Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5 Menit)

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu juga salah satunya.

Untuk menggunakan berbagai macam fitur layanan dari Google di android, kamu hanya perlu menggunakan satu akun Google atau Gmail saja. Ini disebabkan karena satu akun Google atau Gmail tersebut saling terintegrasi dengan berbagai fitur layanan Google. Satu akun bisa juga untuk daftar berbagai sosial media yang ada saat ini.

Selain itu, di dalam akun Gmail, kita biasanya menyimpan banyak data penting. Mulai dari password, data perbankan, data pekerjaan dan seterusnya. Karena pentingnya akun Gmail maka kamu harus menjaga kerahasiaan kata sandi atau password sebagai kunci masuk ke akunmu.

Salah satu cara menjaga kerahasiaan password gmail adalah dengan mengubah atau menyetel ulang kata sandi akunmu secara berkala. Tujuannya agar akunmu tidak mudah dibobol dan digunakan sembarangan oleh pengguna lain yang tidak bertanggung jawab.

Cara Ganti Password/Kata Sandi Gmail dengan Mudah

Mengubah kata sandi Gmail dapat kamu lakukan melalui HP atau PC (komputer). Saya akan menjelaskan keduanya untuk mengganti kata sandi akun Gmailmu, baik melalui ponsel ataupun komputer.

Penting: cara yang aku jelaskan ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu masih ingat kata sandi dan bisa masuk ke akun gmail kamu. Sedangkan kalau kamu lupa kata sandi gmail kamu dan ingin me reset passwordnya, kamu bisa membaca disini: Reset sandi gmail dengan email pemulihan dan disini: Reset sandi gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan. Jangan sampai salah ya.

Cara Ganti Password (Kata Sandi) Gmail Lewat Hp

Jika kamu akan mengubah atau menyetel ulang kata sandi (password) akun Gmailmu melalui HP android maka sangatlah mudah. Hp kamu tentu sudah dalam keadaan login akun gmail kamu. Ini karena saat pertama kali kamu menggunakan android, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Gmail lebih dulu. Sehingga kamu tidak perlu Log In (masuk) kembali. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan ialah sebagai berikut.

  • Pertama kamu harus masuk ke aplikasi browser apa saja di ponselmu. Bisa menggunakan Google Chrome, Uc Browser, Firefox, Opera Mini dan lainya. terserah mana yang kamu suka.
  • Setelah itu, kamu bisa membuka halaman https://accounts.google.com, lalu tekan enter.Cara Ganti Password Gmail
  • Berikutnya akan muncul halaman yang berisi selamat datang. Gulir ke bawah, lalu klik menu Login dan Keamanan.Ganti Password Gmail
  • Kemudian gulir ke bawah kembali dari menu yang muncul di layar. Pilih menu Sandi.pilih menu sandi
  • Kamu kemudian akan diminta untuk memasukkan Kata Sandi atau Password Ini sebagai upaya pesan peringatan dari Google untuk benar-benar meyakinkan bahwa kamu memang pemilik akun tersebut. Selain itu juga menghindari agar akunmu tidak disalahgunakan oleh pengguna lain.masukkan password lama kamu
  • Bila kamu sudah memasukkan kata sandi atau passwordmu, lalu kamu klik tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan Sandi Baru. Lalu kembali memasukkan Sandi Baru pada kolom konfirmasi sandi.masukkan password baru gmail kamu
  • Terakhir, kamu klik Ubah Sandi.

Gampang kan? Selain menggunakan hp android, kamu juga bisa ubah password gmail melalui PC atau komputer.

Cara Ganti Password Gmail Lewat Komputer/PC

Sebelum kamu mengubah atau menyetel ulang password akun Gmailmu menggunakan komputer atau laptop, pastikan kamu dalam kondisi masuk (log in) ke akunmu lebih dulu. Jadi, bagi kamu yang lupa kata sandi (password) akunmu, maka cara berikut ini tidak bisa kamu terapkan.

Bagi kamu yang masih bisa login ke akunmu, maka selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, kamu harus Log In atau Masuk dulu pada akun Gmailmu.
  • Bila kamu telah masuk dalam akunmu, selanjutnya kamu dapat mengunjungi halaman https://accounts.google.com
  • Selanjutnya pada layar komputermu akan muncul “selamat datang”. Pada layar juga terdapat menu Login dan Keamanan, klik menu tersebut.Cara Mengganti Password Gmail
  • Dari menu yang muncul selanjutnya, kamu gulir atau drag ke bawah, sampai menemukan tombol atau menu Sandi. Lalu klik menu Sandi.klik menu sandi
  • Berikutnya kamu akan diminta untuk mengisi kembali Password atau Kata Sandi lama milikmu yang akan kamu ganti. Hal ini dilakukan Google untuk memastikan bahwa yang akan mengganti password benar-benar kamu sebagai pemilik akun Gmail.ganti password gmail  lewat pc
  • Lalu kamu klik tombol Berikutnya.
  • Menu yang muncul berikutnya di layar akan memintamu untuk memasukkan kata sandi atau password baru. Masukkan Kata Sandi Baru. Gunakan kata sandi kombinasi angka dan huruf. Hal ini demi menjaga tingkat keamanan password yang kamu gunakan.ketik kata sandi gmail baru
  • Berikutnya kamu juga harus mengulangi memasukkan Kata Sandi Baru pada kolom konfirmasi. Kata sandi yang kamu masukkan dalam kolom ini harus sama dengan yang kamu masukkan pada kolom pertama.
  • Kemudian sebagai langkah terakhir, selanjutnya klik tombol Ubah Sandi.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah tadi artinya kata sandimu telah berhasil diubah. Bila kamu memperhatikan dengan seksama, sebenarnya cara untuk mengubah kata sandi atau password Gmail baik di ponsel maupun komputer tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama mudah dan simpel kan?

Akhir Kata

Penyetelan ulang kata sandi atau password akun Google atau Gmail milikmu akan lebih baik bila diatur secara berkala. Karena akun Google atau Gmail sangat penting, maka jangan sampai kamu kehilangan akunmu. Jadi ini dilakukan untuk melindungi dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

For you information guys, setelah mengubah password akunmu maka pada beberapa aplikasi yang harus menggunakan akun Gmail biasanya juga akan meminta ulang penyetelan sandimu. Contohnya pada Google Play Store. Selanjutnya kamu hanya tinggal memasukkan kata sandi barumu saja.

Supaya kamu tidak mudah lupa dengan kata sandi atau passwordmu, maka kamu harus menggunakan kata atau karakter yang mudah kamu ingat. Kata sandi atau password Gmail selalu menggunakan minimal 8 karakter. Akan lebih baik jika kamu kombinasikan antara huruf dan angka sebagai karakter dalam kata sandi atau passwordmu.

Ada pertanyaan atau komentar?