Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android

Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android, Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh belahan dunia. Penggunanya tidak hanya remaja, tetapi juga berbagai kalangan masyarakat; mulai dari artis, online shop, pebisnis, pejabat publik, kantor pelayanan masyarakat, instansi tertentu, hingga rakyat biasa.

Postingan Instagram berfokus pada tampilan foto dan video. Seringkali, postingan foto atau video tertentu ada yang menarik perhatian kita, sehingga kita ingin menyimpan atau mendownloadnya.

Sayangnya, pihak Instagram tidak memberikan fitur download pada aplikasi dan layanannya. Sehingga untuk bisa me-repost atau mendownload foto maupun video kita perlu memakai aplikasi tertentu atau cara-cara tertentu.

Cara Copy Link URL Instagram

Untuk bisa menggunakan link url akun, postingan foto, atau postingan video. Kita harus terlebih dahulu mengcopy link url postingan. Mengcopy link URL akun pun diperlukan jika kita ingin membagikan akun kita (atau akun orang lain) melalui website atau laman web tertentu.

Sebenarnya, Cara mengcopy link URL dari Instagram sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan tertentu seperti jika kita ingin mendownloadnya. Penasaran? Berikut adalah beberapa yang telah saya gunakan untuk copy link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android.

Karena kita akan meng-copy akun baik akun sendiri maupun akun orang lain, foto dan video. Maka  pada pembahasan kali ini, saya juga akan uraikan satu persatu caranya. Semoga dengan begitu, kamu jadi semakin mengerti cara copy link URL Instagram.

Cara Copy Link URL Foto Instagram

Saya awali dengan cara bagaimana melakukan copy link URL pada sebuah foto di akun instagram. Caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone atau tablet android kita.
  2. Pilih foto yang ingin kita copy link URL-nya. Bisa foto yang berada di beranda, di profile akun, atau di tab explore kita.
  3. Tap icon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas postingan foto yang kita pilih.Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (1)
  4. Selanjutnya, tap “Salin Tautan” atau “Copy Tautan”Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (2)
  5. Link URL dari foto tersebut sudah tersalin. Kita tinggal menempelnya (paste) link tersebut ke tempat lain.

Sederhana dan sangat mudah sekali. Jika kamu menggunakan laptop atau komputer, caranya juga sama saja. Tinggal cari foto yang ingin kamu copy URL nya, tekan titik tiga dan copy atau salin URL. Beres.

Cara Copy Link URL Video Instagram

Cara mengcopy link URL postingan video di Instagram sama dengan cara mengcopy link URL postingan foto yang telah kita bahas sebelumnya. Caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone atau tablet android kita.
  2. Pilih video yang ingin kita copy link URL-nya. Bisa video yang berada di beranda, di profile akun, atau di tab explore kita.
  3. Tap icon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas postingan video yang kita pilih.Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (3)
  4. Selanjutnya, tap “Salin Tautan” atau “Copy Tautan”Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (4)
  5. Link URL dari video tersebut sudah tersalin. Kita tinggal menempelnya (paste) link tersebut ke tempat lain.

Tak ada beradanya bukan dengan cara copy link URL Foto di Instagram.

Cara Copy Link URL Akun Instagram Orang Lain

Dan cara untuk copy URL akun orang lain, juga tak jauh beda dengan copy URL foto atau video instagram, caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone atau tablet android kita.
  2. Pilih akun yang ingin kita copy link URL-nya. Bisa kita search username-nya di tab search, atau langsung tab pada usernamenya.
  3. Setelah masuk ke profile akun yang dimaksud, Tap icon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas profile yang kita pilih.Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (5)
  4. Selanjutnya, tap “Salin URL Profil” atau “Copy Profile URL”Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (6)
  5. Link URL dari akun tersebut sudah tersalin. Kita tinggal menempelnya (paste) link tersebut ke tempat lain.

Cara Copy Link URL Akun Instagram Milik Sendiri

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, untuk mengcopy link URL akun kita sendiri kita perlu membuatnya sendiri. Instagram tidak dilengkapi dengan fitur share URL akun milik sendiri seperti yang ada di Line atau media sosial lain. Langkah-langkah membuat link URL akun kita adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone atau tablet android kita.
  2. Buka tab Profile Instagram kita sendiri (Icon bergambar orang yang ada di sebelah kanan bawah).
  3. Perhatikan nama username kita.Cara Copy Link URL Instagram (Akun, Foto, Video) di Android (7)
  4. Tuliskan link URL alamat instagram, kemudian ditambah dengan username kita. Sebagai contoh, misal username instagram adalah lita_jurnalponsel, maka penulisan URL adalah https://www.instagram.com/lita_jurnalponsel/
  5. Setelah itu Kita tinggal memasukkan link URL tersebut ke tempat lain.

Gampang bukan? Selain menggunakan cara itu, kita juga bisa copy URL akun instagram kita sendiri melalui website instagram. Jadi pertama-tama kita perlu buka akun instagram melalui web browser. Baru setelah itu kita login. Maka setelah login, URL yang ada di link address adalah URL akun kita, silakan kamu copy URL tersebut.

Catatan

Jika kita menemukan beberapa postingan foto atau video yang tidak bisa dicopy link URLnya, biasanya hal ini dikarenakan akun Instagram pengunggah foto atau video tersebut disetting ke mode private akun. Jadi, meskipun sudah mengikuti akun tersebut, kita tetap tidak bisa mengcopy link URL foto atau video apapun dari akun tersebut.

Untuk tulisan ini, saya menggunakan Instagram versi 29.0.0.13.95.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Data Kemendikbud

Cara Cek NISN – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Jumlah peserta didik di...
litalia
4 min read

Cara Daftar dan Syarat Membuat NPWP Offline & Online

Jika kamu pernah belajar mengenai teori negara, kamu mungkin pernah mendengar Teori Perjanjian sebagai salah satu teori pembentukan negara. Tokohnya adalah Thomas Hobbes, John...
litalia
6 min read

6 Cara Cek Nomor Indosat Im3 dan Mentari Sendiri

Pernahkah kamu mengalami kejadian lupa dengan nomor Indosat Im3 atau Mentari sendiri ketika ditanya teman atau ingin mengisi pulsa? Jika demikian, mungkin masalah kamu...
litalia
2 min read