa menggunakan aplikasi pembersih (cleaner) atau langsung menggunakan menu yang tersedia di pengaturan aplikasi.

Caranya, masuk ke menu pengaturan perangkat android, pilih submenu aplikasi, lalu cari aplikasi BBM. Tap menu hapus cache pada informasi aplikasi BBM. Anda bisa menyesuaikan langkah tersebut sesuai dengan menu yang tertera pada jenis perangkat android yang anda gunakan.

2. Memperhatikan Kecepatan Koneksi Internet Perangkat Android Kita

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, salah satu kemungkinan yang menyebabkan DP BBM tidak muncul sama sekali adalah karena koneksi internet pada perangkat android kita yang lambat.

Internet yang lambat atau lelet berhubungan erat dengan aktifitas online yang kita lakukan. Secara otomatis, aplikasi online kita juga ikut membutuhkan waktu untuk meloading kembali informasi yang seharusnya ditampilkan. Hal ini tidak terkecuali pada aplikasi BBM kita.

Foto DP BMM kita dan teman-teman yang menjadi kontak kita mungkin tidak bisa ditampilkan atau sulit untuk ditampilkan dalam keadaan kecepatan data yang lambat. Untuk mengatasi hal-hal semacam ini, kita bisa mencoba untuk mengganti setting APN pada perangkat android kita.

Ubah pengaturan APN pada perangkat sesuai dengan SIM Card yang kita gunakan sebagai koneksi internet. Lalu cek kembali apakah koneksi internet kita masih lambat atau tidak.

3. Memaksa Berhenti dan Menghapus Data Aplikasi BBM pada Perangkat Android Kita

Jika kedua cara yang telah kita bahas sebelumnya masih tidak mengatasi permasalahan DP BBM yang tidak muncul sama sekali, maka cara ampuh yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan menghapus data dan memaksa berhenti aplikasi BBM yang sedang kita jalankan pada perangkat android kita.

Memaksa berhenti kemudian menghapus data aplikasi BBM membuat seluruh informasi yang tersimpan dalam aplikasi BBM di memory internal kita akan terhapus.

Karena itu, ada baiknya jika terlebih dahulu kita melakukan backup untuk melindungi data atau informasi yang cukup penting. Kita bisa melakukan backup online agar data BBM kita dapat dikembalikan lagi setelah proses paksa berhenti (Force Close) dan hapus data (Clear Data) selesai.

Cara untuk force close dan celar data pada aplikasi BBM pun tidak sulit untuk diikuti. Anda cukup masuk ke menu pengaturan, kemudian cari menu manajemen aplikasi, cari aplikasi BBM, lalu sentuh pada Paksa Berhenti (Force Close) dan Hapus Data (Clear Data). Anda bisa menyesuaikan langkah-langkah tersebut sesuai dengan menu pengaturan jenis perangkat android yang anda gunakan.

4. Mengupdate Aplikasi BBM yang Kita Gunakan

Memperbaharui atau mengupdate aplikasi BBM yang sedang kita gunakan juga termasukd dalam cara ampuh mengatasi dp bbm tidak muncul sama sekali.

Update Aplikasi BBM Versi Terbaru

Pembaruan aplikasi BBM bertujuan untuk mengatasi error atau bugs yang menyebabkan kinerja aplikasi BBM kuta menjadi terhambat. Pembaruan juga bertujuan untuk mendapatkan fitur-fitur baru pada aplikasi BBM yang kita gunakan, yang mungkin belum didukung pada versi aplikasi yang lama.

Cara megupdates aplikasi BBM pun sangat mudah. Kita tinggal buka aplikasi play store, kemudian cari aplikasi BBM. Buka detail aplikasi lalu tap pilihan Update, lalu terima seluruh persyaratan yang muncul melalui pop up perangkat ponsel anda.

Pembaruan dan pemasangan akan berjalan secara otomatis, sehingga kita hanya perlu untuk menunggu proses tersebut selesai. Setelah proses selesai, buka aplikasi BBM dan lihat apakah DP BMM sudah muncul secara normal.

5. Hapus dan Install Ulang Aplikasi BBM Kita

Cara yang kelima ini bisa kita coba untuk mengatasi DP BBM tidak muncul sama sekali jika keempat cara ampuh yang telah kita bahas sebelumnya masih tidak membuahkan hasil.

Untuk mengatasi DP BBM yang tidak muncul sama sekali di perangkat android kita, kita bisa menghapus dan menginstall ulang aplikasi BBM yang ada di dalam smartphone kita. Dengan menginstall aplikasi BBM versi terbaru melalui Google Play Store, kita mungkin bisa mengembalikan fungsi aplikasi BBM yang sebelumnya tidak berjalan dengan baik.

Caranya, terlebih dahulu hapus aplikasi BBM yang sedang anda gunakan melalui menu pengaturan, pilih manajer file, lalu pilih aplikasi BBM. Setelah membuka detail informasi aplikasi BBM, tap pada pilihan copot pemasangan atau uninstall.

Setelah proses selesai, anda bisa mengunduh dan memasang kembali aplikasi BBM melalui menu play store. Buka menu play store dan cari aplikasi BBM, kemudian tap pada pilihan pasang atau Install.

Terima seluruh persyaratan yang dimunculkan melalui pop up, lalu tunggu hingga proses berjalan secara otomatis dan dinyatakan selesai. Setelah selesai, buka aplikasi BBM dan cobalah untuk login kembali, lihat apakah fungsi BBM sudah berjalan dengan baik dan normal.

6. Matikan dan Nyalakan Kambali (Restart) Perangkat Android Kita

Cara terakhir yang bisa kita tempuh untuk mengatasi DP BBM tidak muncul sama sekali adalah dengan melakukan restart pada perangkat android yang kita gunakan.

Cara ini bertujuan untuk memberikan waktu jeda pada perangkat android kita sehingga bisa memuat ulang sistem operasinya, dan membuat semua aplikasi yang ada dalam ponsel kita bisa kembali berjalan dengan baik dan normal sesuai fungsinya.

Caranya, matikan dahulu ponsel kita, tunggu hingga perangkat andorid kita dalam keadaan benar-benar mati. Kemudian buka casing belakang ponsel, lepaskan beberapa komponen seperti baterai, kartu memory (Micro SD) serta kartu SIM kita.

Diamkan perangkat smartphone kita dalam keadaan seperti itu selama beberapa detik (kurang lebih 20 detik). Hidupkan kembali perangkat android kita, kemudian tunggu hingga sistem benar-benar siap untuk digunakan.

Setelah itu, kita bisa mencoba membuka aplikasi BBM dan lihat apakah DP BBM kita dan teman-teman kita sudah bisa ditampilkan atau belum.

7. Ganti Kartu SIM Kamu

Kalau semua upaya di atas tidak bisa kamu gunakan, terakhir periksalah kuota internet anda. kalau masih tidak bisa, Cobalah kamu mengganti kartu SIM mu. Kalau masih tidak bisa cobalah untuk melakukan downgrade aplikasi BBM.

Adakah Cara Lain?

Nah, selesai sudah bahasan kita mengenai cara ampuh mengatasi DP BBM tidak muncul sama sekali. Jangan lupa untuk melakukan backup sebelum melakukan keenam cara diatas, sehingga data-data penting kita bisa dikembalikan seperti semula.

Ada baiknya juga kita selalu melakukan pembaruan rutin aplikasi yang sering kita gunakan untuk menjaga kinerjanya tetap berjalan dengan baik dan meminimalisir bugs yang mungkin terjadi. Semoga apa yang telah kami rangkum ini bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan DP BBM yang tidak muncul di aplikasi BBM anda.