Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail Baru Dengan Mudah Cuma 5 Menit

Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail Baru – Email saat ini merupakan salah satu hal yang sangat-sangat penting, karena perlu kamu tahu hampir semua akun di dunia maya saat ini terkait secara langsung dengan email. Banyak kegiatan di internet membutuhkan akun email untuk proses kegiatannya seperti membuat blog, mendaftar facebook, mendaftar instagram, twitter, youtube dan belanja online semua itu memerlukan akun email.

Nah di artikel ini aku bakal jelasin sejelas-jelasnya bagaimana cara buat akun Gmail untuk kamu spesial yang baru kenal sama yang namanya gmail dan email. Kalau kamu ikuti panduanku dengan benar, dijamin cuma perlu waktu kurang dari  5 menit, kamu telah memiliki akun email gmail baru.

Akun gmail yang akan kamu buat, memiliki banyak fungsi lain selain untuk email, akun ini juga bisa dipakai untuk mengakses produk google yang lain seperti google drive, blogger, android dan masih banyak lagi yang lain. Keren kan satu akun gmail (akun google) dapat digunakan untuk akses semua produk dan layanan google.

Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail

Membuat akun Gmail bisa kita lakukan menggunakan Hp ataupun laptop dan PC. Keduanya sangatlah gampang. Yang terpenting, sebelum membuat akun Gmail, ada baiknya kamu siapkan beberapa hal:

Apa yang perlu kamu persiapkan?

  • Nama akun email di Gmail yang akan kamu gunakan
  • Password atau kata sandi yang akan kamu pakai
  • Nomor Hp aktif untuk verifikasi akun

Tentu saja selain syarat itu, kau harus punya koneksi internet.

Langkah-langkah daftar akun Email di Gmail dengan mudah

Oke, mari kita mulai dengan membuat akun Gmail di Komputer, laptop dan tablet terlebih dahulu:

Langkah Pertama: Buat Akun Google

1. Kunjungi halaman pembuatan akun Gmail, klik disini : https://accounts.google.com/signup?hl=in

2. Kamu akan diarahkan ke jendela baru yang meminta kamu untuk mengisi seluruh data pendaftaran yang diminta. Data yang harus kamu isikan itu terdiri dari:halaman isi data diri saat membuat akun gmail

  • Nama depan dan nama belakang sesuai selera, tetapi saya sarankan gunaka nama asli kamu saja. Pada beberapa akun di internet, penting untuk mengetahui bahwa nama email sesuai dengan identitas asli kamu.
  • Nama pengguna, Masukkan nama alamat akun email yang akan kamu buat. Kalau nama akun gmail yang kamu masukkan ditolak, itu artinya nama yang akan kamu gunakan sudah dipakai oleh orang lain. cobalah ganti dengan nama akun email yang lain. kamu bisa menggabungkan kata dengan angka dan tanda baca lainya.
  • Masukkan password atau kata sandi. Usahakan untuk menggunakan kata sandi yang mudah kamu ingat, tetapi sulit untuk ditebak oleh orang lain. kata sandi minimal terdiri dari 8 karakter. Isi juga Konfirmasi kata sandi dengan menulis kembali kata sandi yang telah kamu masukkan.
  • Jika kamu bingung dibawah ini adalah contoh halaman pendaftaran akun google yang sudah saya isi. Setelah selesai mengisi data yang diminta kamu tinggal klik tombol Berikutnya. Nanti akan muncul halaman baru.

contoh form pendaftaran akun gmail yang sudah diisi3. Nah selanjutnya kamu diminta untuk verifikasi nomor telepon. Masukkan Nomer ponsel tanpa menyertakan nol di depan sebagai konfirmasi, Kemudian klik tombol Berikutnya. Nanti akan muncul halaman baru.

verifikasi nomor telepon4. Setelah itu kamu akan mendapatkan SMS di hpmu dari google yang berisi kode verifikasi. Nomor verifikasi terdiri dari 6 digit angka yang dikirim ke nomor yang kamu daftarkan. Silakan masukkan nomor tersebut di kotak yang disediakan lalu klik tombol Verifikasi.

verifikasi nomor telepon5. Di halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi info pribadi lain yang berupa:

