Cara Download Play Store Yang Hilang Terhapus

Cara Download Play Store Yang Hilang Terhapus,- Kamu sedang panik karena Play Store di ponselmu hilang atau tidak sengaja terhapus? Sebagai salah satu aplikasi yang paling urgen di androidmu, wajar saja bila kamu kemudian panik saat tiba-tiba Play Store di HPmu hilang. Tapi, bagi kamu yang mengalami hal demikian, tidak perlu risau berlama-lama. Karena saya bisa mengembalikan Play Store yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Kamu tentu sudah tahu bahwa Play Store hadir sebagai android market yang menyediakan berbagai macam jenis aplikasi di android yang bisa kamu unduh secara cuma-cuma dengan mudah. Selain itu, melalui Play Store kamu juga bisa memperbaharui berbagai aplikasi yang kamu miliki di gadgetmu.

Untuk mengembalikan play store yang hilang atau terhapus adalah dengan cara mengunduh atau mendonwloadnya kembali. Kamu pasti bingung bagaimana cara mendownload aplikasi play store, sebab biasanya untuk mendownload aneka macam aplikasi kamu harus menggunakan Play Store.

Kamu bisa mendownload aplikasi Play Store versi apk dengan menggunakan browser. Misalnya melalui browser di komputer atau melalui browser yang ada di hp. Bila sudah berhasil terdownload, baru kamu bisa menginstal ulang aplikasi ini kembali. Berikut langkah-langkah detailnya.

Cara Download Play Store yang Hilang atau Terhapus

Sama seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, kamu harus mendownload Play Store versi APK menggunakan browser baik dari komputer atau langsung dari android.

1. Download Play Store versi APK

Kamu harus tahu sebelumnya, jika kamu mendownload Google Play Store versi APK, kamu harus bisa memastikan bahwa file APK yang kamu download bukan file APK sembarangan atau asal-asalan. Kamu bisa menunduh Google Play Store APK melalui website APK Pure.

Website tersebut merupakan salah satu penyedia aplikasi android yang cukup terpercaya selain Play Store sendiri. Bahaya jika kamu download dari sumber yang tidak jelas, sebab bisa saja disusupi virus dan malware.

  • Pertama-tama download Play Store APK dari website APK Pure. Silakan buka website APK Pure melalui browser di laptop atau android, lalu ketikan “Play Store” pada kolom pencarian yang tersedia dan tekan Enter.
  • Berikutnya kamu akan dihadapkan pada berbagai versi dari file APK Google Play Store yang ada. Kamu kemudian harus memilih versi file APK mana yang sesuai dengan perangkat android milikmu.
  • Bila kamu takut memilih versi yang tidak sesuai, tidak perlu khawatir. Jika kamu sampai menginstall versi APK yang tidak cocok dengan perangkatmu, maka proses instalasi akan gagal secara otomatis.

2. Ubah Pengaturan Pengamanan (Security Settings)

Setelah Play Store versi APK kamu download, langkah berikutnya adalah mengubah pengaturan pangamanan (security settings). Mengubah pengaturan pengamanan perlu kamu lakukan terlebih dahulu, agar kamu bisa menginstall file apk yang berasal dari luar Play Store atau yang tersimpan di memori penyimpanan (SD Card).

Kamu harus lebih dulu mengaktifkan pilihan Unknown Sources atau sumber tak dikenal yang terdapat di menu pengaturan atau settings ponselmu. Lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Settings/ Pengaturan di perangkat androidmu.
  • Dari menu Settings, gulir ke bawah dan pilih menu Security.
  • Kemudian, kamu aktifkan pilihan Unknown Sources atau Sumber Tak Dikenal.

Bila kamu sudah mengaktifkan menu Unknown Sources, selanjutnya kamu bisa menginstall aplikasi Play Store APK yang sudah terdownload tadi.

3. Install Google Play Store APK

Bila kamu mendownload Google Play Store APK melalui browser di komputermu, maka kamu harus memindahkan lebih dulu file APK tersebut di HPmu. Namun bila, file Play Store APK tersebut sudah terdownload di HPmu, maka kamu bisa langsung membukanya pada menu File Manager di ponselmu. Berikut cara instal Play Store versi APK:

  • Masuk pada menu File Manager di perangkat androidmu.
  • Dari menu File Manager, kamu bisa mencari folder yang berisi file Google Play Store APK yang telah kamu download. Selanjutnya buka Folder
  • Berikutnya kamu bisa mengklik file tersebut, lalu pilih Install.
  • Tunggu sampai proses instalasi Google Play Store selesai berlangsung.
  • Setelah proses instalasi Google Play Store selesai berlangsung, jangan lupa untuk menonaktifkan atau mematikan menu Unknown Services kembali di menu Settings/ Pengaturan ponselmu.

Setelah kamu selesai mengerjakan langkah-langkah di atas, artinya aplikasi Google Play Store di ponselmu telah tersedia kembali dan kamu bisa memanfaatkannya kembali.

Sebenarnya selain dengan mendownload file APK dari Google Play Store, kamu juga bisa mendapatkan file Google Play Store dengan cara menyalin atau berbagi pakai dari perangkat android lainnya dengan memanfaatkan fitur Bluetooth ataupun Shareapps. Bila kamu lebih memilih cara yang kedua ini, maka tidak ada masalah.

Alternatif kedua ini hanya berbeda pada cara mendapatkan file APKnya saja, namun untuk cara pengaplikasian seperti mengubah pengaturan pengamanan atau security settings dan penginstallan ulang Google Play Storenya tetap sama. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan caranya? Cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, berlaku untuk android dengan brand apapun. Dengan cara-cara tersebut, kamu bisa memanfaatkan kembali aplikasi Play Store di ponselmu.

For your information guys, kamu perlu benar-benar memperhatikan saat akan mengunduh Play Store APKnya. Pastikan kamu mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. Ini karena bisa saja aplikasi tersebut disusupi oleh malware yang dapat merusak sistem di ponselmu. So, harus hati-hati ya guys. Semoga membantu.

Jika masih ada kendala soal bagaimana cara mengembalikan play store yang hilang, silakan kontak saya. Atau tulis saja dalam kolom komentar, saya akan merespon segala masalah kamu. Salam.

Ada pertanyaan atau komentar?