Cara Gampang Merubah Tampilan Tema BBM di Android, Kita sering kali mengubah apapun yang kita miliki dengan sesuatu yang mencerminkan diri kita. Bagi kita yang suka sepakbola, biasanya akan menempelkan poster klub kesayangan kita di kamar. Begitu juga kita yang suka drama korea. Poster artis korea pasti menghiasi barang-barang kita.

Termasuk juga di android. Kita kerap kali mengubah tampilanya dengan menambahkan sesuatu. Case-nya kita tempeli sticker, lalu temanya kita ubah dengan apa yang jadi identitas kita.

Cara Mengubah Tampilan Tema BBM

Nah tahukan kamu, kalau kita juga bisa mengubah tampilan BBM android menjadi lebih menarik dan mencerminkan identitas kita? jika kamu termasuk orang yang ekpresif, mengubah tampilan BBM merupakan hal yang menyenangkan. Lagi pula, melihat tampilan BBM yang itu-itu saja, rasanya kok ya membosankan.

Cara mengubah tampilan BBM biasanya dilakukan dengan cara membongkan file APK BBM. Tapi sayangnya, cara ini hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Memang membongkar APK BBM untuk mengubah tampilanya bisa dibilang gampang-gampang susah.

Maka buat kamu yang ingin mengubah tampilan tema BBM tapi belum tahu caranya, saya akan berbagi pada kamu semua. Kita akan mengunakan dua cara, cara pertama akan kita lakukan dengan menggunakan aplikasi dan cara kedua akan kita lakukan dengan membongkar file APK BBM. Keduanya sama-sama menghasilkan tampilan BBM yang fresh.

Mengubah Tema BBM Menggunakan Aplikasi

Cara pertama akan kita lakukan dengan menggunakan aplikasi. Adalah aplikasi bernama Module Xposed dan BBM Themes Engine. kedua aplikasi ini akan digunakan secara bersamaan untuk mengubah tampilan teman BBM android yang kita gunakan.

Untuk menggubah tampilan tema BBM menggunakan kedua aplikasi ini, kita bisa melakukanya dengan cara:

  1. Pertama-tama, silakan kamu download aplikasi BBM Themes Engine, terserah kamu mau download dari mana. Usahakan memilih tempat download yang dapat kamu percaya. Hal ini untuk menghindari virus yang sengaja disusupkan ke dalam aplikasi.
  2. Selesai download, lalu install seperti biasa di HP Android kamu.
  3. Selanjutkan, silakan aktifkan module-nya lewat aplikasi Xposed Installer. Begitu kamu masuk, lanjutkan dengan tab Modules lalu checklist pada bagian BBM Themes Engine. Jika sudah begitu, lanjutkan dengan Reboot HP android kamu.cara merubah tampilan BBM 1
  4. Begitu ponsel telah hidup kembali, lanjutkan dengan buka aplikasi BBM Themes Engines. Sekarang tinggal kamu ubah saja tampilan BBM android sesuai dengan yang kamu inginkan. Ada banyak penyesuaian tema yang bisa kamu lakukan.
  5. Kalau sudah kamu sesuaikan dengan teman yang kamu inginkan, selanjutkan keluar dari aplikasi. Lanjutkan dengan melakukan paksa henti (force close) aplikasi BBM. Caranya masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi terinstal (aplikasi manager), cari dan temukan aplikasi BBM. Pilih force close (paksa henti).
  6. Tekan kembali (back). Lalu buka aplikasi BBM kembali.

Sekarang lihatlah hasilnya, kamu telah mengubah aplikasi BBM kamu sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika nanti kamu bosan, kamu bisa mnggantinya dengan cara yang sama. Kamu juga bisa mengembalikanya ke setelan awal.

Mengubah Tema BBM Dengan Membongkar File APK

Mengubah tema BBM android juga bisa dilakukan dengan membongkar fiel apk BBM. Meski cara ini bisa dilakukan tanpa melakukan root terlebih dahulu, tapi cara ini tidak cukup mudah untuk dilakukan. Butuh beberapa langkah yang cukup panjang. Hanya saja, hasilnya sangat memuaskan. Dimana kita bisa mengubah apapun yang ada di BBM android.

Nah buat kamu yang ingin mencoba menggunakan cara ini, kamu bisa melakukanya dengan mengikuti langkah-langkah mengganti tema bbm android.

  1. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan BBM versi edited yang banyak tersedia di Play Store. Pilih salah satu yang kamu suka dan sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Biasanya tiap ponsel berbeda-beda. Ada yang kompatible dan ada yang tidak. Jangan lupa, BBM versi standar harus dihapus terlebih dahulu. Jangan lupa pula, ingat akun BBM android kamu. kalau kamu lupa kata sandinya, kamu bisa baca: Cara Mengatasi Lupa Password BBM
  2. Salah satu aplikasi BBM versi edited yang bisa kamu gunakan adalah BBM Mod Delta. Begitu aplikasi BBM versi edited telah kamu download dan selesai kamu instal. Kamu harus instal pula aplikasi bernama APK Editor Pro.
  3. Begitu semua aplikasi sudah kamu miliki. Selanjutnya kita siapkan 3 buah gambar yang akan kita gunakan sebagai teman dan background BBM android baru.
  4. Tiga buah gambar yang telah kamu siapkan tadi, ubah namanya (rename). Gambar pertama rename dengan nama background_main.png, yang akan berfungsi sebagai background utama. Lalu gambar kedua rename dengan nama background_slide.png, yang akan menjadi backgroud slide. Lalu gambar terakhir, rename dengan nama background_actionbar.png yang akan menjadi bacground sidebar.
  5. Ukuran gambarnya harus kamu sesuaikan dengan layar ponsel kamu. lalu formatnya juga harus kamu ubah menjadi PNG terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan aplikasi untuk mengubah ukuran dan formatnya.
  6. Lanjutkan dengan masuk ke menu pengaturan -> Manager aplikasi -> cari dan tab aplikasi BBM Mod -> lakukan Force Close (paksa henti) -> lanjutkan dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal.
  7. Lanjutkan dengan membuka aplikasi APK Editor Pro. Kamu akan melihat beberapa pilihan, pilih saja yang Select Apk From App -> Pilih dan tab aplikasi BBM. Maka akan muncul layar baru, pilihlah yang Simple Edit (FILE REPLACEMENT) -> lanjutkan dengan cari folder data bernama “drawable-hdpi-v4“
  8. Setelah itu, pilihlah “images” lalu pilih background_main.png dan background_slide.png. untuk mengganti tema BBM dengan gambar yang kita siapkan, tab gambar agak lama sampai muncul kata Replace yang mengambang di layar. Lalu ganti dengan gambar yang sudah kita siapkan. Jika sudah ketemu, klik Oke.
  9. Silakan tunggu beberapa saat, sampai proses penyimpanan selesai. baru setelah itu, klik Install. Maka teman BBM akan diganti dengan gambar yang kita inginkan.

Selanjutnya tinggal login dengan akun BBM yang kamu miliki, maka kamu akan melihat BBM dengan tampilan tema yang baru. Selamat mencoba.

BAGIKAN