  • Alamat email pemulihan, email pemulihan ini berfungsi untuk menjaga keamanan akun, kamu bisa menerima laporan aktifitas mencurigakan dari system, selain itu kamu juga bisa memakai email pemulihan tsbt untuk reset kata sandi akun kamu. Jika kamu tidak memiliki akun email yang lain abaikan saja dan tidak usah kamu isi juga tidak masalah.
  • Masukkan tanggal lahir kamu yang terdiri dari tahun, bulan dan tanggal lahir
  • Pilih juga jenis kelamin kamu ya
  • Setelah selesai mengisi data yang diminta kamu tinggal klik tombol Berikutnya. Nanti akan muncul halaman baru.

halaman untuk info pribadi

6.  Akan muncul di layar, Privacy and Term atau Privasi dan Persyaratan. Silakan sroll ke bawah lalu klik tombol saya setuju. Privacy and Term adalah halaman yang berisi tentang segala ketentuan dalam menggunakan Gmail. Ada baiknya kamu baca, sebab dengan klik I Agree, itu artinya kamu sepakat dengan segala ketentuan yang ada.

syarat dan ketentuan membuat akun gmail baru

7. Nah sampai disini langkah pendaftaran gmail milikmu sudah selesai. Akan muncul halaman untuk setting akun google milikmu seperti tampilan dibawah ini.

daftar gmail berhasil

Untuk login ke akun Gmail milikmu kamu bisa akses gmail.com. Untuk login, masukkan alamat email dengan alamat [email protected] dan masukkan password yang sebelumnya telah kamu buat.

Sekarang tinggal kamu gunakan secara bijak saja akun gmail yang telah kamu buat. Lalu bagaimana bila membuatnya melalui Hp android?

Cara buat akun Gmail di Hp Android

Selain membuat Gmail komputer, kamu juga bisa membuat Gmail melalui Hp Android. Caranya sebagai berikut:

  1. Kali ini saya akan buat akun Gmail baru melalui aplikasi Gmail. Gmail adalah aplikasi bawaan yang pasti ada sejak beli. Mulailah dengan buka aplikasi Gmail di Hp kamu.Cara buat akun Gmail lewat Hp
  2. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman Tambahkan Akun Anda. jika kamu sebelumnya belum pernah membuat akun Gmail di Hp android. silakan klik Buat Akun Baruklik Buat Akun Baru
  3. Masukkan nama depan dan nama belakang lalu klik Berikutnyamasukkan nama depan dan belakang
  4. Lalu masukkan data lainya yang diminta sebagaimana jika kamu membuatnya melalui komputer atau PC , lalu klik Berikutnyainfrormasi pendaftaran akun gmail
  5. Masukkan nama email Gmail yang akan kamu gunakan, bisa juga menggunakan nomor hp. Lalu Klik Berikutnyaalamat email gmail
  6. Setelah itu masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi lalu Klik Berikutnyahalaman buat kata sandi gmail
  7. Setelah memasukkan nomor Hp bisa juga klik lewati.
  8. Lalu masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor hp yang kamu masukkan.tambahkan nomor telepon
  9. Baca privasi dan persyaratan, dan klik Saya Setujumembuat akun gmail
  10. Setelah itu kamu akan melihat akun Google kamu dan klik saja Berikutnya, dan akun Gmail yang kamu buat telah siap untuk kamu gunakan.akun google baru berhasil dibuat

Jadi sangat mudah sekali untuk membuat akun Gmail baik menggunakan Hp atau komputer. Yang terpenting, akun Gmail yang telah kamu buat bisa kamu manfaatkan secara bijak.

Kelebihan Email Gmail Dibanding Email Yang Lainnya

1. Akun gmail tidak mempunyai masa kadaluarsa. Artinya ? akun kamu bisa dipakai selamanya selama layanan gmail masih ada, walaupun kamu tidak pernah membuka akun kamu selama beberapa bulan bahkan selama beberapa tahun.

2. Secara otomatis akan terhubung dan bisa menggunakan produk Google yang lain seperti Maps, Google Drive, Youtube, Blogger, Google Web Master, Google Plus dan produk milik Google yang lain.

