Cara Downgrade BBM Android dari Versi Terbaru ke Versi Sebelumnya

Cara Downgrade BBM Android dari Versi Terbaru ke Versi Sebelumnya, Blackberry Messenger (BBM) menjadi aplikasi yang wajib diinstal oleh pengguna perangkat smartphone atau tablet. BBM menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna sosial media. Kekuatan aplikasi sosial media BBM terletak pada layanan chat dan messenger yang mudah digunakan serta fitur-fiturnya yang ramah pengguna.

Ada berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh BBM seperti chatting, video call, status updates, display picture, membuat grup chat, mengirim voice not, mengirim file, mengirim foto, maupun mengirim video.

Masalah Update Aplikasi BBM

Sayangnya, pada perangkat android baik smartphone maupun tablet, aplikasi BBM seringkali diperbaharui secara otomatis. Sebenarnya, pembaharuan ini bertujuan untuk memperbaiki bugs dan menambah fitur.

Namun tidak sedikit pengguna yang telah nyaman menggunakan aplikasi BBM versi tertentu, sehingga menjadi kurang nyaman ketika aplikasi BBM diperbaharui secara otomatis. Selain itu, pembaharuan aplikasi pun tidak serta-merta tanpa masalah.

Seringkali setelah pembaharuan aplikasi BBM dilakukan justru timbul masalah seperti Display Picture tidak muncul dan bahkan pengiriman pesan obrolan menjadi pending.

Cara Downgrade Aplikasi BBM

Untuk mengatasi ketidaknyaman seperti ini, kita bisa melakukan downgrade aplikasi BBM yang telah diperbaharui kembali ke versi sebelumnya. Mendowngrade aplikasi BBM membutuhkan backup dari file apk aplikasi yang ingin di downgrade. membackup file apk aplikasi bisa menggunakan aplikasi Clean Master.

Tetapi jika anda belum memiliki file apk dan belum pernah menggunakan aplikasi Clean Master, berikut ini kami telah merangkum cara downgrade BBM Android dari versi terbaru ke versi sebelumnya. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Hapus Aplikasi BBM Terbaru

Langkah pertama untuk mendowngrade aplikasi BBM adalah dengan menghapus aplikasi BBM yang saat ini sudah terpasang dalam perangkat android kita.

Namun sebelum itu, pastikan kita telah membackup kontak BBM ke server. Hal ini mencegah kita kehilangan data-data penting dalam akun ID BBM kita seperti kontak, chats, atau informasi-informasi profile kita.

2. Hapus Cache Android

Setelah menguninstall aplikasi BBM kita, jangan lupa untuk menghapus file cache yang masih tersimpan dalam perangkat android kita. Hal ini bertujuan untuk membuang file sampah atau file sementara yang tersimpan sehingga tidak membebani aktifitas aplikasi BBM yang akan kita gunakan.

Kita bisa menghapus cache dengan menggunakan aplikasi Clean Master atau menghapusnya langsung dari menu setelan perangkat android kita.

Caranya, masuk ke menu pengaturan perangkat kemudian pilih submenu aplikasi. Cari aplikasi BBM, lalu tekan menu hapus cache pada informasi aplikasi BBM yang tertera. Kita bisa menyesuaikan langkah tersebut sesuai dengan menu yang tertera pada jenis perangkat android yang anda gunakan. Tekan ya untuk kotak dialog menghapus cache.

3. Restart Perangkat Android

Setelah menghapus file cache pada perangkat android, restart atau rebook perangkat android kita. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan sistem perangkat android kita, sekaligus merefresh aplikasi-aplikasi yang ada dalam perangkat smartphone atau tablet kita.

Caranya, buka casing belakang perangkat android kita lalu lepaskan beberapa komponen seperti baterai, kartu memory serta kartu SIM. Diamkan perangkat smartphone kita dalam keadaan seperti itu selama kurang lebih 20 detik, kemudian hidupkan kembali ponsel android kita.

Tunggu hingga sistem benar-benar siap untuk digunakan sebelum memulai menginstall aplikasi BBM baru.

4. Aktifkan Mode Instalasi dari Apk

Perangkat berbasis android biasanya tidak bisa menginstall suatu aplikasi melalu format Apk jika sebelumnya kita belum memberikan izin untuk melakukan aksi tersebut. Karena itu, berikan izin untuk aksi menginstall file Apk melalui menu setelan atau pengaturan perangkat android kita.

Tekan menu Setting (Setelan), kemudian cari menu Security (Keamanan), lalu centang pada kotak Unknown Source.

5. Downgrade Aplikasi BBM

Jika kita belum memiliki file Apk aplikasi BBM versi lama, kita bisa mencari file Apk ini melalui situs-situs yang menyediakan berbagai versi file Apk aplikasi BBM. Usahakan untuk mengunduh versi sebelumnya dari versi yang sedang kita gunakan.

Misalnya, jika selama ini kita sedang memakai aplikasi BBM versi 2, maka kita harus mengunduh aplikasi BBM versi 1. Namun sebelum mendownload, pastikan versi aplikasi BBM yang akan kita unduh kompatibel dengan perangkat android smartphone atau tablet kita.

6. Install file Apk aplikasi BBM yang sudah di download

Setelah berhasil mendownlad file APK dari aplikasi BBM lama yang kita inginkan, kita tinggal menginstall file tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan hingga selesai. Namun, ingat dimana kita menyimpan file Apk yang kita download sebelumnya.

Apakah file Apk tersebut disimpan di memory internal atau eksternap perangkat android kita. Setelah berhasil menginstall, kita bisa langsung login memakai ID BBM kita dan menggunakannya seperti biasa.

7. Atur Pembaharuan

Agar aplikasi BBM yang sudah kita downgrade sebelumnya tidak terupdate secara otomatis seperti sebelumnya, jangan lupa untuk pengatur pembaharuan otomatis aplikasi BBM kita melalui menu pengaturan.

Akhir Kata

Setelah menyimak cara downgrade aplikasi BBM terbaru ke versi sebelumnya seperti pada ulasan di atas, maka kami harapkan tidak ada masalah-masalah seperti display picture atau chat pending yang terjadi setelah aplikasi BBM diperbaharui.

Masalah-masalah yang muncul setelah aplikasi BBM diperbaharui biasanya timbul karena dua kemungkinan. Penyebab pertama bisa karena aplikasi BBM terbaru yang kita install ternyata tidak kompatible dengan perangkat android smartphone atau tablet kita. Atau, penyebab kedua, adalah karena file Cache dalam perangkat android smartphone dan tablet kita tidak pernah dihapus sebelumnya.