3. Tampilan background dan layout akun Gmail bisa kita ubah sesuai keinginan kita karena sudah disediakan tema pendukung oleh google.

4. Kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan cukup besar yaitu 15 GB. Namun, Jika menurut kamu masih kurang, kamu juga bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan mengupgradenya.

5. Bia menggunakan layanan email lain di gmail. Gmail mengizinkan pelanggannya untuk menambahkan email pribadinya ke dalam Gmail.

6. Email di Gmail bisa dikelompokkan dan diberi label ke dalam folder-folder, sehingga dapat di susun dengan rapi dan memudahkan kita dalam pencarian.

7. Mempunyai anti spam terbaik, yang bisa menyaring email yang masuk kedalam akun kamu.

8. Bia diakses secara offline, kamu bisa mengakses gmail secara offline tanpa terhubung dengan koneksi internet pada komputer. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada browser kamu.

Fungsi Memiliki Akun Email

Mungkin ada banyak orang yang bertanya-tanya apa sih pentingnya memiliki sebuah email, Nah kami akan mencoba menjabarkan fungsi email yang umum digunakan saat ini.

1. Mengirim dan menerima pesan
Pada dasarnya email merupakan layanan untuk mengirim dan menerima pesan secara digital. Pengguna bisa mengirim email dengan cepat ke seluruh penjuru dunia dalam hitungan detik tergantung kecepatan koneksi internet.

2. Mengirim dan menerima file
Selain untuk mengirim pesan, email juga bisa kamu gunakan untuk mengirimkan file yang berbentuk gambar, dokumen, video atau bentuk file yang lain.

3. Mendaftar akun sosial media
Kamu pasti tahu saat ini hampir semua layanan yang ada di internet seperti sosial media, belanja online, game, paypal dan layanan berbasis online yang lain membutuhkan akun email saat mendaftar dan login pertama kali di layanan tersebut.

4. Untuk Sarana Promosi
Saat pengguna email mendaftarkan emailnya di layanan online tertentu maka secara otomatis alamat email tersebut akan menerima email promosi dari layanan tersebut. Email marketing juga banyak dipakai oleh para pebisnis online.

5. Mengaktifkan Smartphone
Ponsel dengan sistem operasi android hanya bisa diaktifkan pertama kali dengan menambahkan alamat email terlebih dahulu.

Nah demikian pembahasan singkat langkah-langkah membuat akun email baru atau cara daftar Gmail baru ini bermanfaat bagi kamu semua, Jika ada pertanyaan bisa kamu tanyakan di kolom komentar yang ada di bagian bawah halaman ini.

Cara Upload File & Folder ke Google Drive (Gratis, Mudah…

Menurut kamu dimanakah tempat paling aman dan terpercaya untuk menyimpan rahasia? Jawabanya ada di orang mati. Ya, menyimpan rahasia pada orang mati tidaklah mungkin...
litalia
2 min read

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail Di Hp Android

Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di HP Android, Semakin canggihnya teknologi, membuat masyarakat dunia semakin ingin mengenalnya agar tak dibilang ketinggalan jaman. Nah, salah...
litalia
2 min read

Cara Ganti Password Gmail Lewat Hp Dan PC (Cuma 5…

Cara Ganti Password Gmail, Sebagian besar orang di berbagai belahan dunia dipastikan memiliki akun Google atau Gmail. Terutama bagi mereka pengguna perangkat android. Barangkali, kamu...
litalia
3 min read

2 Replies to “Cara Daftar Gmail dan Buat Akun Gmail Baru Dengan Mudah…”

  1. kalo tanpa nomor hp gimana mas?soalnya nomor saya dah limit…terus sekarang beli kartu perdana baru pun harus di registrasi pake nik-kk(kalo gak di reg gak bakal dapat sms verifnya) dan limitnya cuman 3 nomor aja.masa iya,saya beli kartu baru cuman buat verif gmail? itu buang2 nik saya donk… -_-

  2. kalo membuat email lewat hp android bisa gan tanpa memasukkan nomor hp, caranya kamu masuk aplikasi gmail kemudian tambahkan akun, terus pilih buat akun email baru, caranya sama seperti di artikel ini bedanya saat diminta memasukkan nomor hp cukup klik lewati saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.